Sandy Sundoro, Musisi Sekaligus Traveller

Kabar membanggakan datang dari artis tanah air Sandhy Sondoro yang kembali menorehkan prestasi di Ajang Festival Musik Internasional. Sejumlah media musik asing maupun lokal banyak memberitakan tentang kemenangan Sandhy Sondoro pada bulan Juli 2017 yang lalu.

Pria kelahiran Jakarta 12 Desember 1973 ini tidak tanggungtanggung berhasil terpilih sebagai The Grand Prix Winner of International Music Festival White Nights of St. Petersburg, sebuah festival musik tingkat dunia yang selalu diadakan setiap tahun nya dan selalu diikuti oleh para musisi bertalenta.

Sandhy sukses membawa nama harum bangsa Indonesia dengan prestasi yang membanggakan. Bukan hanya di bidang musik saja, Sandhy juga memiliki kecintaan akan travelling. Kecintaannya pada dunia travelling dikarenakan kebutuhannya untuk menghindar sejenak dari aktivitas setiap harinya. Saat ini Sandhy berkecimpung penuh pada perkembangan musik nya sebagai seorang penyanyi, penulis lagu dan musisi. Saya mendapatkan ide dan inspirasi dari mana saja dan dari apa saja, demikian ungkapnya saat ditanya tentang sumber kreativitasnya.

Ditambahkannya, bahwa kegiatan travelling salah satunya mampu membuatnya mendapatkan ide dan inspirasi. Baginya motto “Keep our souls alive merupakan dedikasinya terhadap kehidupan itu sendiri. “I’m a Naturall born Artist, Not A Celebrity” begitu ucapannya sambil tertawa kecil. Sandhy mengatakan bahwa sebenarnya dia menyukai solo travelling. Namun demikian, dia juga sangat ingin berpergian dengan beberapa orang terdekatnya seperti putranya Aeshan Sachiarputra Soendhoro dan Bundanya, Ade Fitria Sechan. Ada kalanya menyenangkan travelling seorang diri, ada kalanya travelling dengan anggota keluarga lebih fun dan memorable. Saat travelling pun, Sandhy sangat suka mendengarkan musik, terutama jenis musik yang liriknya bertema kebahagiaan dan hal-hal positif. Meskipun demikian, karya-karya musik dari Jeff Buckley dan Radiohead sesekali waktu tetap menjadi favorit dan selalu ada di playlist-nya. Musisi yang telah merilis 7 album musik hingga tahun ini menjadi salah satu artis yang dekat dengan penggemarnya. Beberapa lagunya juga sangat terkenal dan sangat sering diputar di musik channel tanah air seperti lagu “Tak Pernah Padam, Tentang Perasaanmu dan Malam Biru.

Sandhy Sondoro mengaku kesibukannya di industri musik harus diseimbangkan juga dengan kesehatannya. Travelling adalah aktifitas yang bisa melelahkan, untuk itu dia rutin mengkonsumsi makanan dengan nutrisi cukup dan tentu saja pola tidur yang teratur.

Saat wisata ke tempat baru dan sama sekali asing baginya, Sandhy tidak pernah mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan menikmati suasana lokal, termasuk dalam hal berbaur dengan masyarakat. Aktivitas yang harus dan pasti dicoba oleh artis yang mengaku eksotis ini ialah menikmati musik lokal dan pergi ke pasar tradisional masyarakat lokal. Musik dan kuliner seakan menjadi paket sempurna aktivitas travelling Sandhy. Saya menikmati setiap senses yang dihasilkan panca indra, all in one package. Tentu sangatlah tepat pada edisi ketiga yang bertema “Signature of Indonesia, redaksi Pesona E-Magazine Humas Kementerian Pariwisata memilih mengangkat penyanyi berdarah Jawa, Makassar, Minang dan Palembang ini pada profil Wanderlust. Meskipun Sandhy lama tinggal di luar Nusantara, namun kecintaannya pada Indonesia sangatlah dalam dan tak pernah padam. Terlihat dari prestasi yang diraihnya menharumkan nama bangsa dikancah dunia. Baginya, Indonesia memiliki ruang spesial di dalam karya musiknya.

Apa yang terjadi pada Bangsa yang besar di beberapa waktu yang lalu ini menurut Sandhy adalah hal yang membuatnya khawatir akan adanya pihak-pihak yang mencoba memisahkan kesatuan dan keberagaman di Tanah Air Indonesia. Menurutnya, potensi di Tanah Air Indonesia jauh lebih banyak dari negara-negara lain dunia. Kekayaan alam, budaya, suku, bangsa, bahasa yang majemuk menjadikan Indonesia tampil selayaknya primadona dengan perhiasan yang exotic dan unik. Untuk bidang pariwisata sendiri, Sandhy menjelaskan bahwasanya “Indonesia tourism is now on its best position”. Kondisi saat ini yang mana pembangunan infrastruktur baik pembangunan jalan, bandara, pelabuhan, terminal dan fasilitas umum lainnya pada provinsi/kabupaten/kota di tanah air sangat berkembang pesat. Sandhy menambahkan keterangan opininya terhadap kondisi saat ini di tanah air, bahwasanya Indonesia adalah negara tujuan wisata dunia yang aman dan nyaman.