Cara Termudah Untuk Terbiasa Tidak Menghasilkan Sampah yang Banyak

Selama ini pasti kita tau bahwa kita pun banyak menghasilkan sampah. Mulai dari aktifitas sehabis bangun tidur, bekerja, hingga malam hari sampai kita akan tidur kembali.

Sampah rumah tangga merupakan salah satu yang paling banyak selain sampah industri, sampah tempat wisata, sampah tempat perbelanjaan, dll.

Keadaan negara Indonesia saat ini cukup terbilang memprihatinkan untuk masalah sampah.

Karena sampah plastik di Indonesia sudah sangat banyak sekali bahkan negara kita masuk ke dalam negara yang paling banyak menghasilkan sampah plastik.

Maka dari itu, sebetulnya kita harus memiliki disiplin yang bukan hanya cukup buang sampah pada tempatnya saja, tapi juga harus sudah mulai mengurangi yang namanya sampah plastik.

Banyak cara yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Menggunakan botol yang bisa digunakan berkali – kali

Salah satu jenis sampah yang paling banyak adalah botol minuman plastik yang sekali pakai.

Botol minuman plastik memang banyak dijadikan kemasan minuman ringan. Nah karena kita sering jajan membeli minuman itulah pada akhirnya sampah plastik yang bukan dibuang ke dalam tempat sampah plastik besar pun menumpuk dan banyak.

Kita bisa inisiatif menggunakan botol minum tupperware atau botol minum biasa dari rumah apabila berpergian, sehingga tidak perlu membeli minuman botol yang sekali pakai.

Biasakan bawa tas belanja sendiri seperti totebag

Nah ini juga adalah yang perlu dilakukan saat kita berbelanja. Biasanya saat berbelanja, kita kerap kali menggunakan kantong kresek plastik untuk membawa barang belanjaan.

Padahal kantong kresek adalah salah satu plastik yang juga sekali pakai. Makanya, tak heran sampah plastik kantong kresek sangatlah banyak .

Kita bisa menginisiasikannya menggunakan tas belanja yang berbahan kain seperti totebag.

Nah dengan begitu penggunaan plastik pun bisa dikurangi.

Beberapa daerah juga sudah membuat peraturan secara resmi mengenai hal ini dimana di minimarket sudah tidak menyediakan lagi kantong plastik belanjaan.

Dengan kita menerapkan kedua hal di atas ini, maka dipastikan sampah lama kelamaan akan berkurang.

Dan masalah Indonesia yang menjadi negara paling banyak menghasilkan sampah plastik bisa segera teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *