Cara Membuat Keripik Bawang Tanpa Telur

Pada kesempatan kali saya mau mengulas tentang cara membuat keripik bawang tanpa telur.Kini keripik bawang menjadi tren makanan kekinian yang banyak digandrungi oleh masyarakat.

Manfaat Bawang Putih

1.Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan adalah dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal ini dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry yang telah dibuktikan oleh penelitian.

2.Menjaga Kesehatan Jantung

Penderita diabetes dari kardiomiopati dapat dilindungi dengan manfaat bawang putih (penyakit kronis pada otot jantung). Fakta ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

3.Mencegah Flu

Konsumsi bawang putih secara teratur dapat mengurangi dan mencegah influenza.

4.Menurunkan risiko osteoartritis

Manfaat bawang putih lainnya adalah pencegahan osteoartritis. Di King’s College London dan University of East Anglia telah melakukan studi tentang subjek tersebut

.5.Mengurangi Resiko Kanker Paru

Makan bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu dapat menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 44 persen.

6.Mencegah Alzheimer dan Demensia

Salah satu khasiat bawang putih adalah mengurangi risiko berbagai penyakit. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan pada bawang putih. Kandungan ini bisa membantu melawan radikal bebas.

7.Memberikan Efek Detoksifikasi

Manfaat bawang putih untuk efek detoksifikasi berasal dari kandungan sulfur dalam bawang putih. Dalam dosis tinggi, kandungan ini menunjukkan efek perlindungan atau perlindungan organ tubuh dari racun logam yang mungkin ada di dalam tubuh.

8.Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sebuah penelitian telah menggunakan ekstrak bawang putih kering pada wanita yang mengalami menopause. Hasil penelitian menunjukkan penurunan defisiensi estrogen yang dapat memicu terjadinya osteoporosis pada seseorang.

9.Pencegahan Kerusakan Hati

Kerusakan hati sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti minum alkohol dalam jangka waktu lama. Namun, hal ini bisa dicegah jika Anda mengawetkan khasiat bawang putih.

10.Mencegah Kelahiran Prematur

Penyebab seringnya kelahiran prematur adalah infeksi selama kehamilan. Bawang putih memiliki efek antimikroba untuk membantu mencegah infeksi atau mengurangi risiko kelahiran prematur.

Manfaat Bawang Merah

1.Pengobatan Maag

Mengkonsumsi bawang merah bisa menjadi obat maag secara alami. Bawang merah hanya dibersihkan dan dimakan mentah. Selain itu, Anda bisa mencampurkannya dengan makanan lain seperti kecap agar tidak berbau menyengat.

2.Turunkan Demam Anda

Manfaat bawang merah untuk bayi mungkin bisa untuk menurunkan demam. Campurkan parutan bawang bombay dengan minyak kelapa dan sedikit asam lalu oleskan secara merata ke tubuh terutama punggung dan perut, agar bisa menghangatkan badan.

3.Nafas Tanpa Gesekan

Lendir yang ada di tenggorokan dan bisa menyumbat saluran udara bisa diatasi dengan mengonsumsi bawang merah. Cukup makan bawang merah mentah atau acar untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan pernapasan.

4.Mengatasi Pilek

Selain untuk pernafasan, bawang merah juga bisa menjadi obat masuk angin. Cukup potong umbi bawang bombay dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian oleskan ramuan tersebut pada area punggung hingga kulit berubah menjadi merah.

5.Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol berlebih tidak baik untuk tubuh manusia. Namun, makan bawang bombay dapat menurunkan kadar kolesterol karena memfasilitasi mobilisasi dan menghindari hambatan penumpukan.

6.Mengobati Luka

Umbi bawang merah dapat digunakan untuk mengobati luka pada tubuh. Caranya cukup dengan memotong umbi bawang bombay menjadi irisan-irisan lalu campurkan dengan minyak kelapa dan garam. Didihkan semua bahan. Kemudian biarkan campuran menjadi dingin dan oleskan secara teratur ke luka setidaknya tiga kali sehari. Dengan cara ini, luka di tubuh cepat kering luar dan dalam.

Manfaat Lain:

7.Menormalkan Kadar Gula Darah

Bawang bombay dapat meningkatkan kadar insulin dan membantu proses glikolisis pada penderita diabetes, yang menyebabkan penurunan kadar gula darah. Makanya, mengkonsumsi bawang merah bisa menambah dan menormalkan gula dalam tubuh.

8.Mata Ikan

Manfaat bawang merah mentah untuk mata ikan bisa didapatkan dengan mengoleskan potongan bawang merah pada area mata ikan. Lakukan ini dari sore hingga pagi, setelah itu Anda membasuh kaki dengan sabun hangat dan air.

9.Meningkatkan Kesehatan Otak

Bawang bombay mengandung asam folat yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, kandungan lain dalam bawang merah seperti zat besi dan pyrithione juga meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.

10.Meningkatkan Stamina Pria

Khasiat bawang merah jantan bisa menambah stamina. Pasalnya, kandungan fitokimia dalam bawang merah dapat merangsang vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membantu mencegah penyakit pada tubuh.

11.Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan. Makan bawang bombay bisa mengurangi risiko ini karena adanya quercetin yang bisa menurunkan tekanan darah.

12.Meningkatkan Imunitas

Kekebalan dari mengonsumsi bawang merah dapat memperkuat dan mencegah berbagai penyakit seperti flu, demam, dan bronkitis. Triknya adalah dengan menambahkan bawang merah pada makanan yang Anda makan.

Resep Keripik Bawang Tanpa Telur

Bahan – bahan:

  • 500 gr tepung terigu protein sedang atau serba guna
  • 125 gr tepung tapioka atau kanji
  • 50 gr margarin kita cairkan.timbang.lalu cairkan
  • 2 batang daun seledri tanpa batang,iris halus
  • 2 batang daun bawang tanpa batang,iris halus
  • 4 siung bawang putih,haluskan
  • 6 butir bawang merah,haluskan
  • 2 sdt garam halus
  • 1 sdt kaldu jamur bubuk atau kaldu ayam (penyedap)
  • 240 ml air bersih atau sekitar 220 ml jika menggunakan telur 1
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Bawang Tanpa Telur:

  1. Masukkan semua bahan kecuali air ke dalam wadah besar dan tambahkan sedikit demi sedikit. Aduk dan uleni hingga adonan menyatu. Konsistensi adonan tidak terlalu lembek.
  2. Ambil adonan kecil dan ratakan dengan penggilas adonan hingga mendapatkan ketipisan yang kita inginkan. Letakkan adonan dengan plastik agar tidak lengket. Taburkan juga tepung di atasnya agar tidak lengket. Kemudian potong sesuai selera. Taruh dalam wadah yang ditaburi tepung.
  3. Goreng dengan minyak panas, periksa dulu minyaknya panas, tuang 1 adonan, kalau langsung mengapung bisa di goreng. Di awal goreng dengan api besar, setelah 2 menit kecilkan api. Goreng sampai berwarna keemasan. Angkat, tiriskan, dan kikis di atas nampan yang dilapisi dengan gulungan dapur atau kertas roti.
  4. Kemas dalam wadah kedap udara jika sudah dingin.

Tips:

  • jangan terlalu tebal saat memipihkan agar renyah.kalo tebal nanti jadi ngeprul kayak kukis.
  • Jangan menggunakan butter ya,nanti jadi ga krispy. Pake margarin saja yang dilelehin tapi tunggu dingin baru gunakan.
  • Gunakan minyak panas untuk menggoreng agar menggembung, jangan goreng sekaligus biar matang merata.
  • Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawangkarena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan terutama bagi penjual sambal bawang.

Nah itu dia cara membuat keripik bawang tanpa telur,yang mudah di buat dirumah.sekian dari saya bila ada kurang dan lebihnya saya mohon maaf.Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *