Biografi Ismail Marzuki

Biografi Ismail Marzuki
Ismail Marzuki ialah seorang komponis besar kebangaan negara Indonesia yang mengecat sejarah kebebasan bangsa ini dengan lagu- lagunya yang patrotik. Ia bermunculan pada tahun 1914 di dusun Kwitang, Jakarta. Ayahnya ialah seorang empunya bengkel mobil yang begitu sukses. Namun Ismail memilih gaya hidup yang bertolak belakang dengan sang ayah. Jauh dari mesin dan oli, Ismail diberi anugerah dengan keahliannya memainnkan sebanyak alat musik dengan suara yang paling merdu. Tidak salah andai Ismail lebih tertarik ke dalam dunia musik. Talenta yang di milikinya sungguh ajaib. Pada umur 17 tahun, saat para remaja beda sibuk menggali identitasnya, Ismail telah memperlihatkan kemampuannya dengan mengarang lagu sendiri.

Dengan segala bakat yang dipunyai oleh Ismail, ia juga memberanikan diri guna bergabung dengan suatu orkes yang mempunyai nama “Lief Java”. Saat pendudukan Jepang, orkes ini berubah nama menjadi “Kirei na Jawa”. Ternyata keputusan Ismail tidaklah salah, orkes papan atas ini telah membawa kegemilangan untuknya. https://www.pro.co.id/ Di samping di Jawa, ia pun sering naik pentas tampil di negara Malaysia.

Demam kemerdekaan pun mempengaruhi Ismail. Masa- masa yang sarat heroik dan patriotisme tersebut menginspirasi Ismail guna meciptakan lagu- lagu dengan tema perjuangan. Seperti lagu Halo- halo Bandung, Kopral Jono, Gugur Bunga, Indonesia Tanah Pusaka, dan Sepasang Mata Bola. Lagu- lagu legendaris yang abadi sampai kini terus di lantunkan oleh segenap rakyat negeri ini untuk memperingati perjuangan mencungkil diri dari semua penjajah.

Mungkin memang telah takdir, Ismail medapatkan seorang itri yang pun berasal daru kalangan pemusik. Pada tahun 1941, Ismail menikahi Euis Zuraidah, seorang pemimpin orkes keroncong yang mempunyai nama “Hea An”.

Ismail paling totalitas dalam bermusik, dan jiwa patriotismenya tidak di ragukan lagi. Hingga pusat kesenian dan kebudayaan terbesar di Indonesia disebut Taman Ismail Marzuki (TIM). Musisi yang serba dapat dan sekaligus komponis ini yang kamu besar ini hingga meningal dunia di tahun 1958 telah membuat tidak tidak cukup dari 200 judul lagu dalam sekian banyak irama.

Sumber : https://www.infobiografi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *