Kesehatan Mental Penting untuk Kamu Jaga Lho, Simak Tips Berikut!

Dengan adanya pandemi covid-19 ini banyak hal-hal yang diluar dugaan yang terjadi seperti tentang isu covid-19 gelombang kedua, banyaknya PHK yang terjadi, ketidakpastian pekerjaan serta pemotongan upah kerja yang membuat kamu semakin khawatir dan berubah menjadi kepanikan yang tentunya akan berpengaruh pada kesehatan mental kamu.

Pada artikel ini kami telah merangkum pesan-pesan yang dapat membantu menjaga kesehatan mentalmu.

  • Menuliskan Pikiran dan Perasaan

Kegiatan menulis ini dapat membantu menjaga kesehatan kamu dan mengontrol emosi kamu karena sebagian besar yang kamu pikirkan itu hanya ada dipikiranmu dan belum tentu akan terjadi, pikiran-pikiran seperti ketakutan dan bayangan-bayangan negatif harus kamu tumpahkan agar kamu merasa lebih lega dan tenang, salah satu caranya adalah dengan menulis.

  • Melatih Pernapasan

Jika kamu sedang merasa stress tubuh kamu secara otomatis akan berusaha menghindari penyebab stress itu maka tubuh akan memberikan respon seperti detak jantung meningkat, nafas menjadi lebih pendek dan otot akan menjadi tegang. 

Ketika kamu mengalami hal demikian mulai mengatur pernapasan dalam hitungan tertentu lalu hirup, tahan dan hembuskan.

  • Nikmati Momen Hari Ini

Sebagai manusia kita terbiasa untuk terjebak dalam masa lalu maupun berharap berlebihan pada masa depan, kita biasanya tidak menikmati apa yang Tuhan berikan di hari ini. Dengan terikat kepada masa lalu dan masa depan, kamu cenderung untuk tidak begitu menikmati setiap momen yang disuguhkan dan ujung-ujungnya kamu akan menyesali setiap waktu yang terbuang.

Belajarlah untuk menikmati masa sekarang dan lakukan penerimaan jika terdapat hal-hal diluar kendali yang terjadi.

  • Istirahatkan Diri dari Pikiran

Kamu berhak untuk mengistirahatkan diri dari pikiran-pikiran buruk yang menghantui dan membuatmu ketakutan, alihkan dirimu dengan melakukan hal-hal yang memberikanmu rasa nyaman, bahagia dan rileks. Tidak apa-apa untuk berhenti sejenak.

  • Belajar Kelola Perasaan Kamu

Lakukan penerimaan pada setiap perasaan yang datang ke dirimu sendiri, sadari reaksimu ketika perasaan-perasaan itu datang dan coba lakukan hal yang dapat membantumu menjadi lebih baik dan tenang.

Jangan menghakimi dan mengkritisi perasaan yang sedang kamu rasakan ini, percayalah bahwa perasaan itu hanya sementara.

 

Seperti itulah beberapa pesan untuk mengatur kesehatan mental kamu, selalu ingat bahwa kamu tidak sendiri, kamu dicintai banyak orang dan kamu harus mengijinkan dirimu untuk dibantu orang lain.

Sama seperti investasi saham, kamu perlu menjaga mental kamu agar tidak panik ketika pasar sedang berfluktuasi. Aplikasi Emiten.com dapat membantu kamu menjaga mental kamu karena Emiten.com merupakan aplikasi rekomendasi saham berdasarkan fundamental dan teknikal oleh analis yang bersertifikat dan terpercaya, jadi kamu akan merasa lebih aman ketika akan berinvestasi saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *