Cara Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Rambut Dengan Benar

Apa kabar? punya minyak kelapa di rumah tapi bingung cara menggunakannya dengan baik dan benar. Dan untuk apa saja manfaat minyak kelapa itu. Untuk lebih jelasnya simak cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut dengan benar.

Pengertian Kelapa

Kelapa merupakan tumbuhan asli daerah tropis, yakni daerah yang terletak di sepanjang garis katulistiwa. Daerah-daerah tropis, tanaman kelapa banyak tumbuh dan dibudidayakan oleh sebagaian besar patani.
Di Indonesia, banyak ditemukan di hampir seluruh provinsi, dari daerah pantai yang datar sampai ke daerah pegunungan yang agak tinggi.
Di daerah yang padat penduduknya, misalnya di Jawa dan Bali, tanaman kelapa lebih banyak ditanam di tanah tegalan atau tanah perkarangan.
Sedangkan di daerah yang jarang penduduknya, misalnya di daerah transmigrasi, tanaman kelapa banyak ditanam di lahan luas yang berpola monokultur perkebunan kelapa (Warisno, 2003). Tanaman kelapa juga merupakan tanaman yang serbaguna.
Hampir seluruh bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan bagi kehidupan manusia. Dari pohon kelapa dapat diperoleh bahan makanan dan minuman, bahan industri, bahan bangunan, alat-alat rumah tangga, dan sebagainya.
 Salah satu hasil dari bagian kelapa yaitu tempurung kelapa dapat dimanfaatkan sebagai arang tempurung.

Apa Itu Minyak Kelapa?

cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut

Sesuai namanya, minyak kelapa berasal dari buah pohon kelapa. Jenis minyak ini mengandung asam lemak jenuh yang tinggi berjenis medium chain triglycerides (MCT).

Karena itu, lemak ini tetap aman karena langsung diproses oleh hati menjadi energi. Banyak manfaat minyak kelapa.

Sementara itu, untuk menghancurkan kelapanya saya menggunakan mesin parut kelapa.

Cara Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Rambut

Penggunaan minyak kelapa untuk rambut sebagai masker cukup mudah. Cukup pijat kulit kepala menggunakan dua sendok teh minyak kelapa.

Pastikan akar hingga ujung rambut terlumuri oleh minyak kelapa atau gunakan sisir untuk meratakannya. Setelah itu, kuncir atau gulung rambut, kemudian bungkus dengan penutup kepala.

Manfaat Virgin Coconut Oil Untuk Rambut

1. Membuat Rambut Panjang, Tebal Dan Sehat

Brown menyatakan minyak kelapa akan membantu rambut Anda tumbuh lebih sehat. “Vitamin dan asam lemak dalam minyak kelapa membantu menyehatkan kulit kepala Anda dan menembus kutikula rambut,” tegasnya. 

Anda bisa melakukan perawatan minyak kelapa seminggu sekali selama 5 hingga 10 menit.

2. Perlindungan Kerusakan Dari Pewarnaan Rambut

Sangat disarankan untuk menggunakan minyak kelapa sebelum produk rambut Anda. Tujuannya agar rambut tidak mudah rusak. Anda pasti memahami bahwa rambut kucing mengandung bahan kimia yang cukup keras.

3. Merawat Ujung Rambut

Anda mungkin sering ke salon untuk membuang ujung rambut yang mudah pecah. Tapi akan lebih baik lagi jika Anda rajin merawat ujung rambut dengan minyak kelapa. 

Alvarez menjelaskan, mengaplikasikan minyak kelapa ke batang dan ujung rambut bisa mencegah rambut kusut dan bercabang.

“Minyak kelapa menghaluskan kutikula ujung rambut yang bercabang, sehingga ujung rambut tidak terlihat kusut. Bukan hanya untuk mencegah kusut dan bercabang, namun minyak kelapa juga bagus untuk melembapkan rambut.”

4. Menghilangkan Ketombe

Munculnya ketombe bisa membuat minder. Apalagi jika serpihan itu terlihat di pakaian Anda. Tidak hanya menyehatkan bagian batang rambut saja, minyak kelapa bisa merawat bagian kulit dari ketombe.

5. Cara Alami Menghilangkan Kutu

Jika anak Anda bermasalah dengan kutu rambut, Brow merekomendasikan untuk mengoles minyak kelapa di seluruh kulit kepala dan rambut Anda. Ini bisa menjadi langkah awal membunuh kutu. 
Jangan lupa tambahkan cuka apel. “Cuka apel dapat membersihkan telur kutu yang tertinggal,” sarannya.
Selain tambahan cuka apel, Alvarez juga merekomendasikan untuk menambahkan tea tree oil. “Mencampur beberapa tetes minyak pohon teh dapat membunuh kutu dan telurnya.”
Sementara itu, gunakan mesin parut kelapa untuk mempermudah proses pembuatan dan juga mempercepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *