Cara Membuat Sate Taichan Goreng Yang Enak dan Gurih

Hallo semua,gimana kabar kalian?semoga sehat selalu ya.Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat sate taichan goreng yang enak dan gurih.

Sate Taichan

Cara Membuat Sate Taichan Goreng

Sate taichan adalah sebuah varian sate yang berisi daging ayam yang dibakar tanpa baluran bumbu kacang atau kecap seperti sate pada umumnya.

Sate ini hanya disajikan dengan sambal dan perasan jeruk nipis, sementara daging sate untuk sate taichan lazimnya berwarna putih polos dan hanya dibumbui garam, jeruk nipis, dan sedikit cabai. Sate ini dijual pada malam hari, lazimnya sate-sate pada umumnya.

Ada beberapa versi asal mula kemunculan Sate Taichan, meski kebenarannya belum bisa dipastikan. Awalnya ada sepasang muda-mudi (laki-laki dari Jepang dan perempuan dari Indonesia) yang ingin membeli sate sekitar tahun 2012 di kawasan Senayan, Jakarta.

Orang Jepang itu mengaku tidak suka bumbu kacang Madura yang digunakan sebagai bumbu sate di warung. Makan itu. Ia pun berinisiatif untuk membakar ayam mentah yang sudah ditusuk dengan garam dan jeruk nipis tanpa kecap dan sambal.

Setelah matang, dia meminta sambal kepada penjual untuk menemani satenya. Ketika penjual sate menanyakan jenis sate apa yang dia bakar, orang Jepang hanya menjawab “sate taichan” tanpa mengetahui alasan pemilihan nama tersebut.

Versi lain dari asal mula Sate Taichan adalah kehadiran ekspatriat Korea Selatan yang kerap menyantap sate ayam di stand sate yang masih ada di kawasan Senayan, Jakarta. Karena mereka sering makan di warung, para emigran bertemu dengan pemilik warung.

Orang Korea Selatan itu kemudian mengajari penjaga toko cara menyiapkan sate yang berbeda, yang menjadi cikal bakal sate Taichan. Saat itu bumbu yang digunakan adalah semua bumbu potong seperti cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan garam.

Kemudian, irisan bumbu tersebut kemudian dihaluskan menjadi saus yang cocok dipadukan dengan sate daging biasa.

Baca juga : 

Cara Membuat Sate Taichan yang Enak dan Mudah

Jenis-Jenis Sate

1. Sate Madura

Jenis sate khas Indonesia yang pertama adalah sate Madura. Jenis sate yang satu ini, termasuk jenis yang paling populer di Indonesia.

Meski berasal dari Madura, Jawa Timur, tapi jenis sate ini sudah menyebar di seluruh Indonesia, dan menjadi kuliner sate terfavorit orang Indonesia.

Sate Madura sendiri, biasanya terbuat dari daging ayam atau kambing, dengan bumbu kecap manis dan gula jawa, yang dicampur bawang putih, bawang goreng, serta bumbu kacang tanah.

Akan tetapi, untuk sate kambing memiliki bumbu yang berbeda, yakni hanya dengan kecap manis, ditambah irisan bawang merah, tomat, dan cabai rawit.

2. Sate Padang

Jenis sate khas Indonesia, yang tak kalah populer dari Sate Madura adalah Sate Padang. Bukan terbuat dari daging ayam atau kambing, sate ini biasanya terbuat dari jeroan sapi atau kambing.

Sebelum dijadikan sate, jeroan tersebut direbus terlebih dulu dengan bumbu, baru setelah itu dibakar dengan arang.

Selanjutnya, Sate Padang biasa dinikmati dengan bumbu kental berwarna kuning, yang terbuat dari tepung beras, dicampur kaldu daging dan jeroan, kunyit, jahe, bawang putih, lengkuas, bubuk kari, garam, dan ketumbar.

Akan lebih nikmat, jika disajikan dengan lontong, dan bawang goreng. Siapa yang doyan Sate Padang, sampai nambah?

3. Sate Lilit

Jenis sate khas Indonesia yang selanjutnya adalah Sate Lilit. Namun, ada yang berbeda dari sate lainnya, karena kuliner khas Bali ini, terbuat daging cincang berbahan sapi, ayam, ikan, babi atau kura-kura.

Sehingga, bentuknya bukan potongan daging yang ditusuk. Melainkan, adonan daging yang dibungkus melilit, di tusukan bambu, batang tebu, atau batang serai, setelah itu baru dipanggang.

Buat kamu yang belum tahu, adonan daging cincang ini, juga dicampur dengan beberapa bahan, yakni kelapa parut, santan kental, jeruk nipis, bawang merah, dan merica.

4. Sate Maranggi

Buat kamu yang suka ke daerah puncak Bogor, atau perbatasan Cianjur, dan Purwakarta, pasti tahu jenis sate khas Indonesia yang satu ini, ya Sate Maranggi!

Kuliner sate ini, memang kuliner khas Purwakarta, yang sangat menggugah selera. Sate Maranggi, biasanya terbuat dari daging kambing atau sapi, dengan bumbu rempah yang gurih dan manis.

Ada yang spesial juga di Sate Maranggi, karena sebelum dibakar, irisan daging kambing atau sapi ini, direndam dengan pasta cabai hijau, yang sudah dicampur dengan cuka tebu.

Setelah matang dan berwarna coklat kehitaman, sate ini lebih cocok disajikan dengan potongan tomat dan irisan cabai rawit.

Saking populernya Sate Maranggi, di daerah Purwakarta, maka tak heran banyak wisatawan luar daerah yang datang ke kota tersebut, hanya untuk mencicipi Sate Maranggi.

5. Sate Kelinci

Agak sedikit aneh, dan takut untuk mengonsumsinya, namun Sate Kelinci ternyata termasuk jenis sate khas Indonesia, khas Bandungan, Kabupaten Semarang.

Namun, ternyata sate dari hewan lucu ini, memiliki rasa yang luar biasa enak. Selain itu, biasanya, sate ini dinikmati dengan lontong.

Hampir sama dengan ayam, cita rasa dari daging kelinci sangat unik. Buat kamu yang penasaran, bisa sesekali mencicipi sate ini ketika ke Semarang.

Atau kamu juga bisa datang ke daerah Puncak Bogor, karena di sana juga terdapat banyak penjual Sate Kelinci.

6. Sate Taichan

Buat kamu anak gaul Jakarta, mungkin sudah tahu betapa nikmatnya jenis sate khas Indonesia yang satu ini. Apalagi kalau bukan Sate Taichan.

Adapun sate yang terbuat dari daging ayam ini merupakan salah satu kuliner sate, yang beberapa waktu lalu sempat viral, dan akhirnya kini banyak digandrungi orang.

Bukan dengan bumbu kecap, bumbu kacang, atau rempah-rempah, ciri khas dari sate taichan ini adalah dagingnya yang berwarna putih, meski sudah dibakar.

Selanjutnya, sate taichan biasa dinikmati dengan sambal khas yang pedas, lontong, jeruk nipis, dan bubuk garam gurih.

Karena keviralannya, maka saat ini banyak pebisnis kuliner, yang berinovasi dengan menyajikan sate taichan goreng.

Manfaat Sate

1. Sumber Protein Tinggi

Manfaat daging ayam yang pertama adalah sebagai sumber protein tinggi. Bukan rahasia umum lagi, bahwa produk hewani memang mempunyai sumber kandungan protein yang tinggi, termasuk daging ayam.

Kandungan ini dapat membantu membangun dan dan memelihara setiap struktur bagian tubuh dengan baik. Bukan hanya itu, dengan kandungan protein juga bisa membantu memecah racun yang ada dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh bisa lebih serat dan tidak mudah terserang penyakit.

2. Anti-Depresan

Selain sebagai sumber protein tinggi, manfaat daging ayam bagi tubuh selanjutnya adalah sebagai anti-depresan. Daging ayam mempunyai kandungan asam amino tryptophan yang sangat bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan memberikan rasa nyaman.

Kandungan ini dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Kadar serotonin yang meningkat bisa memberikan suasana hati yang lebih tenang dan nyaman.

Apabila Anda sedang mengalami kondisi stres atau banyak pikiran, konsumsi daging ayam bisa menjadi pilihan. Namun disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dulu jika Anda memiliki gangguan kesehatan lain yang sensitif dengan konsumsi daging ayam.

Membantu Melawan Penyakit

Manfaat daging ayam yang tidak kalah menakjubkan adalah mampu membantu melawan penyakit. Bukan tanpa sebab, daging ayam mempunyai kandungan senyawa selenium yang sangat berguna untuk melawan penyakit.

Selain itu, daging ayam juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan ini dapat memberikan efek positif pada penyakit degeneratif seperti peradangan, gangguan jantung atau kandiovaskular, serta neurologis. Tentu saja manfaat daging ayam yang satu ini sayang untuk dilewatkan.

Mengatur Kadar Kolesterol

Manfaat daging ayam yang tidak kalah penting berikutnya adalah dapat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin B3 yang terdapat dalam daging ayam.

Kandungan ini bekerja mengubah karbohidrat dalam tubuh menjadi energi. Dengan begitu, karbohidrat tidak menumpuk sehingga tingkat kolesterol jahat dalam tubuh pun bisa berkurang. Hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba konsumsi daging ayam dengan cara yang lebih sehat, bisa dibuat ke berbagai olahan dengan cara merebus. Misalnya mengolahnya menjadi menu sup ayam, atau menjadikan daging ayam sebagai campuran untuk salad sayur.

Akan lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi dengan dokter maupun ahli gizi supaya bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Sumber Mineral untuk Ibu Hamil

Manfaat daging ayam ternyata juga bisa didapatkan oleh wanita atau ibu hamil. Dilansir dari Fimela.com, daging ayam produk hewani yang mempunyai kandungan mineral tinggi, seperti protein dan zat besi. Kedua kandungan ini sangat dibutuhkan ibu yang sedang menjalani masa kehamilan.

Bahkan kandungan zat besi sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan dan produksi sel darah merah. Dengan begitu asupan oksigen untuk ibu dan janin dalam kandungan dapat tercukupi dengan baik.

Tidak heran jika banyak ahli kesehatan menganjurkan konsumsi daging ayam bagi ibu yang menginjak trimester pertama kehamilan.

Efek Samping Daging Ayam

1. Dapat Meningkatkan Kadar Kolesterol

Makan ayam dengan benar mungkin tidak membantu meningkatkan kadar kolesterol Anda. Itu semua tergantung bagaimana Anda mengkonsumsinya.

Jika Anda mengonsumsi ayam goreng secara rutin, tidak diragukan lagi kadar kolesterol Anda akan meroket. Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa ayam daging putih meningkatkan kolesterol dengan cara yang sama seperti daging merah.

Untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap terkendali, yang terbaik adalah makan ayam yang digoreng, direbus, dikukus, atau dipanggang.

2. Makanan Panas tinggi

Ayam dianggap sebagai makanan tahan panas. Ini dapat meningkatkan suhu tubuh Anda secara keseluruhan, lebih sederhananya, dapat menyebabkan “panas” dalam tubuh.

Karena itu, beberapa orang mungkin mengalami pilek setelah mengonsumsinya, terutama di musim panas. Situasi seperti ini bisa muncul akibat konsumsi ayam sehari-hari.

Jika Anda mengalami hidung berdarah setelah makan ayam secara teratur, yang terbaik adalah memakannya setelah beberapa hari istirahat.

3. Berat Badan Bertambah

Efek samping lain dari makan ayam secara teratur adalah penambahan berat badan. Sejumlah makanan seperti Biryani Ayam, Ayam Mentega, Ayam Goreng, Ayam Geprek, Ayam Goreng dan masih banyak lagi merupakan makanan yang berkalori tinggi dan cukup berat.

Tidak apa-apa untuk memakannya sesekali, tetapi konsumsi secara teratur pasti akan menyebabkan kenaikan berat badan dan juga dapat menyebabkan lonjakan kolesterol.

4. Terkait dengan ISK

Jenis ayam tertentu juga dapat dikaitkan dengan infeksi saluran kemih, atau infeksi saluran kemih. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal mBio American Society for Microbiology, ayam dengan strain E.coli tertentu dapat menyebabkan berbagai infeksi, termasuk ISK.

“Tim menemukan E.coli di hampir 80% dari 2.452 sampel daging dan 72% urin dan kultur darah positif dari pasien yang makan daging,” menurut Science Daily. Cara terbaik untuk mencegah infeksi tersebut adalah dengan makan ayam yang telah “dibesarkan tanpa antibiotik”.

Cara Membuat Sate Taichan Goreng

Bahan Cara Membuat Sate Taichan Goreng :

  • 1 ekor ayam
  • bumbu ayam :
  • 1 buah jeruk nipis
  • 6-8 siung bawang putih
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1/4 gelas air putih
  • sambal taichan :
  • 40 buah cabai rawit (sesuai tingkat kepedasan)
  • 3 siung bawang merah
  • 1 bungkus penyedap rasa (royco)
  • 1/2 gelas air putih
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 1 sdt gula
  • secukupnya minyak goreng

Cara Membuat Sate Taichan Goreng :

  1. Potong kecil-kecil ayam dan beri jeruk nipis. Sisihkan
  2. Haluskan bawang putih dan lada bubuk kemudian tambahkan sedikit air lalu blender.
  3. Masukkan bumbu ayam yang sudah di haluskan ke dalam potongan ayam dan diamkan 30 menit agar bumbu meresap.
  4. Setelah 30 menit tusuk ayam menggunakan tusuk sate (1 tusuk isi 4 potong ayam)
  5. Goreng di teflon sampai ayam menjadi putih pucat.
  6. Untuk sambal, rebus bawang merah dan cabe rawit.
  7. Blender cabe rawit dan bawang merah yang sudah direbus dan tambahkan royco, gula dan air.
  8. Tumis hasil blender tadi dan tambahkan jeruk nipis.
  9. Jadiiii. Jadinya sekitar 50an tusuk lebih.

Nah itulah cara membuat sate taichan goreng yang enak dan gurih,bahan-bahannya juga mudah didapatkan dipasar atau supermarket,serta terjamin kesehatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *