Sticker Print Bali

Sticker Print Bali – Bagi anda yang mengikuti komunitas di Bali, tentu tidak asing dengan kehadiran stiker. Stiker tidak hanya digunakan sebagia hiasan, namun juga digunakan sebagai identitas seseorang ataupun kelompok. Ternyata, stiker mempunyai berbagai macam jenis kertas, dimana setiap kertasnya memiliki kelebihan masing masing. Berikut rekomendasi jenis sticker print Bali yang membuat tampilan semakin menarik.

Berbagai Jenis Sticker Print Bali yang Umum Ditemui

Vinyl menjadi salah satu jenis bahan stiker yang permukaannya halus dan mengkilap. Tidak hanya itu saja, bahan stiker satu ini juga tahan terhadap air dan panas sekalipun. Jenis stiker ini, cocok dibawa bepergian di segala kondisi, karena tahan di segala cuaca. Mencetak stiker vinyl harus menggunakan Laser Printer, sebab kertas ini tidak dapat dicetak menggunakan printer injet biasa.

Jenis stiker kedua yang banyak dicari adalah jenis stiker transparan, karena jenis kertas ini mampu membuat stiker tampak bening. Penggunaan stiker satu ini, banyak ditemui di toko yang sedang menawarkan berbagai promosi seperti diskon akhir tahun. Hal ini dikarenakan pelanggan tetap dapat membaca promosi pada stiker, namun tidak menghalangi pandangan untuk melihat ke dalam display yang sedang dipajang.

Selanjutnya ada stiker chormo, dimana bahan stiker ini terbuat dari bahan yang bertekstur licin. Sticker print Bali jenis chormo, memiliki keunggulan pada daya rekatnya yang sangat erat, sehingga cocok untuk keperluan label tertentu seperti label kotak bekal dan keperluan promosi seperti stiker pilkada. Namun, stiker ini tidak memiliki ketahanan terhadap air, sehingga gampang luntur dan rusak. Oleh karena itu, stiker ini tidak cocok digunakan untuk di luar ruangan.

Jenis Sticker HVS dan Bontax

Kemudian ada stiker HVS yang memiliki 2 ukuran, yaitu A4 ( 21 cm x 29.7 cm) dan ukuran A3 (29.7 cm x 42 cm). Stiker satu ini banyak diminati lantaran harganya yang murah dan mudah ditemukan di pasaran, dimana banyak digunakan untuk keperluan kantor, membuat suvenir hingga undangan menikah. Stiker ini memiliki kelemahan pada daya rekatnya yang tidak cukup kuat, sehingga tidak dianjurkan untuk pemakaian waktu yang lama.

Kertas stiker berjenis Bontax memang terlihat seperti kertas biasa. Namun jangan salah, karena ternyata kertas satu ini menyimpan kelebihan pada daya rekatnya yang tinggi, dan telah digunakan di berbagai macam kemasan. Dianjurkan untuk menambahkan laminasi pada saat proses finishing, lantaran untuk menambah daya tahan stiker. Untuk mencetaknya, anda bisa menggunakan printer injet seperti kertas lainnya.

Berbagai Jenis Stiker yang Umum Digunakan Untuk Kendaraan Bermotor

Nampaknya, pemilik kendaraan saat ini tidak ingin ketinggalan tren untuk memodifikasi kendaraannya menjadi kekinian. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi keinginan tersebut, salah satunya dengan menghias bodi kendaraan menggunakan stiker. Anda bisa menggunakan sticker print Bali yang dirasa lebih prakis, mudah, dan harganya yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan stiker dari merk lainnya.

Bagi anda yang ingin mencari stiker dengan daya rekat tinggi, bisa mencoba stiker scotchlite. Stiker ini memiliki kelebihan tidak mudah terlepas, sehingga anda harus berhati hati apabila ingin menempelkan stiker tersebut. Namun stiker ini sedikit tipis daripada kertas stiker lainnya, namun stiker ini mampu memantulkan cahaya. Harga kertas stiker ini cukup terjangkau untuk setiap meternya.

Stiker selanjutnya adalah stiker yang banyak diburu, yaitu stiker oracal. Stiker ini memiliki tekstur lentur dan memiliki ketahanan warna yang cukup kuat, sehingga sangat cocok digunakan untuk waktu yang cukup lama. Kerena karakter stiker yang lentur, membuat stiker lebih mudah untuk dipasang pada bodi kendaraan. Stiker ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 80.000 per meternya.

Ingin kendaraan anda terlihat elegan dan unik, maka menggunakan stiker glittre adalah jawabannya. Dengan menyematkan stiker ini, kendaraan kesayangan akan terkesan mewah lantaran efek glitter yang bersinar. Ketika stiker ini tersorot cahaya, maka glitter akan menghasilkan sinar, terutama jika dilihat pada malam hari. Stiker ini pun dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau dan mudah ditemukan di pasaran.

Cara Membuat Stiker Menggunakan Printer Inject Biasa

Kini membuat sticker print Bali tidak harus ke percetakan, karena anda bisa melakukannnya sendiri di rumah dengan hanya mengandalkan peralatan yang ada. Walaupun menggunakan peralatan sederhana, anda bisa menghasilkan stiker berkualitas. Dengan mencetak stiker sendiri, anda akan lebih menghemat biaya sekaligus mengasah kemampuan desain. Sebelum mencetak stiker, ada baiknya untuk memeriksa kadar tinta agar tidak kehabisan di tengah proses cetak.

Langkah pertama untuk memulainya adalah menyiapkan kertas stiker yang memiliki kualitas cukup baik. Kemudian, buatlah sebyah desain menggunaan aplikasi desain yang anda kuasai, seperti photoshop, Inkscape, ataupun software lainnya. Ada baiknya anda menggunakan dokumen berukuran besar, sehingga dapat memuat beberapa stiker dalam satu kertas. Hal ini berfungsi untuk memaksimalkan penggunaan kertas agar tidak boros.

Setelah selesai mendesain, sebaiknya berikan warna agar terlihat lebih menarik. Sebaiknya pilih warna desain yang ringan, agar pasokan tinta tidak cepat habis. Misalnya ketika stiker memiliki warna dominan hitam, maka tinta printer berwarna hitam akan lebih cepat habis. Oleh karena itu, pastikan anda memiliki cadangan tinta agar hasil cetak lebih sempurna. Inilah alasan kenapa anda harus mengecek tinta terlebih dahulu sebelum mencetak stiker.

Sebelum mencetak sticker print Bali, ada baiknya untuk melakukan pengujian terlebih dahulu. Untuk memastikan hasil cetakan sesuai dengan keinginan, and abisa mencobanya terlebih dahulu pada kertas biasa. Hal ini dikarenakan harga kertas stiker dirasa lebih tinggi dibandingkan dengan kertas biasa. Apabila terjadi kesalahan cetak, sebaiknya berikan tanda pada sisi kertas, kemudian ulangi hingga beberapa kali.

Meminimalisir Kesalahan Pembuatan Sticker

Jika percobaan mencetak stiker pada kertas biasa sudah berhasil, anda bisa mencobanya di selembar kertas stiker terlebih dahulu untuk meminimalisir kesalahan. Sebaiknya anda tidak memasukkan kertas stiker terlalu banyak, agar printer tidak gampang rusak. Apabila proses cetak selesai, diamkan beberapa saat hingga tinta mengering sempurna. Sebab, kertas stiker berbeda dengan kertas dokumen lainnya yang lebih mudah menyerap tinta.

Setelah sticker print Bali selesai dicetak, anda bisa memotong stiker dengan mengikuti polanya. Dalam proses pemotongan stiker yang mengikuti pola, membutuhkan kesabaran dan ketelitian agar hasilnya rapi. Pastikan jika gunting kertas yang digunakan, memiliki ketajaman yang memadai. Pada proses ini, anda bisa memotong stiker dengan cara anda sendiri, seperti memotongnya satu per satu atau memotongnya sekaligus agar lebih cepat.

Tidak banyak yang tau bahwa, stiker tidak hanya digunakan untuk mempercantik tampilan, namun juga bisa dijadikan sebagai media promosi. Kegiatan promosi yang menggunakan stiker, akan terlihat lebih menarik dan unik. Selain itu, penggunaan stiker cetak lebih mudah dan harganya terjangkau. Apabila ingin berhemat, anda juga bisa membuat stiker sendiri sesuai dengan keinginan anda, mulai dari proses desain hingga proses pemotongan stiker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *