Jangan Pernah Berani Untuk Membuang Sampah Sembarangan Jika Tidak Ingin Menyesal

Parahnya pembuangan sampah yang sembarangan, tidak pada tempatnya dan cenderung tidak memperdulikan lingkungan pasti nanti dampak buruknya akan timbul kepada kita sendiri.

Sudah banyak contoh dan penggambaran mengenai dampak buruk dari yang namanya sampah yang dibuang sembarangan atau bukan ke dalam tong sampah stainless.

Apalagi saat ini sudah musim penghujan dengan curah hujan yang sangat tinggi. Beberapa waktu lalu saja sudah terlihat curah hujan di area Jabodetabek sangatlah besar.

Banyak daerah yang terkena dampak banjir bandang karena saluran air sudah tidak lagi mampu untuk menampung debit air hujan yang sangat besar dan pada akhirnya luapan air tersebut masuk ke pemukiman warga.

Kita tidak tau apakah saluran air tersebut lancar atau tidak dalam menyalurkan air. Karena apabila saluran air tersebut tersumbat oleh sampah, jelas pasti air tidak akan bisa mengalir dan banjir pun akan tidak bisa dihindarkan.

Penyebab paling sering banjir menjadi sangat parah ketika musim hujan :

Buang sampah sembarangan

Buang sampah sembarangan adalah salah satu hal yang menjadi penyebab kenapa saluran air tidak pernah lancar dalam menyalurkan air ketika hujan tiba.

Hal ini karena sampah yang kita buang tadi banyak tersangkut di saluran air tersebut. Jangan heran apabila air sampai naik keatas jalanan dan pada akhirnya juga ikut masuk ke rumahmu.

Maka dari itu , sebaiknya kita tidak membuang sampah sembarangan dan buanglah sampah pada tempatnya.

Tidak mengurangi sampah, malah menambah

Nah ini juga yang menjadi masalah, dimana sampah di negara kita adalah sampah yang sangat banyak bahkan sudah masuk jajaran negara paling banyak menghasilkan sampah.

Tentu ini menjadi masalah, dimana negara kita banyak menghasilkan sampah dan malah masyarakatnya banyak yang membuang sampah sembarangan.

Jangan heran akan banyak dampak buruk yang diberikan oleh lingkungan untuk kita.

Pengelolaan sampah yang salah

Mungkin sudah ada juga yang selalu buang sampah pada tempatnya. Tapi yang terjadi adalah sampah tidak dipilah dan malah dicampuradukkan.

Hal ini sangatlah salah karena nantinya lebih sulit lagi ketika akan dikelola dan mungkin sampah pun menjadi tidak bisa dikelola atau didaur ulang lagi.

Oleh karena itu , ayo usahakan kita sekarang tertib buang sampah. Agar lingkungan aman, nyaman, dan tidak ada bencana yang melanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *