Cara Membuat Gula Semut Aren Mudah

Hallo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai cara membuat gula semut aren berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

Gula aren sering juga disebut gula aren kristal, dan gula aren aren. Cara pembuatannya kurang lebih sama dengan pembuatan gula aren cetak, dengan menggunakan getah (getah) dari pohon enau (arengga pinnata). Setelah diuapkan untuk mengurangi kadar air, untuk sementara akhirnya menjadi pemanis organik seperti yang dikenal saat ini. Dalam pembuatan nya bisa menggunakan mesin gula semut.

Memulai Proses Penguapan Getah

Meski gula semut juga bisa dibuat dari gula cetak, gula aren kristal kualitas premium hanya didapat dari proses pengeringan nira. Karena kualitas gula semut dari nira jauh lebih baik, maka Arenga Indonesia menjadikannya nira pohon aren (arenga pinnata).

Getah segar yang baru saja diturunkan dari pohon dibawa ke dapur masak. Saat dituang ke dalam wajan, getahnya disaring menggunakan kain kasa bersih. Intinya adalah menghilangkan semua unsur yang dapat menurunkan kualitas gula. Unsur ini berupa ijuk atau potongan daun kering yang tidak sengaja tertiup angin ke lodong (penampung getah).

Setelah disaring menggunakan kain bersih, getah segar kini siap dipanaskan atau dimasak.

Ada 2 cara memasak dalam membuat gula semut tradisional dari getah ini. Yang pertama ada di kuali di atas kompor. Tetapi harus diaduk secara berkala dan manual. Artinya selama 3 jam pemasakan adonan jangan dibiarkan terlalu lama. Api juga harus dijaga. Karena jika pengadukan tidak cukup atau apinya terlalu tinggi, ada kemungkinan gula di dasar wajan akan gosong. Itu akan menurunkan kualitas.

Yang kedua adalah dengan menggunakan mesin. Sekarang sudah banyak yang menjual mesin pembuat gula semut. Dengan mesin tidak perlu mencampur secara manual dengan tangan. Sering disebut mesin kristalisasi gula semut gula.

Selama kurang lebih 3 jam secara perlahan kadar air pada getahnya berkurang. Setelah mendidih, api tidak boleh terlalu besar karena dapat membakar gula. Tapi tidak terlalu kecil agar gula tidak matang.

Gula Kental Sebelum Terjadi Kristalisasi

Gula cair sebelum menjadi gula semut

Proses pembuatan gula semut tradisional berakhir ketika cairan sari manis mulai mengental. Indikasinya jika dijatuhkan ke air terlihat seperti benang dan tidak putus. Sekarang kita bisa menyebutnya gula.

Saat Anda mencapai tahap ini, kuali dikeluarkan dari kompor. Cara membuat gula semut aren dilanjutkan dengan mendinginkan sirup kental ini kurang lebih 10 menit. Setelah itu terus diaduk hingga terbentuk butiran kristal gula semut. Pengadukan bisa dilakukan dengan tangan atau mesin.

Kelanjutan Proses Pembuatan Gula Semut Secara Tradisional

Saat Anda mencapai tahap ini, kuali dikeluarkan dari kompor. Cara membuat gula semut aren dilanjutkan dengan mendinginkan sirup kental ini kurang lebih 10 menit. Setelah itu terus diaduk hingga terbentuk butiran kristal gula semut. Pengadukan bisa dilakukan dengan tangan atau mesin.

Setelah mengkristal proses selanjutnya adalah pengeringan. Bisa dijemur atau melalui ovenisasi seperti di perusahaan Arenga Indonesia. Setelah selesai, kristal gula wangi akan terbentuk. Enak banget untuk minum kopi atau digunakan untuk membuat kue dan makanan lainnya

Sekali lagi yang perlu diperhatikan disini adalah nira untuk membuat gula semut haruslah nira nira yang berkualitas baik. Terlebih lagi, tanpa melibatkan bahan pengawet kimia sintetis, tentunya akan menjadi nilai plus-plusnya. Jika dibuat dari bahan baku yang baik dan dimasak dengan baik, dengan proses yang profesional dan canggih, itu akan definisi Seperti foto gula semut di atas, berderai, kuning kemerahan dengan aroma wangi seperti kue.

Nah itu dia sob sedikit penjelasan cara membuat gula semut aren yang dilakukan secara tradisional. Semoga bermanfaat.sekian terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *