Resep Udang Bakar Saus Madu yang Enak dan Simpel

Hallo semua,gimana kabar kalian?semoga sehat selalu ya,pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara resep udang bakar saus madu yang enak dan simpel.

Udang

Resep Udang Bakar Saus Madu

Baca juga : Cara Masak Udang Bakar Madu Yang Enak dan Gurih

Udang merupakan salah satu bahan baku ekspor nonmigas yang memegang peranan sangat penting. Selain harganya yang tinggi, udang juga memiliki pasar yang luas di berbagai negara. Salah satu negara pengimpor udang Indonesia adalah Jepang.

Dari tahun ke tahun permintaan udang Indonesia dari Jepang semakin meningkat. Hal ini sangat menguntungkan karena tidak hanya meningkatkan devisa negara, tetapi juga meningkatkan pendapatan pembudidaya ikan dan mendorong upaya pengembangan produksi udang.

Pada tahun 1980, ekspor udang Indonesia turun karena Keputusan Presiden No. 39 Tahun 1980 yang melarang penggunaan pukat-hela (HMPUNAN ALL INDONESIAN NELAYAN’S COMPANY 1983).

Sejak awal Pelita IV, pemerintah telah mengambil langkah untuk meningkatkan produksi udang dengan memanfaatkan wilayah pesisir untuk budidaya.

Perikanan, khususnya budidaya udang. SHIGUENO (1974) mengatakan bahwa berkat penelitian FUJINAGA pada tahun 1933, Jepang dapat dianggap sebagai negara pertama yang memperkenalkan budidaya udang.

Hasil penelitian FUJINAGA tidak dipublikasikan sampai tahun 1942, kemudian budidaya udang dilakukan oleh negara lain termasuk Indonesia.

Di Indonesia, budidaya udang dimulai di tambak pada tahun 1962, di Jeneponto (Sulawesi Selatan), dan baru pada tahun 1972 budidaya udang dimulai di pulau Jawa.

Usaha budidaya petani tambak masih bersifat tradisional yaitu hanya bergantung pada pasang surut air laut. Bahkan setelah beberapa tahun, jenis budidaya ini tidak menggantikan jenis pertama, seperti yang dijelaskan oleh REMUS (dalam WICKINS 1976), yaitu metode budidaya dengan hasil 0 – 1000 kg / ha / tahun. Hasil 500 kg / ha / tahun seperti

Pusat Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Laut, Pusat Penelitian dan Pengembangan Oseanologi – LIPI, Jakarta. Balai Penelitian Biologi Kelautan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Oseanologi.

Manfaat Udang

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Antioksidan utama yang ditemukan dalam udang adalah karotenoid yang disebut astaxanthin. Kandungan tersebut dipercaya dapat meningkatkan kesehatan otak dan jantung.

Saat Anda mengonsumsi astaxanthin, Anda dapat melindungi diri dari peradangan dan efek samping radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

2. Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Makanan laut ini tinggi zat besi, sehingga dapat membantu mengikat oksigen dalam hemoglobin. Fungsi ini secara langsung dapat membantu menyalurkan oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh termasuk otak.

Fungsi otak dapat meningkat ketika kebutuhan oksigen terpenuhi dengan baik, termasuk mengoptimalkan kemampuan seseorang untuk memahami dan fokus.

3. Hindari Osteoporosis

Udang memiliki beragam mineral yang dibutuhkan tubuh, mulai dari fosfor, kalsium hingga kalium.

Kandungan kalsium dan fosfornya sendiri berfungsi untuk menghindari penurunan kualitas, massa dan kekuatan tulang. Hilangnya kualitas tulang sendiri merupakan gejala awal dari osteoporosis.

4. Hindari Anemia

Hewan laut ini berperan penting dalam mencegah anemia pada tubuh. Kandungan zat besi dan vitamin B12 dalam udang dapat membantu membuat sel darah merah.

Dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi dan ditambah dengan vitamin yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah, Anda tidak perlu khawatir terkena anemia.

5. Hindari Gondongan dan Infertilitas

Yodium yang terdapat dalam udang berperan penting dalam menyehatkan tubuh.

Zat ini hanya dapat dicerna melalui makanan, tubuh sangat membutuhkan asupan yodium yang cukup untuk mendukung kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon.

Jika Anda mengonsumsi terlalu sedikit yodium, ada risiko gondok dan infertilitas. Bahkan bisa memicu penyakit kronis lainnya.

Dengan mengonsumsi udang secara teratur dan dalam jumlah yang tepat, Anda dapat memenuhi kebutuhan yodium dengan baik.

Efek samping udang

1. Keracunan makanan

Dampak negatif pertama dari makan udang secara berlebihan adalah dapat menyebabkan keracunan makanan. Ini bisa terjadi jika Anda tidak memasak atau memasak udang dengan benar. Udang yang masih kotor atau mentah dapat mengandung bakteri penyebab keracunan makanan.

Seseorang yang mengalami keracunan makanan setelah makan udang biasanya akan mengalami beberapa gejala termasuk mual, muntah, sakit kepala, dan diare. Namun, karena gejala biasanya tidak langsung muncul setelah mengonsumsi makanan, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengalami keracunan makanan.

Resep Udang Bakar Saus Madu

Bahan Resep Udang Bakar Saus Madu :

  • 3/4 kg udang galah, bersihkan
  • Secukupnya air lemon
  • 2 sdm Palmia Royal
  • 4-5 sdm saus tomat
  • 2 sdm madu
  • 3 sdm kecap manis

Cara Membuat Resep Udang Bakar Saus Madu :

  1. Lumuri udang dengan air lemon.
  2. Lelehkan Palmia Royal
  3. Campurkan semua saus, tambahkan Palmia Royal yang telah dilelehkan
  4. Tuang saus ke dalam wadah udang.
  5. Marinasi minimal 30 menit.(Saya semalaman)
  6. Bakar udang,hingga matang, dengan sesekali diberi olesan saus.
  7. Sajikan

Nah itulah resep udang bakar saus madu yang enak dan simpel.Cukup mudah untuk dibuat dirumah,bahan-bahannya juga gampang didapatkan dipasar atau disupermarket serta terjamin kesehatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *