5 Perbedaan Ram Dan Rom Pada Perangkat Komputer

Dalam teknologi komputer yang memiliki beberapa komponen di antaranya adalah Ram dan Rom. Keduanya merupakan komponen penting yang ada di dalam perangkat komputer yang berfungsi sebagai memori. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang penting untuk diketahui dalam mempelajari bagian-bagian yang ada di komputer. Berikut ini perbedaan Ram dan Rom pada perangkat komputer:

1. Pengertian Dari Ram Dan Rom

Perbedaan Ram dan Rom bisa dilihat dari pengertiannya. RAM atau Random Access Memory yang berarti penyimpanan data secara acak baik urutan dan dari berbagai tempat. Selain itu, juga dapat diakses secara cepat pada saat kapanpun. Sedangkan ROM atau Read Only Memory yang berarti penyimpanan data yang hanya bisa dibaca dan tidak mudah untuk diubah atau di program.

2. Perbedaan Saat Menjalankan Data

Ram hanya bisa dijalankan saat komputer dijalankan artinya harus ada aliran listrik. Kemampuan Ram dalam menjalankan data dan menyimpan data adalah pada saat komputer menyala. Oleh karena itu, data pada Ram akan hilang saat komputer dimatikan. Sedangkan Rom mampu menjalankan dan menyimpan data saat komputer dimatikan. Dalam hal ini artinya data di dalam Rom tidak akan hilang walaupun komputer dalam keadaan mati. Romadecade

3. Perbedaan Jenis Ram Dan Rom

Ram memiliki 2 jenis yaitu Dinamic Ram dan Static Ram. DRAM dapat menyimpan data setiap bit yang terpisah secara kapasitor dalam sirkuit terpadu. Sedangkan SRAM menggunakan desain cluster 6 transistor untuk menyimpan informasi per bit.

Berbeda dengan Rom yang terbagi ke dalam 3 jenis yakni Programmable ROM, Erasable Programmable ROM, dan Electrically Erasable Progammable ROM. Ketiga jenis tadi berpengaruh pada pemrograman.

4. Perbedaan Dari Kegunaannya

Kegunaan Ram terutama terhadap perangkat komputer adalah pembaca data secara cepat untuk menjalankan aplikasi. Selain itu Ram mudah untuk dibaca maupun diprogram. Sedangkan Rom digunakan untuk penyimpanan program yang dibutuhkan pada saat memulai boothing. Dalam hal ini Rom hanya dapat dibaca yang berarti data di dalamnya sudah dibuatkan dan tidak dapat diprogram.

5. Perbedaan Dari Kecepatan Dan Kapasitasnya

Perbedaan Ram dan Rom yang paling mudah untuk dibedakan adalah dari sisi kecepatan dan kapasitas. Sebagai memori yang berguna untuk menjalankan aplikasi, Ram memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan Rom yang cenderung lambat. Selain itu Ram juga memiliki kapasitas dan ukuran yang lebih besar. Sedangkan Rom memiliki kapasitas yang kecil.

Itulah 5 perbedaan Ram dan Rom sebagai komponen yang ada di komputer. Keduanya merupakan komponen penting dalam menjalankan fungsi program komputer.

Kata kata Mutiara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *