Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Bekerja!

Kesehatan mental saat ini menjadi salah satu isu yang sedang diangkat dimana-mana. Kesehatan mental memang perlu dijaga, karena kalau tidak kamu akan lebih mudah depresi dan stress.

Saat bekerja kesehatan mental juga perlu dijaga karena kesehatan mental bagi karyawan ini penting untuk mendukung keberhasilan suatu bisnis. Ketika karyawan merasa senang saat bekerja, hal ini tentunya akan meningkatkan produktivitas karyawan yang berdampak pada revenue perusahaan. Tetapi jika karyawan sering luka emosionalnya dan sering mengalami tekanan-tekanan ketika bekerja maka kegagalan saat bekerja akan terulang dan produktivitas juga menjadi menurun.

Jika kondisi ini terus dibiarkan, bisnis juga tidak akan berjalan dengan lancar karena stress dapat menggangu kinerja karyawan itu sendiri. Kamu dapat menyimak beberapa cara ini untuk mengatasi kondisi stress ketika bekerja.

Tujuan untuk menjaga kesehatan mental saat bekerja

Menurunnya produktivitas karyawan perlu dilihat juga apa kira-kira penyebabnya, sebab jika produktivitas karyawan menurun ini akan berdampak pada perusahaan. Perusahaan juga akan terlihat tidak profesional.

Jika karyawan mengalami stres saat bekerja, kemungkinan mereka untuk resign juga cukup tinggi, mereka jadi lebih sering ijin dengan berbagai macam alasan dan perusahaan juga memerlukan beberapa lama waktu untuk menemukan penggantinya.

Saat mencari karyawan yang baru tentu adanya waktu lebih dan biaya yang dikerluarkan ketika merektrut karyawan yang baru. Apalagi ketika sudah mendapatkan karyawan yang baru tetapi karyawan tersebut tidak cocok tentunya juga akan membuang-buang waktu yang dimiliki perusahaan.

Tips Menjaga Kesehatan Mental di Kantor

Demi terhindarnya karyawan-karyawan kamu dari dampak gangguan kesehatan mental, kamu dapat melihat beberapa cara ini yaitu.

  1. Terapkanlah pola makan yang sehat dan teratur, lakukan juga olahraga secara rutin.
  2. Miliki komunikasi yang baik dengan rekan kerja, atasan maupun bawahan.
  3. Sebisa mungkin miliki suasana kerja yang kondusif dan efisien.
  4. Hindari berita-berita negatif yang dapat menganggu kinerja kamu.
  5. Berusahalah mengambil hal positif dari setiap kegiatan yang dilakukan.
  6. Saling membantu dan manfaatkan saat makan siang untuk beristirahat sejenak.

Memang semua ini dapat terwujud jika manajemen perusahaan juga baik, maka diperlukan penyelesaian masalah dari akarnya agar lebih mudah untuk diperbaiki.

Yuk simak berita lainnya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *