Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning

Pada kesempatan kali ini saya mau mengulas tentang Rsesep Ikan Bakar Bumbu Kuning.

Ikan bakar adalah salah satu makanan yang populer di Tanah Air. Tak mengherankan, garis pantai kita yang panjang membuat bahan baku ikan sangat mudah didapat.

Ikan bakar termasuk masakan yang proses pengolahannya minim. Tetapi minim bukan berarti rasanya juga minimalis. Asalkan menggunakan ikan yang segar dan bumbu yang tepat, rasanya pasti nikmat. Rasa ikan sendiri sebenarnya sudah enak, jadi bumbu yang sederhana pun akan membawa rasa ikan jadi luar biasa.

Baiklah Kali ini kami akan memberikan beberapa aneka ragam resep ikan bakar. Bisa kalian coba sendiri dirumah oke..langsung saja simak dibawah

 Berikut resep ikan  bakar bumbu kuning

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning

Bosan dengan ikan bakar bumbu yang itu itu saja? Bagaimana jika kalian mencoba membuat ikan bakar dengan variasi bumbu agar rasanya lebih memikat dan istimewa. Salah satu rekomendasi yang wajib kalian coba sendiri adalah resep ikan bakar bumbu kuning. Bumbu yang digunakan lebih berbeda sehingga rasanya pun lebih lezat. Cocok untuk Anda sajikan bagi seluruh anggota keluarga tercinta. Tertarik? Simak resep yang kami sajikan berikut ini.

Siapkan Bahan-bahan!

Untuk membuat resep ini, ikan bakar bumbu kuning, siapkanlah bahan-bahan berikut ini:

  • Ikan baronang sebanyak kurang lebihnya 3 ekor, bersihkan dan kerat bagian sisiknya. Jika Anda tak berkenan, silahkan pilih jenis ikan lainnya sesuai selera Anda.
  • Air perasan jeruk lemon sebanyak 2 sendok teh.
  • Garam sebanyak 1 sendok teh.
  • Serai sebanyak 3 batang. Ambil bagian batang yang putih saja kemudian memarkan.
  • Daun jeruk limau sebanyak 5 lembar. Bersihkan dan kemudian buang bagian tulang daunnya.
  • Garam sebanyak 1 ¼ sendok teh.
  • Gula merah sebanyak 2 sendok teh
  • Santan sebanyak 250 mililiter dari ½ kelapa.
  • Air asam jawa sebanyak 1 ½ sendok makan.
  • Minyak sayur untuk menumis sebanyak 50 mililiter.

Siapkan bahan-Pertama, baluri ikan baronang dengbahan yang diperlukan dalam membuat bumbu kuning ikan bakar adalah:

  • Bawang merah sebanyak 10 butir.
  • Bawang putih sebanyak 3 siung.
  • Cabai merah keriting sebanyak 6 biji.
  • Jahe sebanyak 1 cm.
  • Kunyit sebanyak 3 cm, bakar.
  • Kemiri sebanyak 3 butir, sangrai.

Untuk pelengkap, siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Cabe rawit merah sebanyak 5 biji, iris serong,
  • Bawang merah yang telah digoreng, 3 sendok makan.
  • Daun kemangi sebanyak 6 tangkai.

 

Mari Membuat Ikan Bakar Bumbu Kuning :

  1. Pertama, taburi ikan baronangnya menggunakan air perasan jeruk lemon dan juga garam. Diamkan kurang lebih 15 menit agar lebih meresap.
  2. Tuangkan minyak di wajan dan kemudian tumislah bumbu halus bersama dengan daun serai dan juga daun jeruk purut. Aduk hingga wangi. Selanjutnya, masukkanlah garam dan juga gula merah yang telah diserut. Kembali aduk hingga merata.
  3. Selanjutnya, tuangkan santan ke dalam tumisan bumbu. Aduk hingga tumisan menjadi kental. Angkat dan sisihkan.
  4. Selanjutnya, balurkan semua permukaan ikan baronang dengan bumbu yang telah ditumis. Campurkan juga dengan asam jawa. Diamkan kurang lebih 30 menit agar lebih menyatu.
  5. Setelah itu, siapkan tungku pembakaran dan mulailah membakar ikan baronang hingga matang.
  6. Sajikan bersama dengan bahan-bahan pelengkap. Ikan bakar bumbu kuningnya bisa kalian nikmati . Selamat mencoba ya! 

    Dilihat dari kandungan gizi pada ikan, gimana nih tanggepan kalian tentang ikan? kalian tau nggak sih bahwa sebenarnya ikan tuh lebih baik di konsumsi sehari – hari daripada daging ayam, hanya saja masih banyak orang awam yang belum tau bahkan ada juga yang ngga suka ikan , padahal tuh banyak banget manfaat ikan yang bermanfaat buat tubuh kita.

    Ikan juga banyak di temukan di indonesia lho, apalagi kalian pasti tau kan kalo Indoesia itu negara maritim, pasti banyak beragam jenis ikan lainnya yang pastinya memiliki banyak khasiat, aku jamin pasti di pasar  pasar indonesia selalu ada ikan yang so pasti bisa diolah sesuka hati apalagi diolah menggunakan teknik dibakar menggunakan resep bumbu ikan bakar yang ada di website ini. Selain itu, bahan ikan juga bisa diolah menjadi nuget, dan bisa tahan lama jika disimpan menggunakan vacuum sealer alat press plastik kedap udara.

Nah itu dia penjelasan tentang cara membuat ikan bakar bumbu kuning mudah kan ,coba kalian buat di rumah.Sekian dari saya bila ada kurang dan lebihnya mohon maaf.Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *