Cara Membuat Plastik Kemasan Ramah Lingkungan

Pada artikel kali ini saya akan share cara membuat plastik kemasan mudah dari bahan alami sehingga mudah untuk terurai tanah. Kamu pasti mikir kalo  plastik selalu dibuat dari minyak bumi kan… Tapi maaf anggapanmu salah, nyatanya plastik juga bisa dibuat dari bahan dasar seperti singkong, jagung, dan pisang.

Plastik yang terbuat dari bahan organik seperti singkong, jagung, dan pisang biasa dikenal dengan bioplastik. Meskipun terbuat dari bahan organik, nyatanya kekuatan dan daya tahannya hampir menyamai plastik biasa dan yang terpenting mudah untuk diurai tanah.

Jadi Apa Sih Bioplastik itu?

Bioplastik merupakan plastik atau polimer yang secara natural dapat dengan mudah terdegradasi maupun hancur dengan sendirinya baik melalui mikroorganisme maupun oleh cuaca (kelembaban dan radiasi sinar matahari). Bioplastik berasal dari sumber biomassa seperti amilum jagung, minyak nabati, klobot jagung, amilum ercis dan mikroba.

Plastik secara umumnya berbahan dasar dari minyak bumi. Plastik ini cenderung mengandalkan bahan bakar fosil yang terbatas dan menghasilkan efek gas rumah kaca. Jadi alternatif bioplastik membuat plastik lebih mudah terurai oleh tanah dan dirancang khusus untuk memecah baik di lingkungan anerobik maupun aerobik.

Ada beberapa jenis bioplastik yang dibuat dari bahan alami, seperti pati, selulosa, ataupun biopolimer lainnya. Beberapa aplikasi umum bioplastik yaitu bahan kemasan, peralatan makan, makanan kemasan, dan juga isolasi.

Kelebihan dan Kekurangan Dari Bioplastik

Setiap hal pasti mempunyai kelebihan dan juga kekurangan sama halnya dengan bioplastik. Jadi ada beberapa manfaat yang didapatkan jika menggunakan bioplastik dan ada juga beberapa kerugian jika memakai bioplastik ini. Berikut penjelasannya.

Manfaat bioplastik bagi lingkungan disekitar

Kandungan utama yang terdapat pada bioplastik membantu mengurangi jumlah produksi karbondioksida dan biodegradable serta mengurangi jumlah limbah yang dikirim ke tempat pembuangan akhir. Bioplastik yang terbuat dari biomassa adalah sumber daya yang seluruhnya dapat terbarukan.

Dengan menggunakan sumber daya terbarukan maka alih alih memproduksi minyak  bumi, bioplastik dapat membantu mengurangi ketergantungan pada minyak bumi. Selain itu, bioplastik juga berkontribusi untuk menghindari masalah penghancuran spesies plankton dan fitoplankton serta pembuangan limbah berbahaya seperti bisphenol A dan styrene.

Kedua bahan ini (bishpenol A dan styrene) sangat dihindari pada bioplastik manufaktur karena sangat berbahaya bagi lingkungan hidup.

Kelemahan dari bioplastik

Dalam memproduksi bioplastik, limbah nabati yang digunakan harus dipertimbangkan kembali secara matang. Karena dalam pembuatannya, bioplastik membutuhkan limbah nabati yang tergolong banyak.

Oleh karenanya, selain memakai limbah nabati, dapat digunakan tanaman yang sudah termodifikasi secara genetika untuk dikhususkan memperoleh bioplastik. Biasanya bioplastik tidak dapat didaur ulang, namun dirancang khusus untuk dibuat bahan kompos bagi tanaman.

Cara Membuat Plastik dari Singkong yang Mudah Serta Ramah Untuk Lingkungan

Salah satu bioplastik ada yang terbuat dari bahan dasar singkong seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Bioplastik yang terbuat dari singkong ini sukses dengan fungsi yang bekerja dengan baik. Berikut  ini beberapa bioplastik yang terbuat dari singkong.

1. Bioplastik Avani Eco

Produk bioplastik ini bermula ketika Avani Eco merasa frustasi ketika melihat banyaknya sampah ketika berselancar dan menyelam di pulau Bali. Oleh sebab itu, ia berinovasi membuat plastik yang mudah  terurai hanya dengan waktu 180 hari dan sudah dapat dijadikan kompos.

Jadi, ia membuat industri berbasis sains dengan menciptakan plastik sekali pakai dengan 100% bahan organik yang mudah terurai. Produk ini dituju dan  difungsikan untuk mengganti plastik umum petroleum menjadi plastik yang berbahan alami dan mudah terurai.

Setelah tiga tahun penuh lamanya melakukan riset. Kevin Permana Kumalaputra ini bersama timnya akhirnya menemukan cara efektif memproduksi kantong plastik organik dan mendirikan startup secara  resmi pada 2014 tahun lalu.

Tujuan dari Avani Evo ini adalah membuat  kantong plastik yang dapat terurai mudah secara alami dan dengan menggunakan bahan bahan yang dapat diperbarui (bahan organik) serta aman bagi lingkungan. Bioplastik  yang dibuat ini hanya memakan waktu 90 hari saja untuk melebur dan menjadi kompos bagi tumbuhan.

2. Bioplastik TELO BAG

Telobag merupakan produk utama dari PT Mogallana Plastic. TELOBAG berasal  dari dua kata yaitu telo dan bag, dimana telo yaitu ketela pohon (singkong), yang menjadi rujukan utama kantong plastik organik ini. Alasan memilih singkong tidak lain adalah karena bahannya yang murah dan mudah dijumpai.

Kantong plastik telobag ini menggunakan bahan baku yang alami dan mengedepankan proses produksi yang ramah akan lingkungan. Bioplastik ini dapat digunakan lebih dari sekali sampai plastik ini benar benar rusak dan pada akhirnya akan digunakan sebagai kompos.

Masa hancur telobag ini tergolong cepat karena hanya butuh waktu 2-6 bulan untuk benar benar hancur seluruhnya. Dalam pengancurannnya dibutuhkan bantuan mikro-organisme dan makro-organisme dalam kondisi yang alami di alam bebas.

Cara Membuat Plastik  Dari Limbah Jagung

cara membuat plastik dari klobot jagung

 

Selain singkong, jagung bisa diolah menjadi bioplastik. Bagian pada jagung lebih tepatnya pada klobot atau kulit jagug. Caranya adalah dengan dicampurkan dengan biji plastik unutk dijadikan bioplastik.

Ide ini berasal dari salah satu mahasiswa IPB bernama Ena Septi Wahyuni. Ia mengatakan bahwa “limbah jagung ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan membuat plastik atau plastik ramah lingkungan.” Pendapat  ini ia katakan dalam acara “coffe morning” IPB ditemani dengan forum wartwan harian Bogor.

Cara membuat bioplastik dari klobot jagung ini dilakukan dengan cara mencampurkan bagian biji plastik dengan pati umbi umbian untuk bioplastik. Klobot jagung dipilih sebab kandungan seratnya yang tinggi seperti pada ubi (singkong). Alasan lain dari penggunaan klobot jagung sebagai bahan pembuatan bioplastik karena tingginya limbah jagung di Indonesia.

Selain itu, oleh masyarakat Indonesia klobot jagung  sering digunakan untuk pakan ternak, pembungkus makanan tradisional, dan kerajinan tangan. Akan tetapi terlepas dari itu, klobot jagung  memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi berkisar 38% sampai 50%.

Penutup

Demikianlah artikel dari saya tentang cara membuat plastik. Plastik yang dihasilkan dari bahan organik sering disebut dengan bioplastik. Selain digunakan sebagai campuran bioplastik, cara mengolah plastik lainnya adalah dengan cara didaur ulang dengan mesin pencacah plastik.

Tak lepas dari mendaur ulang, limbah plastik juga bisa dibuat menjadi kerajinan dari limbah plastik. Selain bermanfaat dan memiliki nilai jual yang pasti, kerajinan plastik juga membantu mengurangi limbah plastik yang ada disekitar kita.

Saya cukupkan disini semoga artikel ini bermanfaat dan mari kita bersama sama kurangi sampah  plastik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *