Cara Membuat Cocofiber

Hai kawan kawan, artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat cocofiber, nah jadi bagi kalian yang tertarik untuk membuat cocofiber yuk simak sampai selesai.

Sabut Kelapa

cara membuat cocofiber

Sabut kelapa atau sering disebut dengan cocofiber, coir yarn, coir fiber, rugs, dan coir mats merupakan produk dari pengolahan sabut kelapa. Umumnya sabut kelapa dibuat menjadi produk seperti sapu, keset, dan tali, padahal sabut kelapa bisa dibuat menjadi berbagai macam produk yang menarik.

Setelah perkembangan teknologi dan kecerdasan pengrajin, kini mereka dapat mengolah sabut kelapa menjadi bahan baku industri karpet, jok dan dashboard mobil, matras, bantal dan hardboard. Co-fiber juga dapat digunakan untuk mengatasi erosi.

Bahan yang didapat dari hasil sampingan dari pertanian ini yaitu sabut kelapa. Komposisi sabut dalam buah kelapa adalah sekitar 35% dari total berat buah kelapa. Sabut kelapa mengandung serat dan gabus atau serat dan pitch, yang digunakan untuk menghubungkan serat lainnya.

Sabut kelapa berpeluang besar sebagai bioserben, hal ini karena sabut kelapa mengandung selulosa yang berfungsi sebagai zat yang dapat digunakan untuk mengikat logam.

Bahan-bahan tersebut adalah bahan baku industri tenun, pot bunga, kompos kering, dll. Jika hanya fokus mengolah kelapa menjadi ampas buah, semakin tinggi harga kelapa, masih merupakan pendapatan yang sangat rendah bagi petani untuk hidup layak.

Bahan baku yang optimal:

bahan basah
Bahan kelapa segar
Tidak berpori
Minyak kelapa, minyak kelapa, atau susu

Pembuatan Cocofiber:

Sabut dalam kondisi basah.
Kemudian bungkus mesin analisis, sampai sabut kelapa dan coco peat terpisah.
Pisahkan sabut kelapa dari sabut kelapa.
Setelah itu, jemur sabut kelapa selama kurang lebih 30 menit dan ulangi langkah tersebut hingga merata.
Kemudian bentuk sabut kelapa menjadi bola-bola.
Setelah itu, simpan cccofiber di tempat yang kering atau tutup dengan kayu.
Cocofiber siap ekspor.

Manfaat serat kelapa

Setelah menggunakan kelapa dan air, sabut kelapa biasanya akan dibuang, tetapi orang yang mengetahui manfaat sabut kelapa pasti akan memanfaatkannya dengan baik.

Saat ini, tempurung kelapa sedang booming untuk digunakan untuk bercocok tanam dan pupuk. Banyak sekali manfaatnya, antara lain:

# 1 bahan bakar

Sabut kelapa sangat mudah terbakar, oleh karena itu sering digunakan sebagai bahan bakar.

Jika Anda melihat orang-orang di dalam atau menonton video kehidupan orang zaman dahulu, Anda pasti akan melihat bahwa mereka masih menggunakan tungku tradisional yang menggunakan sabut kelapa untuk bahan bakarnya.

Ternyata dalam industri keramik dan genteng pun penggunaan sabut kelapa sebagai bahan bakar masih tetap digunakan.

#2 Dasar-Dasar Kerajinan

Ada banyak produk kerajinan yang bisa dihasilkan dari sabut kelapa seperti tas, pot, domper dll. Untuk orang yang kreatif batok kelapa bisa menjadi berbagai produk berguna dan berharga.

Jadi produk dari sabut kelapa ini bisa dijual pada pasar luar negri dengan harga yang tinggi dan bahkan dengan harga yang tinggi orang luar pasti sangat tertarik dengan produk kerajinan berbahan sabut kelapa ini.

#3 netralisasi bau air dan semen

Sabut dari kelapa dapat menetralisir bau semen atau mengurangi baunya, nah seperti yang diketahui bahwasanya jika air yang akan dimasukan ikan memiliki bau semen ikan akan mati.

Jadi nantinya sebelum ikan dimasukan ke dalam kolam, masukan sabut kelapa ke dalam kolam sebelum ikan agar bau semen hilang.

#4 Pembuatan pupuk organik

Pupuk organik sabut kelapa memiliki daya serap air dan menahannya lebih baik dari pada pupuk lainnya. Oleh karena itu pupuk organik sabut kelapa lebih unggul bagi tempat yang curah hujan pada daerahnya minim, atau daerah yang sering kekeringan air.

Selain itu, sabut kelapa juga memiliki nutrisi dan mineral yang sangat berguna bagi pertumbuhan tanaman atau bunga, yang membuatnya sangat pas digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk organik.

Sabut Kelapa Untuk Sebagai Peluang Bisnis

Setelah kalian tahu manfaat yang dihasilkan dari sabut kelapa, kalian bisa memanfaatkan manfaat tersebut menjadi peluang bisnis bukan?.

Jika Anda benar-benar tertarik untuk menjadikan sabut kelapa sebagai bisnis Anda, pelajarilah dengan baik agar Anda dapat mempersiapkan bisnis Anda dengan baik.

#1 Sabut Kelapa (Cocofiber)

Sabut kelapa atau dalam perdagangan dunia biasa disebut Coco Fiber, Coir fiber, coir yarn, coir mats dan rugs, adalah produk olahan.

Seperti kebanyakan produk sabut kelapa biasanya, sabut digunakan sebagai bahan dasar keset, tali, ataupun sapu.

Sabut kelapa dijual di pasaran dengan harga sekitar 10.000 per kilogram. Bisa dibayangkan, dengan harga segitu, bisa dijadikan peluang bisnis yang bagus.

Dengan perkembangan teknologi yang melanda dunia, sehingga sabut kelapa sekarang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk membuat banyak produk lainnya seperti kursi jok, matras, kasur dan masih banyak lainnya.

Serat ini juga digunakan untuk pengendalian erosi. Serat tersebut diolah menjadi Coir Fibre Sheet yang digunakan untuk melapisi jok mobil, Spring Bed dan lain-lain.

#2 Bubuk sabut kelapa (Cocofibra)

Cocopeat adalah hasil dari sabut kelapa yang telah dihaluskan secara menyeluruh dan biasanya disebut cocopith. Gambut kelapa merupakan sebuah media tanam yang dibuat dari sabut kelapa.

Sekarang ini sedang booming di era pandemi. Dimana tanamannya merajalela, coco peat ini banyak dicari orang. Harga yang tertera di pasaran untuk harga coco peat ini berkisar antara Rp. 5.000 sampai Rp. 8.000.

Gambut kelapa dapat membantu tanah dalam menetralkan asam yang ada pada tanah sehingga menjadi netral. Karena sifatnya, coco peat dapat digunakan sebagai media yang baik untuk menanam tanaman hortikultura dan substrat tanaman rumah kaca.

#3 Bubuk Kelapa Padat (Bata Kelapa)

Batu bata gambut adalah lubang yang dipadatkan dengan ukuran yang nyaman untuk rumah kaca, tanaman pot lapangan golf, lanskap, dan untuk pengendalian erosi.

Bata gambut kelapa selain ramah lingkungan juga telah diuji secara ekstensif sebagai media tumbuh tanaman.

# 4 Cocomesh

Cocomesh adalah jaring yang terbuat dari sabut kelapa. Biasanya ukuran net bola voli atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan medan.

Penggunaan Cocomesh telah terbukti efektif dalam mencegah tanah longsor atau banjir. Cocomesh biasanya juga digunakan sebagai media tanam dan sangat cocok jika digunakan untuk reklamasi pantai.

Baiklah kawan artikel cara membuat cocofiber saya akhiri sampai sini dulu, nah bagi kalian yang ingin mencoba membuat cocofiber sendiri bisa membeli bahan bahannya dengan kualitas yang bagus dan murah ya.

Atau kalian bisa membeli lansung hasil akhir dari produk sabut kelapa kok tanpa susah susah membuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *