Hal Ini Wajib Kamu Ketahui sebagai Investor Pemula!

nvestasi merupakan salah satu jalan yang digunakan untuk mencapai tahap finansial yang baik dan matang. Investasi ini bisa membuat kamu bebas finansial di masa tua jika kamu melakukannya dengan cara yang tepat. 

Keputusan untuk melakukan investasi ini perlu dilakukan secara matang dan pastikan kamu paham produk dan cara kerja investasi tersebut. Melakukan investasi ini harus didukung dengan keberanian dan pengetahuan yang cukup serta matang karena di dalam investasi diperlukan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat agar bisa memberikan imbal hasil yang menguntungkan nantinya.

Ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebagai investor pemula agar tidak terjebak pada investasi yang salah.

  • Mulai dari langkah kecil

Walaupun dijelaskan berinvestasi harus dilakukan dengan persiapan yang matang, itu tidak membuat kamu terus menunda-nunda untuk berinvestasi lho, kamu bisa memulainya terlebih dahulu. Sambil kamu memulai dengan modal kecil sembari kamu belajar, karena jika rugi pun kerugian yang kamu derita tidak akan besar. Teman terbaik investasi adalah waktu, semakin kamu menunda kamu tidak bisa menjadi teman baik oleh waktu.

  • Kenali profil diri sendiri

Penting bagi investor pemula untuk mengenali profil dirinya terlebih dahulu. Para investor pemula ini harus menentukan tujuannya berinvestasi dan melakukan riset terlebih dahulu dengan tujuan agar kamu bisa menentukan risiko, jangka waktu dan modal yang dibutuhkan.

Dengan kamu mengetahui diri kamu beserta tujuan-tujuannya kamu, risiko yang kamu tanggung akan berkurang.

  • Teliti saat memilih investasi

Dalam berinvestasi dibutuhkan ketelitian ketika menjalankannya. Kamu bisa melakukan analisa dan mengelola investasi sendiri atau kamu bisa menggunakan jasa manajer investasi untuk mengelola dana kamu. Keduanya ini memiliki dampak positif dan negatif masing-masing, tidak ada yang sepenuhnya benar dan sepenuhnya salah, selagi kamu mau terus belajar kamu pasti akan menemukan caramu sendiri.

Asalkan kamu tidak mencoba ikut-ikutan teman atau berspekulasi sendiri maka kamu akan terhindar dari kesalahan-kesalahan pemula. Dilansir dari Investor Daily, terdapat beberapa hal yang wajib kamu waspadai sebagai investor pemula, simak beritanya disini.

  • Menjadi realistis

Ketika berinvestasi kamu sebaiknya menjadi orang yang lebih realistis, karena jika kamu terlalu banyak berekspektasi risiko yang kamu tanggung akan lebih besar. Kamu harus menetapkan tujuan investasi kamu dengan realistis agar nilai aset yang kamu targetkan juga tidak terlalu tinggi. Jangan tertipu dengan investasi yang menawarkan kamu keuntungan yang tinggi dengan jangka waktu pendek, karena itu sudah pasti penipuan apalagi jika di iming-imingi kemudahan.

Hal-hal itulah yang wajib kamu ketahui sebagai seorang investor pemula, agar kamu tidak terjebak pada investasi yang salah dan tentunya akan meningkatkan kerugian kamu. Jika kamu ingin berinvestasi saham tapi masih pemula dan belum mengerti caranya melakukan analisa, Emiten.com dapat menjadi teman kamu untuk mengetahui rekomendasi-rekomendasi yang kredibel. Klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *