Cara Cek Tagihan Listrik, Bayarnya? Pakai Kartu Kredit Aja

Listrik adalah bagian penting dari kehidupan. Tanpa listrik, produktivitas harian akan terpengaruh dan bahkan dapat dihentikan. Kebutuhan dasar ini juga harus dipertimbangkan dengan hati-hati saat menggunakannya, agar tidak membebani biaya rumah tangga. Karena hal inilah maka cara cek tagihan listrik menjadi penting untuk diketahui. Tagihan listrik sebenarnya tidak hanya dipengaruhi oleh tarif dasar listrik (TDL). Ada kebiasaan lain yang juga memengaruhi kecilnya jumlah tagihan listrik. Ukuran penghematan yang dapat diprakarsai oleh hal-hal kecil. Misalnya, dengan menghindari penggunaan di siang hari.

Kenali jenis instalasi listrik

Sebelum melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu mengenali instalasi listrik di rumah. Ada dua jenis, prabayar dan pascabayar. Konsepnya tidak berbeda secara signifikan dari pulsahandphone. Listrik prabayar memiliki sistem pembayaran dengan impuls atau token. Pulsa dicetak pada meteran listrik. Sistem ini cukup baru karena baru diperkenalkan oleh PLN pada tahun 2010.

Walaupun listrik pascabayar adalah sistem lama, pembayaran hanya dapat dilakukan setelah satu bulan. Dengan listrik pascabayar ini, dapat dilihat bahwa tagihan prabayar tidak mencukupi.

Apakah Anda ingin menghemat listrik? Pemeriksaan tagihan listrik secara rutin dapat menjadi langkah pertama yang paling efektif. Dengan memantau berapa banyak upaya yang diperlukan, Anda dapat mengendalikannya sesegera mungkin. Anda tidak harus langsung datang ke kantor PLN. Berikut adalah empat cara untuk memeriksa tagihan listrik Anda, yang memudahkan Anda sekarang:

Pilihan pertama, Anda dapat memeriksa listrik melalui telepon. Metode ini relatif sederhana. Anda hanya perlu menghubungi layanan pelanggan di nomor 123.

Jangan lupa untuk memasukkan kode area Anda. Untuk wilayah DKI di Jakarta ini berarti, misalnya, menelepon (021) -123. Kemudian ikuti instruksi dari operator dan minta tagihan listrik. Tarif telepon normal untuk panggilan ke pusat panggilan PLN. Anda dapat menggunakan metode ini kapan saja jika Anda ingat bahwa layanan ini buka 24 jam. Anda juga dapat menelepon tagihan listrik melalui SMS (kecuali melalui telepon). Kirim SMS dengan format REK (spasi) nomor pelanggan, kirim ke 8123. Format ini hanya digunakan sesekali untuk memeriksa.

Jika Anda ingin berlangganan sehingga daftar tagihan dikirim terus menerus, cukup kirim SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) ID pelanggan 12 digit ke 8123. Perhatikan bahwa Anda dapat menggunakan SMS ini untuk memeriksa tagihan listrik dengan biaya mulai Rp 500 (belum) (termasuk PPN 10%) per SMS.

Bayar listriknya dengan kartu kredit

Dengan asumsi membayar tagihan listrik dengan kartu kredit dapat menghemat uang. Pada prinsipnya, bank membayar terlebih dahulu baru setelah itu ditagih ke pemegang kartu kredit. Pada pandangan pertama, tidak ada perbedaan antara membayar listrik secara tunai atau dengan kartu kredit. Selain itu, jumlah tagihan rutin tidak murni, juga dikenal sebagai biaya administrasi.

Namun, perhatikan berbagai penawaran khusus yang akan Anda dapatkan nantinya. Perawatan harus diambil ketika memilih kartu kredit jika telah digunakan untuk membayar tagihan rutin sejak awal. Kami menyarankan Anda mencari kartu kredit yang memiliki fitur konsolidasi faktur dengan poin Benefitback hingga bebas dari biaya administrasi.

Hemat listrik sebanyak mungkin di rumah Anda. Ingatlah bahwa ketersediaan listrik sangat terbatas, sementara kebutuhan energi kita hampir tidak terbatas. Untuk mengurangi biaya bulanan, jangan lupa untuk mengontrol penggunaan dengan memeriksa tagihan Anda secara berkala menggunakan metode yang dijelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *