Cara Mengatasi Komputer Lemot Agar Bisa Kencang Lagi

Komputer menjadi sebuah barang yang dibutuhkan sekali saat ini. Banyak sekali pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan jauh lebih cepat ketika menggunakan komputer. Sehingga memiliki komputer yang bisa bekerja dengan baik dan maksimal adalah wajib hukumnya.

Kenyataannya dengan berbagai keadaan kebanyakan orang hanya bisa memakai saja tanpa melakukan perawatan, meskipun pada dasarnya bisa untuk melakukannya.

Bila ini dibiarkan lama kelamaan komputer akan mengalami sebuah masalah dan yang sering terjadi komputer menjadi lebih lambat kinerja. Komputer menjadi lebih lambat ada beberapa faktor yang jadi penyebabnya seperti terinfeksi virus, spesifikasi komputer yang jadul dan lain-lain.

Cara mengatasi komputer lemot

Di bawah ini ada beberapa informasi yang bisa digunakan untuk membuat komputer menjadi anti lemot. Tips kali ini diambil dari berbagai situs web yang dirangkum menjadi seperti ini:

#. Matikan program startup

Ketika komputer dihidupkan pertama kali tak jarang ada ada program-program jalan secara otomatis. Ini akan membuat sistem mendeteksi program ada karena akan membuat komputer mengecek satu demi satu ketika startup. Biasanya ini terjadi ketika kita menginstal program baru pada perangkat komputer. Selain itu juga akan membuat RAM menjadi bekerja. Langkah terbaik adalah matikan program – program yang masuk dalam folder startup.

#. Tambah kapasitas RAM

RAM sendiri memiliki pengaruh besar terhadap kinerja komputer. Salah satunya kecepatan kinerja komputer. RAM yang kapasitasnya kecil akan membuat komputer berjalan lebih lambat ketimbang punya kapasitas yang besar terlebih menjalankan aplikasi yang berat. Untuk itu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti atau meng-upgrade RAM, misalkan dari 2 GB menjadi 4 GB atau lebih. Sebagai catatan sebisa mungkin RAM tersebut memiliki spesifikasi yang sama dari yang sebelumnya.

#. Pakai hardisk jenis SSD

Hardisk jenis SSD ini merupakan tipe generasi dengan teknologi terbaru yang mana menggunakan sebuah chip sehingga dapat memaksimalkan komputer saat menyimpan data. Selain itu proses penyimpanan akan jauh lebih cepat dan juga saat booting. Untuk kekurangannya sendiri memang terlihat jelas di harganya yang memiliki harga lebih mahal dari jenis yang sebelumnya.

#. Matikan fungsi aero theme

Aero theme merupakan sebuah tema bawaan dari Windows yang ketika dibuka pertama kali akan memberikan sebuah tampilan yang sangat menarik. Namun begitu ada hal minus yakni akan memakan kapasitas RAM sehingga ketika booting akan menjadi lebih lambat. Bilamana anda mementingkan keindahan visual maka sangat menarik sekali, tetapi bila anda lebih mementingkan performa ada baiknya untuk di nonaktifkan saja.

#. Sesuaikan dengan spesifikasi

Banyak sekali yang menjalankan komputer ini semaunya saja yang mana tidak memperperhatikan antara spesifikasi software dan hardwarenya. Sebagai contoh bila komputer tersebut spesifikasinya sangat rendah dan digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi game yang membutuhkan spesifikasi besar maka yang terjadi akan hang, seandainya pun bisa berjalan pasti tidak maksimal.

#. Pakai satu anti-virus

Wajib hukumnya komputer untuk dipasang sebuah antivirus karena kita harus sadar bahwasanya banyak sekali orang yang tidak bertanggung jawab ingin masuk ke sistem komputer yang tujuannya untuk merusaknya atau mengambil data yang ada. Pilih anti-virus terbaik bagi anda dan gunakan cukup satu saja jangan berlebihan. Memang memasang anti-virus lebih dari satu akan membuat rasa nyaman yang tinggi, namun harus ada konsekuensinya bahwasanya komputer akan menjadi lambat.

Sebagai analogi antivirus disini adalah sebuah satpam dalam satu ruangan yang mana ketika orang yang ingin menuju ke beberapa ruangan harus diperiksa terlebih dahulu. Sehingga akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai di ruangan yang lainnya.

Bila di rasa masih bingung untuk memperbaikinya langkah terbaik dengan menghubungi seorang yang ahli contohnya service komputer di jakarta atau di lokasi tempat anda. Pastinya memiliki kualitas yang baik dan berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *