5 Tips Sederhana Mengatasi Gangguan Kecemasan!

Cemas merupakan hal yang wajar dan pasti pernah dirasakan oleh semua orang, tetapi saat kecemasan ini berubah menjadi sesuatu yang berlebihan dan terjadi secara terus menerus tentu hal ini tidak baik dan bisa saja merupakan salah satu ciri gangguan kesehatan mental atau yang biasa disebut anxiety disorder.

Penderita anxiety disorder ini selain merasa cemas yang berlebihan dan sering, mereka juga memiliki rasa khawatir dan takut yang kadang tidak beralasan, bisa jadi penyebab anxiety disorder ini karena kondisi fisik yang terlalu lelah, stress maupun ketidakseimbangan kadar kimiawi dalam diri.

Ketika anxiety disorder ini mulai terasa sangat mengganggu produktivitas dan hari-hari kamu, kamu sebaiknya mengatasinya dengan pergi ke profesional. Tetapi jika belum benar-benar mengganggu kamu bisa melihat beberapa cara mengatasinya, simak caranya disini.

Aplikasi Rekomendasi Saham

  • Berolahraga secara rutin

Saat kondisi badan kamu sedang sangat kelelahan dengan berolahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan stamina kamu sekaligus mengurangi gejala kecemasan yang hadir. Olahraga dipercaya mampu membantu meringankan gejala depresi dan cemas karena tubuh mengeluarkan hormon neutrotransmiter serotonin dan norepinefrin yang akan meningkatkan mood kamu seharian sehingga menimbulkan perasaan bahagia.

  • Melakukan hobi kesukaan kamu

Saat kecemasan itu datang, yang ada dipikiran kamu tentu hanya perasaan dan emosi-emosi negatif yang tidak beralasan sehingga coba carilah perhatian lain untuk menghilangkan pikiran tersebut seperti melakukan hobi yang kamu senangi, contohnya dengan membaca buku atau mendengarkan musik favoritmu.

  • Bercerita dengan keluarga atau teman dekatmu

Saat kamu mengalami gangguan kecemasan ada baiknya kamu tidak memendam itu sendirian, cobalah untuk dikeluarkan dengan cara bercerita dengan keluarga atau teman terdekat karena hal ini dapat mengurangi kecemasan dan beban pikiran kamu yang akan membuat kamu merasa lebih lega. Masukan dan dukungan yang masuk pun akan membuat kamu semangat dan berpikir positif saat menghadapi masalah, kamu juga jadi tahu bahwa ada orang yang sayang dan peduli sama kamu.

  • Lakukan meditasi

Meditasi ini dipercaya dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan fokus saat kamu bekerja apalagi saat dilakukan ditempat yang sepi sembari menyalakan lilin aromaterapi. Meditasi ini dapat mengendalikan pikiran negatif kamu, kamu juga bisa untuk melakukan latihan pernapasan agar menjadi lebih tenang.

  • Merendam kaki dengan air hangat

Merendam kaki dengan air hangat dapat membuat otot kamu menjadi lebih rileks serta dapat meredakan pikiran kamu dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Kamu juga bisa bersantai sembari menikmati secangkir cokelat hangat diiringi musik lembut.

Simak artikel menarik lainnya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *