Tips Cuci Mobil agar Kondisi Cat Tetap Terjaga

Musim hujan yang masih saja terus berlangsung di beberapa daerah di Indonesia. Jika mobil setelah terkena hujan, alangkah baiknya dibilas dengan memakai air bersih. Atau bagus juga jika mencuci di tempat mobil, namun Anda perlu tahu bagaimana tips mencuci mobil yang benar.

Untuk yang sedang berhemat, mencuci mobil di rumah menjadi alternatif. Dengan hanya mencuci mobil di rumah, bukan berarti dapat sembarangan. Pasalnya kualitas cat pada bodi mobil dapat menurun apabila salah dalam melakukannya.

baca juga: cuci jok mobil bekasi

Tips Mencuci Mobil di Rumah

Untuk itu berikut ini tips mencuci mobil yang bisa Anda lakukan di rumah.

Memilih Waktu yang Tepat

Untuk tips yang pertama, Anda bisa memilih waktu yang tepat, ketika akan mencuci mobil.

Dalam pemilihan waktu mencuci Anda bisa melakukannya pagi atau sore hari. Hal tersebut dikarenakan matahari tidak terlalu terik. Bukan hanya itu saja, Anda bisa melakukannya ditempat yang teduh.

Memilih Sabun yang Dipakai

Dalam pemilihan sabun, sebaiknya Anda memakai sabun yang kadar deterjen rendah serta tidak memiliki kandungan bahan kimia keras. Misalnya sabun colek atau cuci piring. Adanya pemilihan sabun yang salah bisa merusak lapisan pada cat. Apabila sering dilakukan.

Siapkan Alat Pendukung

Anda bisa siapkan alat pendukung seperti ember sebanyak 2 buah, spons 2 buah, sikat nylon, sikat gigi, plat chamois atau kanebo, serta lap microfiber.

baca juga: cuci karpet bekasi

Langkah Mencuci Mobil

Adapun langkah dalam mencuci mobil supaya cat mobil tetap terjaga. Anda bisa mengisis kedua ember dengan menggunakan air serta sabun. Kemudian campurkan.

Untuk ember yang pertama Anda gunakan pada bagian body, satunya lagi bisa Anda gunakan pada bagian roda atau kolong. Sebelum Anda mengelapnya dengan sabun, Anda bisa membilasnya pada satu sisi mobil dengan memakai air yang mengalir.

Hal tersebut memiliki tujuan supaya bersih dari partikel yang berukuran kecil. Contohnya seperti debu dan juga batu. Kemudian Anda bisa lanjutkan dengan membasuh yang memakai sabun pada spons. Namun jangan biarkan sabun terlalu lama ketika menempel pada bodi mobil, siram dengan memakai air.

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan pada bagian roda dengan menggunakan ember yang berbeda. Dengan memakai ember yang berbeda, menghindari lecet pada bagian bodi mobil sebab memakai spons yang sama. Roda kemungkinan besar memiliki lebih banyak kotoran yang kasar.

Apabila tahapan pencucian yang dilakukan sisi ke sisi sudah selesai, Anda bisa membasuh dengan kanebo serta lanjutkan dengan lap microfiber. Tujuannya supaya terhindar dari pengendapan yang mengakibatkan jamur atau water spot.

Nah itu tadi tips mencuci mobil, serta langkah dalam mencucinya supaya cat pada body mobil tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *