Tips Agar Sukses dalam Bisnis Jual Bibit Ikan

Saat ini bisnis jual bibit ikan sangat diminati. Selain menjanjikan juga memiliki omset yang lumayan besar. Lantas bagaimana tips yang bisa dijalankan?

Bisnis jual bibit ikan memang patut dilirik. Sebab satu indukan dapat menetaskan puluhan ribuan ikan. Selain itu memelihara ikan resiko kematiannya pun cenderung lebih kecil.  Namun tentunya bagi yang baru ingin memulai bisnis ikan ada rasa khawatir dalam memasarkannya. 

Bagi pemain lama yang sudah memiliki nama tentu pemasarannya tidak menjadi masalah. Karena rata-rata sudah memiliki pelanggan setia. Pelanggan datang sendiri untuk menengok dan mengambil sendiri secara langsung. 

Baik itu dari petaninya langsung atau pengepul/pedang ikan. Lalu bagaimana bagi pemain baru yang ingin memulai bisnis jual bibit ikan? Ternyata ada tipsnya sendiri lho. Simak ulasannya di bawah ini.

bibit ikan

Tips Agar Sukses Jual Bibit Ikan

Di bawah ini adalah tips agar sukses jual bibit ikan:

1.Jual kepada petani langsung di sekitar tempat tinggal

Pertama jual bibit ikan kepada petani langsung. Hal ini sangat menguntungkan karena harganya akan lebih mahal dibandingkan menjual kepada pedagang. Dengan menjual ke petani juga secara tidak langsung akan membangun jaringan sesama petani satu desa, komunitas petani ikan, komunitas satu kabupaten, dll.

Membangun jaringan adalah hal yang wajib dalam berbisnis lalu harus mau berkenalan satu dengan lainnya. dapatkan informasi dari sesama petani supata jaringan distribusi benih tetap terjaga. Kuncinya harus mau silaturahmi, datangi dan belajar.

2.Menjual melalui marketplace

Sekarang ini media sosial sangatlah membantu dalam berbisnis, salah satunya jual bibit ikan. Marketplace tersebut bisa melalui media Tokopedia, Bukalapa, OLX, dll. Lalu kamu harus memastikan konsumen anda tidak pernah meinpu dalam transaksi. Lebih baik gunakan rekening bersama (rekber) seperti yang ada di tokopedia dan bukalapak. 

3.Menjual ke pengepul

Tips ini merupakan jalan terakhir karena harganya akan lebih rendah daripada dijual ke pembesar. Lebih baik tanya terlebih kepada petani sesama komunitas usaha budidaya ikan pada umumnya. Cari tahu dimana mereka biasa menjualnya.

Nah itu dia beberapa tips agar sukses dalam jual bibit ikan. Memang tidak bisa langsung jadi sukses, tapi harus ada tahapan agar kesuksesaan itu datang pada kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *