Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui

Siapa yang tidak kenal buah kelapa? Buah yang identik dengan nuansa pantai ini memang sangat enak untuk disantap, terutama jika kelapa masih muda. Bayangkan betapa segar.

Tapi siapa sangka, buah dengan kulit keras ini ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satu produk olahan kelapa yang memiliki banyak manfaat adalah santan.

Santan adalah cairan putih yang diperoleh dari menekan atau memeras daging kelapa segar dengan atau tanpa air, dengan menggunkan mesin peras santan.

Belakangan ini ada kecenderungan bagi konsumen untuk menggunakan produk yang sudah jadi. Santan yang dikemas melalui proses pasteurisasi (sterilisasi) tidak hanya tahan lama tetapi juga siap disajikan atau diolah.

Pengolahan santan yang tahan lama dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk jenis dan ukuran kelapa, metode dan tahap pemerasan dan faktor lainnya.

Manfaat Santan untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit dan Wajah

    Bersihkan kulit dan pori-pori kulit

Santan bermanfaat untuk membersihkan pori-pori kulit. Caranya adalah Anda bisa menggunakan santan sebagai scrub yang dioleskan ke wajah, dengan cara ini pori-pori kulit bisa dibersihkan, dan juga bisa mencegah jerawat dan komedo.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, dengan mencampurkan 4 sendok makan santan, 1 cangkir garam halus, dan 1,5 liter minyak kelapa. Campur semuanya sampai halus, lalu oleskan ke kulit saat Anda memijat dan gosok dengan lembut dan merata. Selain itu, metode ini juga efektif untuk mengangkat sel kulit mati.

    Kulit halus

Selain untuk membersihkan, santan juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang memiliki tekstur kasar.Hal ini dilakukan dengan mencampurkan satu santan kelapa dengan seperempat sendok bubuk kunyit, aduk hingga rata lalu gosok perlahan ke seluruh bagian tubuh. Diamkan selama 5-10 menit lalu basuh dengan air hangat.

Setelah mandi, jangan lupa oleskan body lotion saat tubuh Anda masih terasa lembab. Jika dilakukan secara rutin, ramuan ini bisa menghaluskan kulit Anda.

    Mencerahkan kulit wajah

Tidak hanya susu, ubi, dan yogurt, santan juga mengandung vitamin yang dapat mencerahkan kulit Anda. Anda bisa menggunakan santan sebagai masker wajah atau untuk membersihkan kulit wajah.

Membersihkan kulit secara teratur akan membuat kulit wajah Anda terlihat lebih putih dan cerah secara alami.

    Melembabkan kulit

Anda bisa mendapatkan kulit yang lembab dan indah hanya dengan menggunakan santan. Caranya sangat mudah, cukup oleskan minyak kelapa ke wajah Anda dan biarkan selama 30 menit. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal. Maka kulit Anda akan menjadi lembab dan cantik secara alami.

    Cegah dan rawat komedo dan jerawat

Santan dipercaya memiliki sifat yang sangat baik untuk membersihkan pori-pori kulit dari kotoran, sehingga dapat mencegah dan mengobati komedo dan jerawat. Komedo dan jerawat adalah masalah umum bagi semua orang. Meski bukan penyakit berbahaya, namun keduanya bisa merusak tampilan wajah.

    Mengatasi keriput / tanda-tanda penuaan

Selain membersihkan dan menghaluskan kulit wajah, santan juga bermanfaat untuk mengatasi tanda-tanda penuaan seperti keriput atau garis-garis halus di wajah Anda.

Santan dapat Anda gunakan untuk mencuci wajah dan bermanfaat untuk mencegah keriput halus saat menyamarkan flek hitam. Karena santan mengandung vitamin C yang mampu mengembalikan kekencangan.

Cara menggunakannya cukup mudah, dengan mengoleskan santan ke kulit wajah, diamkan selama beberapa menit, lalu setelah itu Anda bilas dengan air bersih. Lakukan metode ini secara rutin setiap malam untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

    Bersihkan rias wajah

Riasan memang dapat mendukung kecantikan seseorang, terutama wanita, tetapi riasan yang telah dihanyutkan dengan kotoran, debu dan polusi dapat menyebabkan kerusakan pada kulit jika tidak segera dirawat. Karena itu sangat penting untuk membersihkan riasan.

Anda bisa membersihkan riasan dengan menggunakan santan. Jejak make up yang masuk ke pori-pori kulit akan mudah terangkat menggunakan santan. Caranya adalah mengoleskan santan ke kulit wajah Anda sambil memijat dengan lembut, setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

Demikian informasi mengenai manfaat santan kelapa bagi kesehatan dan kecantikan yang wajib Anda ketahui. Karena dengan begitu Anda jadi semakin tahu bahwa sebetulnya kita bisa mendapatkan berbagai macam manfaat yang diperoleh dari bahan alami, salah satunya adalah santan kelapa.

Selain itu, bahannya pun bisa dengan mudah dan murah didapatkan, dan proses pembuatan santan kelapa juga terbilang mudah dan anda juga bisa menggunakan mesin parut kelapa. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *