Kembali Ke Kantor: Desain Kantor New Normal

Saat ini aktifitas kantor hampir seluruhnya kembali normal. Di banyak perusahaan sebelum pandemi, kerja jarak jauh bukanlah bagian dari aturan kantor. Jika Anda tidak pergi ke kantor, maka Anda mungkin tidak bekerja.

Dalam beberapa bulan terakhir, perusahaan seperti serviced office jakarta telah mengkonfigurasi ulang model bisnis mereka karena Covid-19 mengharuskan karyawan untuk bekerja dari rumah. Covid-19 telah memaksa kita untuk mempercepat cara kerja yang baru dalam waktu yang sangat singkat.

Pada titik tertentu, kita harus kembali ke kantor. Bagi banyak orang, bekerja dari rumah bukanlah solusi jangka panjang. Entah pekerjaan itu sendiri yang tidak memungkinkan untuk dikerjakan dari rumah atau lingkungan rumah yang tidak kondusif untuk kerja jangka panjang. Namun yang paling penting, bagi banyak dari kita, pekerjaan adalah aktivitas sosial yang dipimpin oleh komunitas.

Saat kembali ke kantor, banyak karyawan yang menyatakan masih merasa takut dan cemas. Oleh sebab itu, perusahaan perlu menciptakan lingkungan kerja yang mempertimbangkan Covid-19 dan kesejahteraan karyawan. Staf tidak hanya perlu merasa aman untuk masuk ke kantor tetapi juga merasa bahwa ruang tersebut cukup menarik dan memiliki jenis teknologi untuk mendukung cara kerja yang baru. Hal tersebut penting dilakukan oleh perusahaan untuk membantu menghilangkan ketakutan mereka.

Merancang untuk mencegah Coronavirus
Perusahaan perlu mempertimbangkan hal-hal baru dalam desain kantor seperti staf dapat berkeliling kantor tanpa masalah kontak, metode digital memungkinkan staf untuk memesan ruang meja, melacak hunian, dan melacak kontak. Perubahan pada material kantor seperti penggunaan kain yang dapat dibersihkan dengan pemutih dan penggunaan kaca?

Kantor new normal harus:

  • Didorong oleh wawasan data
  • Fleksibel dan mudah beradaptasi
  • Teknologi yang aktif
  • Sesuai untuk tujuan di sekitar kebutuhan karyawan
  • Kolaborasi dan memungkinkan produktivitas
  • Dirancang menggunakan ruang dengan cara yang berbeda dan kreatif
  • Berfokus pada mempromosikan, budaya perusahaan, kesejahteraan dan kesehatan karyawan.

Ruang kerja yang fleksibel
Ruang yang fleksibel akan menjadi lebih penting karena area kantor perlu merespons perubahan ruang sebagai kebutuhan dan populasi kantor. Menempatkan kesejahteraan dan kesehatan di pusat desain kantor akan menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan di mana orang tidak hanya merasa aman tetapi juga tempat yang mereka inginkan.

Inovasi baru lainnya yang perlu dipertimbangkan meliputi:

  • Solusi tanpa sentuh untuk meminimalkan sentuhan di area dengan sentuhan tingkat tinggi seperti pintu dan lift.
  • Stasiun kebersihan sanitiser dan tempat cuci tangan
  • Solusi furnitur yang meminimalkan kontak namun tetap menjaga rasa kebersamaan
  • Pengukuran aliran udara dan perangkat serta monitor kualitas udara
  • AV, IT, dan solusi komunikasi dan kolaborasi terpadu yang membantu menghubungkan pekerja jarak jauh dengan mereka yang ada di kantor
  • Pilihan furnitur serbaguna versus buatan untuk memungkinkan fleksibilitas

Masih belum jelas seperti apa dunia kerja pasca-Covid-19, tetapi perlu ada penyeimbangan kembali praktik kerja antara kerja jarak jauh dan kerja berbasis kantor. Teknologi dan otomatisasi akan memainkan peran besar dalam new normal. Jika situasi ini telah mengajari kita sesuatu, itu adalah bahwa segala sesuatunya berubah dan kita dapat beradaptasi dengan cepat ketika kita membutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *