TVRI: Televisi Pertama Indonesia

Stasiun televisi negeri ini adalah tonggak pertama yang ditancapkan pada tanah pertelevisian Indonesia. Televisi ini berstatus negeri dari awal kemunculannya hingga kini. Stasiun televisi negeri ini pertama kali mengudara pada 23 Agustus 1962. Sebagai televisi pertama Indonesia yang mengudara, tayangan yang dimiliki stasiun televisi negeri ini masih dipenuhi dengan nuansa-nuansa nasionalis yang kental. Perayaan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-17 adalah tayangan perdana bagi stasiun televisi negeri ini. Kemajuan teknologi belum menyentuh stasiun televisi negeri ini saat itu, sehingga tayangan yang disuguhkan olehnya pun hanya memiliki dua warna, hitam dan putih. jadwal tv

Televisi Republik Indonesia memiliki tayangan-tayangan yang khas Indonesia. Hal-hal yang berkenaan dengan berita di sekitar wilayah Indonesia menjadi tayangan unggulannya. Penayangan yang dinilai tidak ada hubungannya dengan berita sekitar Indonesia sangat dikurangi. Penayangan iklan-iklan komersil menjadi satu hal yang dipermasalahkan.

Sebagai sebuah televisi nasional milik negara, Televisi Republik Indonesia memiliki motto yang berbunyi “Menjalin Persatuan dan Kesatuan”. Motto yang dimiliki Televisi Republik Indonesia mengalami perubahan dalam perkembangannya. Motto Televisi Republik Indonesia yang terbaru adalah “Saluran Pemersatu Bangsa dan Semangat Baru”. Tayangan-tayangan yang dimiliki Televisi Republik Indonesia menjadi satu-satunya sarana hiburan bagi masyarakat Indonesia. Kekuasaan Televisi Republik Indonesia mulai meredup. Stasiun milik pemerintah ini mulai mendapatkan saingan. Hadirnya beberapa televisi swasta seperti RCTI dan SCTV pada 1989 dan 1990 mulai sedikit menggoyahkan kekuatan monopoli dari Televisi Republik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *