Pewarisan Golongan Darah Manusia Menurut Hukum Mendel

Anggapan bahawa anak harus memiliki golongan darah yang sama persis dengan orang tuanya tidak sepenuhnya benar karena adanya pewarisan golongan darah. Berikut pewarisan golongan darah manusia menurut hukum Mendel.

Penggolongan Darah

Penggolongan darah manusia menjadi A, B, Ab, dan O didasaekan pada macam antigen dan aglutinogen. Antigen dan aglutinogen adalah ekspresi dari gen yang berada dalam kromosit eritrosit. Secara genetik, dua orang yang mempunya golongan darah yang sama belum tentu memiliki genotipe atau struktur gen yang juga sama.

Gen I adalah gen yang mampu memproduksi antigen berupa protein sehingga dikenal dengan nama isoaglutinin. Golongan darah ABO diatur oleh dua gen atau alel isoaglutinin yang melakukan interaksi satu sama lain.

Penurunan Golongan Darah Jika Ayah Bergolongan A

Jika ayah dan ibu bergolongan darah A, maka anak bisa memiliki golongan darah A atau O. Jika ayah memiliki golongan darah A dan ibu bergolongan darah B maka anak kemungkinan memiliki golongan darah A, B, O, dan AB.

Jika memiliki golongan darah A dan O menikah maka kemungkinan anak memiliki golongan darah A dan O. Jika ibu bergolongan darah AB maka anak yang dilahirkan kemungkinan bisa memiliki golongan darah A, B, dan AB.

Penurunan Golongan Darah Jika Ayah Bergolongan B

Ibu dengan golongan darah A maka akan memiliki anak dengan golongan darah A, B, O, dan AB. Jika ibu memiliki golongan darah B atau O maka anak akan bergolongan darah B dan O. Perempuan dengan golongan AB maka anak akan bergolongan A, B, dan AB.

Penurunan Golongan Darah Jika Ayah Bergolongan

Jika ibu memiliki golongan darah A maka anak kemungkinan akan bergolongan darah A atau O. Ketika ibu memiliki golongan darah B maka anak akan terlahir dengan golongan darah B atau O. Saat ibu juga bergolongan darah O maka golongan darah anak akan sama. Jika ibu memiliki golongan darah AB maka anak akan memiliki golongan darah A atau B.

Penurunan Golongan Darah Jika Ayah Bergolongan AB

Jika ibu memiliki golongan darah A atau B atau AB maka anak yang dilahirkan akan memiliki golongan darah A atau B atau AB. Jika ibu bergolongan darah O maka kemungkinan anak akan memiliki golongan darah A atau B.

Pewarisan Golongan Darah

Melihat bagaimana penurunan golongan darah di atas, maka dapat diketahui adanya kemungkinan anak akan memiliki golongan darah yang berbeda jika orang tuanya memiliki golongan darah AB dan O.

Itulah pewarisan golongan darah yang wajib diketahui sebelum Anda memiliki anak. Gunanya untuk mencegah masalah rumah tangga karena adanya tuduhan bermain api jika buah hati yang dilahirkan tidak memiliki golongan darah yang sama. Untuk mendapatkan infromasi relationship lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Orami di orami.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *