Tips Mudah Memilih Cutting Tools Stainless Steel

cutting tools
cutting tools

Seperti yang telah diketahui bahwa stainles steel adalah jenis bahan yang sering digunakan dalam dunia industri. Dimana stainless steel ini menjadi tulang punggung dari sebuah industri komponen presisi. Tak heran jika banyak produk atau peralatan yang menggunakan bahan dasar stainless steel. Untuk mengolah stainless steel menjadi produk yang lebih berguna dalam bidang industri maka dibutuhkan cutting tools. Dimana saat ini cutting tools Indonesia memiliki beragam peralatan pemotong yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Memilih Cutting Tools untuk Stainless Steel

Stainless steel memiliki peran yang penting bagi kehidupan sehingga keberadaannya dibutuhkan dalam berbagai sektor industri. Pengolahan stainless steel juga tidak semudah yang dibayangkan karena membutuhkan peralatan khusus agar hasilnya lebih rapi dan memuaskan. Untuk masalah pemotongan, banyak industri tanah air yang sudah menggunakan produk cutting tools Indonesia.

Namun meskipun kini sudah banyak produk cutting tool Indonesia tetapi pastikan memilih yang benar-benar terbaik dan berkualitas. Agar peralatan tersebut lebih tahan lama dan menghasilkan produk stainless steel yang bermutu tinggi. Sebagai bahan pertimbangan dalam memilih cutting tools stainless steel maka berikut ini akan dijelaskan beberapa tipsnya.

  1. Memahami Daya dan Torsi Kapasitas Mesin
    Terdapat berbagai tipe cutting tools yang ada di pasaran. Masing-masing unit cutting tools biasanya dapat dipasang dan disetel secara mudah pada chuck apa saja. Mulai dari mesin bor tangan sampai mesin bubut CNC. Tentu saja anda harus tahu karakteristik mesin dan tipe stang penjepit holder apakah sudah tepat atau belum/ Meskipun cutting toolnya sama, namun dibutuhkan pemahaman yang lebih mengenai alat mesin yang memutar benda kerja atau sumbu rotasi dalam melakukan berbagai operasi misalnya pengeboran, pemotongan, deformasi, dan lain-lain. Kondisi mesin serta holder juga berpengaruh pada cutting parameter serta aplikasi berikutnya.
  2. Mengenal Indikator Petnjuk dan Cutting Parameter
    Masing-masing cutting tools berstandar telah mempunyai geometri serta jenis material yang hampir mirip antara satu dengan yang lain. Tetapi setiap merek mempunyai campuran metalurgi serta komposisi spesial dan berbeda. Dengan demikian cutting parameter untuk cutting tools memang juga berbeda. Hal tersebut tak terkecuali juag berlaku pada sistem bubut turning ISO.
  3. Pakailah Perlengkapan dan Aksesoris Pengelolaan Material Secara Tepat
    Pemakaian cutting tools seperti mesin broach, bor driil pada mesin korter, serta mesin bubut Lathe memang berbeda sesuai jenis maupun bentuk material yang diolah. Tetapi paa dasarnya dalam proses pemesinan stainless steel, peralatan pemesinan mempunyai fitur potong atau untuk pendinginan sirkulasi udara motor listrik tersebut. Dalam proses penggergajian menggunakan bandsaw di pipa stainless steel bila dibandingkan solid block tentu akan membutuhkan clamping serta ragum yang sesuai.
  4. Memahami Karakteristik Korosi Material Stainless Steel
    Saat industri anda membeli stainless steel dalam jumlah yang banyak maka dibutuhkan tempat penyimpanan yang mumpuni sebelum dipakai lebih lanjut. Terlebih proses perapian maupun persiapan material menjadi lebih hemat bila kondisi material dalam keadaan baik. Stainless steel sendiri bisa mengalami korosi yang dipengaruhi oleh kelembapan tempat penyimpanan. Ketahanan material stainless steel dari korosi bergantung dari komposisi baja tahan karat yang dipergunakannya.
  5. Mengenal Kelas dan Grade Stainless Steel
    Hal ini sangatlah penting karena karakteristik material yang dipahami dengan baik akan berpengeruh pada penentuan grade coating serta geometri cutting tools yang akan dipergunakan.

Demikianlah penjelasan mengenai tips memilih cutting tools untuk stainless steel yang bisa menambah wawasan anda. Melalui informasi di atas, para pelaku industri bisa lebih mudah dalam memilih jenis cutting tools Indonesia untuk memudahkan pengelolaan stainless steel sesuai kebutuhan industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *