Buah Kegigihan Aurelius

pascal-edu.com – Aurelius Bryan Yuwana adalah anak yang berprestasi. Penghargaan yang diperolehnya tidak hanya bertaraf nasional, namun juga internasional. Berikut cerita Ir. Wira Yuwana, MSEM (45) dan Shanty Dewi Djapa, ST (39), mengenai putra sulungnya ini. “Seperti anak lain sebayanya, Aurelius juga senang bercanda, bermain, bahkan suka jahil. Jadi, ya dia itu anak normal, sama seperti anak lainnya. Memang sih, di sekolah Aurelius cukup menonjol. Kalau mendapat tugas sering kali ia mengerjakannya dengan porsi ‘lebih’.

Ketika teman-temannya mengerjakan laporan sebanyak satu halaman, Aurelius akan mengerjakan tiga halaman. Saat diminta membuat presentasi tentang 6 presiden Amerika, dia menambahnya menjadi 25 presiden Amerika. Setiap kali mengerjakan tugas, Aurelius terlihat berkonsentrasi penuh dan mandiri. Jarang ia bertanya kepada orangtuanya. Dia pun banyak membantu adiknya mengerjakan tugas. Tidak ada cara spesial dalam mendidik Aurelius. Saya hanya menekankan komitmen.

Jika anak mau melakukan sesuatu, dia harus melakukannya sampai tuntas. Apa yang sudah dimulai harus bisa diselesaikan dengan baik. Itu saran saya pada Aurelius juga adiknya. Kami menekankan keberhasilan seseorang itu didapat bukan karena bakat saja, tapi lebih karena kegigihan dan ketekunan untuk meraih apa yang diinginkan. Kami berusaha mendidik mereka dengan metode sederhana, yaitu bermain. Waktu Aurelius 2 tahun, karena dia suka mobil, kami mengajarkan warna, angka, berhitung, sampai membaca dengan menggunakan mobil, seperti membaca merek mobil, mengingat jenis mobil, dan sebagainya.

“Bagi kami, anak membutuhkan keseimbangan untuk dapat menjadi pribadi yang berhasil. Kami mengingatkan Aurelius belajar itu bukan hanya melalui buku dan teori semata, tapi juga melalui pergaulan, aktivitas bersama, dan pengamatan terhadap lingkungan sekitar. Kami pun memotivasi Aurelius untuk berani mencoba berbagai bidang dari matematika, IPA, musik, olahraga, bahasa, robotik, dan komputer.

Mungkin karena hal itu Aurelius mendapat kepercayaan dari sekolahnya, Sekolah Victory Plus, Bekasi-Jawa Barat, untuk mengikuti berbagai macam lomba. Karena ketekunan Aurelius dan dibantu dengan pengajaran khusus dari sekolah secara kontinu semenjak kelas 1 SD, Aurelius menjadi anak yang berprestasi. Meski sarat kegiatan, Aurelius enjoy saja menjalaninya. Ia selalu menunjukkan antusiasme demi mencapai prestasi yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *