Cara Untuk Menginstall Windows 10 Pada Laptop Baru

Banyak orang yang memiliki laptop namun tak sedikit yang tahu bagaimana untuk memasang sistem operasinya. Memang ada beberapa laptop yang baru di beli sudah terpasang OSnya namun tak sedikit yang masih kosongan.

Agar bisa di gunakan sebagaimana mestinya, harus ada yang namanya OS. OS paling banyak di gunakan adalah windows. Sekarang ini generasi windows paling terbaru adalah windows 10. Generasi ini di yakini jadi yang terakhir karena bila ingin meningkatkan kinerja cukup dengan melakukan update terbaru.

Windows 10

Lalu bagaimana caranya kita dalam menginstall windows 10 pada laptop yang masih baru atau gress. Di bawah ini ada panduan, yang mana ini di kutip dari website andra7208computer begini ulasannya.

Sebenarnya hampir sama kog cara install windows barunya dilaptop dengan yang lama hanya saja ada beberapa yang harus di perhatikan lebih.

#1. Tentukan Pilihan Bit
Hal pertama yang perlu di perhatikan dalam menginstall windows adalah tentukan dulu OSnya mau pilih bit brp?? Ada 2 pilihan yakni 32 atau 64 bit. Yang mana memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

#2. Media Untuk Install
Media yang bisa di gunakan untuk menyimpan sistem yang nantinya nanti di gunakan untuk menginstall sistem yang ada. Media yang biasa di pakai adalah DVD, CD, Flashdisk.

#3. Atur Boot Prioritasnya
Hal yang harus di lakukan selanjutnya adalah dengan mengatur pemilihan untuk booting. Pilihan booting sendiri bisa memilih DVD atau flashdisk. 
Proses perubahannya si tidak terllau susah. Yang pasti harus masuk ke dalam bios terlebih dahulu. Untuk masuk ke bios tiap laptop ini beda – beda.

Salah duanya dengan menekan tombol Fn + F2 secara bersamaan atau tekan tombol Esc secara terus menerus. Penekanan tombol ini dilakukan saat laptop baru nyala.
Kalau sudah masuk ke dalam biosnya, maka pilih ke bagian Boot kemudian pilih Boot Option lalu atur device apa yang akan di pakai nantinya.

Lalu simpan / save sebelum keluar.
Untuk selanjutnya setelah restart tekan sembarang tombol yang ada. Dan ikuti saja instruksi yang terlihat.

#4. Proses Install
Kalau proses install OS sudah selesai maka hal yang harus di lakukan adalah melakukan setting baik bahasa, lokasi, format tanggal, hingga keyboardnya.

#5. Lisensi
Untuk selanjutnya proses pasang lisensi windows 10 harus di kerjakan saat itu juga. Karena bila tidak maka hanya di gunakan beberapa hari saja setelah itu sistem akan terkunci. Bila ingin melakukan aktivasi windows 10 maka yang perlu di kerjakan adalah dengan memberi ceklist di bagian I accept the license terms kemudian tinggal pencet tombol next saja.

#6. Partisi hard disk
Untuk menginstall sebuah sistem harus ada sebuah partisi. Partisi ini bisa di katakan sebagai membagi ruang penyimpanan menjadi beberapa drive. Ada C, D dan lainnya. Umumnya sistem dipasang pada drive C dan program atau datanya di simpan pada drive selain c.

Ini juga sangat penting di lakukan agar bila secara tiba – tiba sistem mengalami masalah maka drive D atau lainnya tidak akan hilang data – datanya.

#7. Proses instalasi OS
Kalau sudah selesai bagi partisi, maka jalankan terus sistem yang ada hingga selesai. Ikui saja petunjuknya.

#8. Restart Laptop
Kalau proses penginstalan OS sudah selesai maka secara sendiri laptop akan melakukan restart. Bila sudah nyala kembali jangan tekan – tekan tombol keyboard yang ada, karena bila ditekan akan menginstall ulang lagi. Sehingga diamkan saja hingga masuk ke windows sendiri.

#9. Pangaturan Akun
Selanjutnya yang harus di lakukan adalah dengan mengatur akun pada windows 10nya. Di bagian ini anda dapat mengisi pasword login. Dan bisa juga memberi nama laptopnya sesuka sukanya. Setelah itu klik Next.

#10. Beres
Kalau sudah selesai, maka akan menemukan halaman depan dari windpws 10 yang menarik tampilannya itu. Hal yang harus di lakukan setelah ini adalah dengan menginstal program yang di perlukan mulai dari antivirus, microsoft office dll sesuai kebutuhan agar bisa di gunakan sebagaimana mestinya.

Bagi yang berada di lokasi depok dan sekitarnya bila anda mengalami hal seperti ini maka bisa mencari service laptop di depok yang akan membantu proses penginstalan windows 10 pada laptop anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *