Mengenal Cutting Tools dan Karakteristiknya

cutting tools
cutting tools

Dalam dunia industri terutama yang berskala besar tentu dibutuhkan berbagai jenis peralatan untuk menunjang proses produksi. Salah satu jenis peralatan tersebut sering dikenal dengan istilah cutting tools. Sesuai dengan namanya, cutting tools adalah peralatan yang banyak dibutuhkan untuk bidang industri. Pemakaiannya juga disesuaikan dengan spesifikasi yang diperlukan sehingga bisa memperoleh efisiensi maupun pekerjaan yang lebih maksimal.

Hadirnya cutting tools memang memiliki manfaat yang sangat bagus bagi industri tertentu. Terutama bagi industri yang memproduksi benda-benda yang membutuhkan peralatan khusus agar hasilnya lebih rapi dan presisi.

Cutting Tools dan Karakteristiknya

Bagi anda yang bekerja dalam bidang industri maka perlu mengetahui seputar cutting tools. Dimana cutting tools adalah peralatan pemotong atau cutter yang dipakai untuk menghilangkan material dari benda kerja melalui cara deformasi geser. Dalam proses pemesinan, material cutting tools menjadi hal yang sangat penting dan berpengaruh pada proses pemesinan tersebut. Saat proses pemesinan, biasanya cutting tools akan mengalami kenaikan suhu serta tegangan karena adanya gesekan dengan benda kerja.

Setelah sedikit memahami tentang cutting tools, maka anda juga perlu tahu jenis material yang dipakai dalam pembuatan cutting tools. Bagi sebuah industri bukan hal yang mudah untuk memilih atau menentukan material cutting tools. Sebab pemilihan material cutting tools yang tidak tepat akan berdampak pada proses produksi dan hasilnya.

Dengan demikian pemilihan material cutting tools harus dilakukan secara cermat dan menggunakan perhitungan yang matang. Tentunya material tersebut juga disesuaikan kebutuhan sebuah industri supaya lebih tepat guna. Secara lebih jelasnya, penentuan material cutting tools didasarkan dari beberapa karakteristik antara lain sebagai berikut.

  1. Tingkat Kekerasan
    Tingkat kekerasan menjadi karakteristik yang penting untuk bahan cutting tools. Sebab bahan cutting tools sebaiknya lebih keras dibandingkan benda kerja yang sedang dikerjakan. Bahan cutting tools yang lebih keras juga berpengaruh pada kekuatan cutting tools ketika proses pemesinan. Terlebih pada temperatur yang tinggi lebih dari 600 derajat Celcius yang mana pada tempetatur tersebut logam dapat mencapai suhu austenit. Selain itu bahan yang dipakai untuk cutting tools sebaiknya dipilih berdasarkan temperatur ketika proses pemesinan. Cutting tools adalah peralatan yang dipakai untuk jenis pekerjaan yang berat sehingga perlu memiliki tingkat kekerasan yang tinggi.
  2. Ketangguhan
    Bahan cutting tools harusnya memiliki ketagguhan yang baik. Sebab cutting tools yang tangguh akan memiliki ketahanan yang bagus untuk mengatasi gaya impak ketika proses pemesinan. Terutama ketika proses pemesinan berlangsung secara terputus-putus contohnya ketika proses pembuatan poros spline serta roda gigi. Semakin tangguh peralatan yang digunakan tentu dapat menghasilkan benda yang berkualitas dan tidak membuat peralatan tersebut cepat rusak.
  3. Kestabilan Kimiawi
    Bahan cutting tools harus memiliki kestabilan kimiawi yang bagus terutama untuk benda kerja yang dapat menyebabkan keausan. Dalam proses pemesinan tentu akan menimbulkan berbagai risiko yang bisa menyebabkan hal-hal buruk terjadi pada cutting tools. Namun dengan adanya kestabilan kimiawi maka bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Ketahanan Aus
    Cutting tools harus memiliki ketahanan aus karena hal ini dapat berpengaruh pada umur cutting tools selama proses pemesinan. Tepatnya sebelum cutting tool diganti atau diasah. Cutting tools yang tahan lama dan awet tentu dapat digunakan untuk proses pemesinan dalam jangka panjang dan tidak menambah biaya perawatan atau perbaikan oleh perusahaan.

Demikianlah penjelasan mengenai mengenal cutting tool dan karakteristiknya yang bisa menambah wawasan anda. Penjelasan di atas bisa memberikan gambaran bagi sebuah industri dalam memilih bahan cutting tools yang tepat agar menghasilkan produk yang berkualitas dan berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Cutting tools adalah peralatan yang penting sehingga harus dipastikan memenuhi standar dan kebutuhan industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *