Ini Rahasia Cara Membuat Udang Tempura

Cara membuat udang tempura

Hello semuanya, kembali lagi di website ini, kesempatan kali ini aku akan berbagi informasi “Cara Membuat Udang Tempura”, namun sebelumnya kalian juga bisa baca artikel resep udang tempura karena di artikel ini ada informasi seputar udang tempura yang bisa dibaca – baca dan tentunya di praktekkin, jangan lupa di simak yaa!!

Cara Membuat Udang Tempura SushiCara membuat udang tempura

Bahan Nasi Sushi :

  • 300 gr  Nasi putih Jepang
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam laut seperlunya
  • Air putih biasa secukupnya

Bahan Udang Katsu :

  • 4 ekor udang segar ukuran besar
  • 2 sdt jeruk nipis
  • 2 sdm tepung kentang
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 2 sdn tepung beras
  • Kaldu jamur Secukupnya
  • Gula Secukupnya
  • Garam Secukupnya
  • Lada putih Secukupnya

Bahan Bumbu halus :

  • 2 siung  bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk

Bahan adonan Telur :

  • 2 butir  telur
  • 40 g susu cair
  • Garam laut secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Tepung panir  secukupnya

Bahan pelengkap :

  • Alpukat secukupnya
  • Keju secukupnya
  • rumput laut secukupnya

Langkah Membuat Tempura  Udang Sushi :

  1. Siapkan dan cuci bersih semua bahan – bahan
  2. Eksekusi udang, dengan cara bersihkan dari kepala, kulit tebal dan kotorannya, kerat – kerat bagian punggung bawah udang dan pijat – pijat agar badan udang menjadi lurus
  3. Beri perasan jeruk nipis dan garam agar mengurangi bau amis pada daging udang lalu diamkan sebenetar setelah itu bilas dengan air mengalir
  4. Masukkan udang, jeruk nipis, bumbu yang sudah dihaluskan, garam laut, lada putih dan kaldu jamur secukupnya ke dalam wadah lalu aduk – aduk sampai merata
  5. Masukkan adonan telur, susu, garam laut dan lada putih ke dalam wadah berbeda aduk – aduk lagi sampai merata
  6. Masukkan udang ke dalam adonan telur, dan pastikan udang terlumuri dengan adonan tepung sampai merata
  7. Setelah itu masukkan udang ke dalam adonan tepung dan pastikan permukaan udang tertutupi, lakukan langkah ini bolak – balik, sampai semua udang habis
  8. Siapkan minyak panas dengan api sedang, goreng tempura udang hingga berubah warna menjadi kecokelatan
  9. Jika sudah bisa langung di angkat dan tiriskan
  10. Siapkan nasi putih yang sudah diberi perasan jeruk nipi, gula dan garam sedikit kemudian pipihhkan nasi
  11. Masukkan udang ke dalam nasi, kemudian gulung nasi, sebelum menggulung nasi kita bisa memberi isian seperti rumput laut, alpukat dan tempura udang
  12. Gulung nasi searah jarum jam
  13. Jika sudah bisa langsung disajikan
  14. Jadilah tempura udang sushi

 

Cara Membuat Tempura Udang Galah

Bahan – bahan :

  • 3 ekor udang segar ukuran sedang
  • 4 sdm terigu serbaguna
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 2 butir telur
  • Tepung panir secukupnya

Bahan Sambal bawang :

  • 6 siung bawang putih
  • 6 buah cabe rawit
  • 2 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah Membuat Tempura Udang Galah  :

  1. Siapkan dan cuci bersih semua bahan – bahan
  2. Eksekusi udang, dengan cara bersihkan dari kepala, kulit tebal dan kotorannya, kerat – kerat bagian punggung bawah udang dan pijat – pijat agar badan udang menjadi lurus
  3. Beri perasan jeruk nipis dan garam agar mengurangi bau amis pada daging udang lalu diamkan sebenetar setelah itu bilas dengan air mengalir
  4. Masukkan tepung terigu, garam, merica, bawang putih bubuk ke dalam wadah kemudian aduk – aduk sampai semua bahan tercampur merata
  5. Kocok lepas telur dan masukkan ke dalam wadah berbeda
  6. Masukkan tepung panir ke wadah berbeda,
  7. Masukkan udang ke dalam adonan pertama kemudian di lanjut dnegan memasukkan udang ke dalam kocokkan telur, lakukan hal tersebut bolak – balik sampai udang habis
  8. Terakhir masukkan udang ke dalam adonan tepung panir dan tekan – tekan agar tepung panir menempal sempurna
  9. Siapkan minyak panas dengan api sedang, goreng tempura udang hingga berubah warna menjadi kecokelatan
  10. Dilanjut dengan membuat bahan sambal. Masukkan bawnag putih, cabai, garam, gula dan minyak sedikit ke dlam ulekkan, lalu ulek sampai semua tercampur dan jangan di ulek sampai terlalu halus
  11. Jika sudah lumuri tempura udang dengan sambal ini, jadilah tempura udang Galah

 

Cara Membuat Tempura Udang Nasi Bola

Bahan – bahan :

  • 8 ekor udang segar ukuran sedang
  • 3 centong nasi putih panas
  • 2 sdm minyak wijen
  • 2 sdt cuka beras
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Rumput laut
  • Air soda
  • 1 btr telur

Langkah Membuat Tempura Udang Nasi Bola :

  1. Siapkan dan cuci bersih semua bahan – bahan
  2. Eksekusi udang, dengan cara bersihkan dari kepala, kulit tebal dan kotorannya, kerat – kerat bagian punggung bawah udang dan pijat – pijat agar badan udang menjadi lurus
  3. Beri perasan jeruk nipis dan garam agar mengurangi bau amis pada daging udang lalu diamkan sebenetar setelah itu bilas dengan air mengalir
  4. Masukkan tepung tempura, aiar soda, telur ke dalam wadah aduk aduk sampai semua bahan tercampur dan mengental
  5. Masukkan udang satu per satu ke dalam adonan kental dan biarkan sampai semua permukaan udang tertutupi sempurna
  6. Lakukan sampai semua udang habis, setelah itu siapkan minyak panas dengan api sedang dan goreng tempura udang hingga berubah warna menjadi kecokelatan
  7. Buat nasi bola nya dengan cara masukkan nasi panas ke dalam wadah, tambahkan minya wijen, gula, garam, merica, rumput laut aduk – aduk sampai semua bahan tercampur merata
  8. Bentuk nasi menjadi bola – bola atau sesuai selera
  9. Setelah itu sajikan nasi bola dengan tempura udang tadi
  10. Jadilah tempura udang nasi bola

 

Cara Membuat Tempura Udang

Bahan – bahan :

  • 6 ekor udang segar ukuran sedang
  • Garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm Tepung bumbu

Bahan Pencelup :

  • 2 sdm tepung bumbu
  • 100 grm Tepung panir

Minyak untuk menggoreng

Langkah Membuat Tempura Udang :

  1. Siapkan dan cuci bersih semua bahan – bahan
  2. Eksekusi udang, dengan cara bersihkan dari kepala, kulit tebal dan kotorannya, kerat – kerat bagian punggung bawah udang dan pijat – pijat agar badan udang menjadi lurus
  3. Beri perasan jeruk nipis dan garam agar mengurangi bau amis pada daging udang lalu diamkan sebenetar setelah itu bilas dengan air mengalir
  4. Bumbu daging udang menggunakan garam , merica dan penyedap rasa secukupnya
  5. Masukkan tepung terigu dan tepung bumbu ke dalam wadah kemudian aduk – aduk sampai semua bahan tercampur merata
  6. Masukkan udang ke dalam campuran tepung kering, kemudian masukkan udang ke dalam adonan tepung bumbu cair
  7. Lakukan hal tersebut bolak – balik, agar adonan menyatu dengan udang
  8. Masukkan tepung panir ke wadah berbeda
  9. Masukkan udang ke dalam adonan tepung panir dan tekan – tekan agar tepung panir melekat pada tubuh udang
  10. Siapkan minyak panas dengan api sedang, goreng tempura udang hingga berubah warna menjadi kecokelatan
  11. Jika sudah bisa langsung di angkat dan tiriskan
  12. Sajikan  tempura udang ini dengan saus tomat
  13. Jadilah tempura udang

 

Cara Membuat Tempura Udang Garlic Sauce

Bahan – bahan :

  • 250 gram udang windu
  • 4 sdt tepung fried chicken siap pakai
  • Secukupnya bread crumbs/tepung panir/tepung roti
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 sdt cabai bubuk
  • ½ sdt garlic powder
  • ½ sdt merica
  • Secukupnya air es untuk mengentalkan adonan tepung
  • Minyak untuk menggoreng
  • Bahan garlic sauce:
  • 5 sdm saus cabai botolan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit merah
  • ¼ sdt garam
  • ¼ sdt merica
  • 5 sdm air
  • Sedikit minyak untuk menumis

Bahan Kremes:

  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 sdm bread crumbs

Langkah Membuat Tempura Udang Garlic Sauce :

  1. Siapkan dan cuci bersih semua bahan – bahan
  2. Eksekusi udang, dengan cara bersihkan dari kepala, kulit tebal dan kotorannya, kerat – kerat bagian punggung bawah udang dan pijat – pijat agar badan udang menjadi lurus
  3. Beri perasan jeruk nipis dan garam agar mengurangi bau amis pada daging udang lalu diamkan sebenetar setelah itu bilas dengan air mengalir
  4. Setelah itu masukkan udang ke dalam lemari pendingin namun sebelumnya gunakan alat vacuum sealer terlebih dahulu agar udang dapat tersimpan dengan baik
  5. Simpan udang di lemari pendingin kurang lebih 10 menit an
  6. Masukkan daun jeruk yang sudah di iris tipis ke dalam wadah tambahkan juga tepung terigu, cabai bubuk dan air es secukupnya lalu aduk aduk sampai mengental
  7. Masukkan tepung panir ke wadah berbeda tambahkan juga garlic powder dan merica secukupnya lalu aduk aduk sampai merata
  8. Masukkan udang ke dalam adonan kental, kemudian masukkan ke dalam adonan tepung panir lakukan langkah tersebut sampai semua udang habis
  9. Siapkan minyak panas dengan api sedang, goreng tempura udang hingga berubah warna menjadi kecokelatan
  10. Sambil menunggu tempura matang, dilanjut dengan membuat garlic sauce, pertama cincang halus bawang putih dan cabai rawit merah kemudian masukkan ke dalam wajan yang beri minyak sedikit
  11. Kemudian tumis hingga mengeluarkan bau harum, jangan lupa tambahkan daun jeruk secukupnya
  12. Masukkan juga saus cabai, garam merica dan air sedikit tunggu sampai saus mengental dan aiar berkurang
  13. Jika sudah mengental dan aiar berkurang, matikan api dan siram sauce di atas tempura udang
  14. Jadilah tempura udang  Garlic sauce

Oke teman – teman, sampai disini dulu ya informasi artikel kali ini, mohon maaf atas segala kesalahan dalam pengetikan, sampai jumpa di artikel aku selanjutnya. Bye bye

Resep Klepon Dessert Box Yang Viral Auto Ketagihan

 Resep klepon dessert box – Halo netizen, menu masak kita apa ya hari ini? Nasi goreng? Nasi kuning? Nasi kebuli? Nah kali ini saya gak akan memasak makanan berat nih, jadi saya akan membuat salah satu dessert yang lagi viral. 

Coba tebak mau bikin apa hari ini? Yaass sesuai judulnya kita akan membahas resep klepon dessert box yang viral auto ketagihan deh.

Kalian udah tahu belum apa itu klepon? Gimana kalau kita bahas dahulu mengenai pengertian klepon dan asal usul klepon. Oke kalau begitu sebelum ke resep klepon dessert box yang viral auto ketagihan, kita bahas dulu yuk tentang Apa itu klepon dan asal usul dari klepon.

Apa Itu Klepon?

Klepon atau kelepon merupakan salah satu masakan atau kue kering khas Indonesia yang termasuk dalam kelompok jajanan pasar. Hidangan lezat ini terbuat dari tepung ketan yang berbentuk bola-bola kecil yang diisi dengan gula merah dan direbus dalam air mendidih.
Kemudian klepone yang sudah matang dibungkus di atas kelapa parut sehingga menjadi lengket dan tampak seperti klepone yang dibalut kelapa parut. Klippon biasanya diletakkan di dalam semangkuk daun pisang.
Warna klepon biasanya putih atau hijau sesuai selera Anda. Untuk clubbon hijau, tambahkan pewarna sooji atau daun pandan.

Asal Usul Dari Klepon

Saat mengutip di Wikipedia, klepon atau kelepon adalah lontong tradisional yang di atasnya diberi jambu cair dan ditaburi kelapa bakar. Kue klepon ini berasal dari Indonesia, namun terkenal di Asia Tenggara dan bisa ditemukan di Indonesia, Malaysia, Brunei dan Singapura.
Di beberapa bagian Indonesia, seperti Sulawesi, Sumatera dan negara Malaysia dikenal dengan Ondi Ondi, dan di beberapa tempat disebut “Bawah Malaka” (buah Malaka).
Di Jawa, onde-onda mengacu pada Jin China Deui, bola nasi dengan biji wijen dan di atasnya diberi cat kacang manis. Meskipun Clepon terkenal di seluruh Asia Tenggara, kemungkinan besar Clepon berasal dari Pulau Jawa.
Hidangan ini disebut juga klepon Holland. Clepon diperkenalkan oleh imigran India ke Belanda pada 1950-an dan tersedia di toko, restoran, dan supermarket Belanda dan Cina di seluruh negeri.
Di Jawa, klepon sering disantap bersama getuk dan senil sebagai jajanan pagi atau malam. Kue cair ini digambarkan sebagai kue cair dan merupakan bagian dari jajanan tradisional Jawa (bahasa Jawa artinya “beli di pasar” atau “jajan di pasar”).

Sejarah Dan Makna Klepon

Bentuk dan rasa klepon sebagai simbol individu memiliki arti tersendiri. Nimpuno, dalam bukunya Nostalgia Kue Tenong (2016), menuliskan bahwa struktur karet pada tebu memiliki arti terkadang akan terasa keras dan enak di kemudian hari, sesuai dengan usahanya.
Qlepon mengutip Atlas of Taste, dari Jawa. Sedangkan sajian ini juga tersedia di Sumatera, Sulawesi dan Malaysia seperti buah Ondi, atau Malaka. Dengan kata lain, roti ringan terbesar yang ada di pasaran adalah makanan khas Indonesia.
Orang Belanda juga menyebut kue ini Kleppon. Mulai tahun 1950-an, para pendatang Indonesia memperkenalkan Belanda dan ditemukan di restoran-restoran Belanda.
China dan Indonesia disebutkan dalam J.M. Meulenhoff Indisch Leeven di Belanda (2006). Klepon juga dijual di toko-toko dan supermarket di seluruh negeri.

Pelopor Dessert Box

Sekarang bittersweet by Najla dikenal sebagai pemimpin # 1 dalam industri kotak permen # 1 di Indonesia. Awalnya Najla Basir tidak menjual sekotak permen, melainkan kue kayu manis yang menjadi kue favoritnya.
Namun, katanya, tidak mungkin membeli cinnamon roll setiap hari. Dia akhirnya mulai membuat kotak permen yang ternyata lebih baik dari gulungan kayu manis favoritnya.
Sejak dia ditempatkan di jejaring sosial, teman-teman Naglaa telah meminta untuk menjualnya. Hasilnya, mulai dijual dengan mixer dan oven rumah tangga kecil.
Meski pada awalnya hanya sebagai cara coba-coba, ibu 3 anak ini berkesempatan bersekolah untuk membuat kue dan mengikuti kursus terbaik, bahkan di Malaysia dan Singapura. Inovasi laris manis di Indonesia.
Seperti halnya kotak permen, ada pil yang dibuatnya bernama Boba Thai Tea Dessert Box, di mana dia menggunakan teh Thailand sebagai bahan dalam kuenya. Lalu dia membuat boba yang bisa dituangkan di atas kuenya.
Selain kotak permen Boba, Najla juga menawarkan berbagai kotak permen dengan bahan-bahan yang sangat baik. Akibatnya, kisaran harga sekotak permen adalah Rs 55.000 hingga Rs 85.000.
Najla mampu menjual hingga 2000 kotak permen per hari, 90% di antaranya dijual secara online. Najla’s Bittersweet kini memiliki 40 seller di berbagai kota di Indonesia dan dua gerai resmi yang berlokasi di Kemang dan Kalibat.

Resep Klepon Dessert Box Yang Viral Auto Ketagihan

Bahan Bahan Resep Klepon Dessert Box

  • 330 Gram Butter/Mentega
  • 8 Butir Kuning Telur
  • 250 Gram Gula Halus
  • 1 Sdt Pasta Pandan
  • 200 Gram Tepung Terigu
  • 2 Sdm Susu Bubuk
  • 8 Butir Putih Telur
  • Kelapa gula merah

Bahan Tambahan :

  • Whipped Cream
  • Whipped Cream Pandan

Langkah Langkah Resep Klepon Dessert Box

  1. Siapkan alat dan bahannya, jangan lupa berdoa
  2. Masukkan mentega, gula halus lalu di mix dengan mixer roti sampai tercampur rata dan lembut
  3. Kalau sudah lembut kemudian masukkan kuning telurnya lalu mix lagi sampai rata
  4. Kemudian masukkan susu bubuk, santan pandan, tepung trigu lalu mix lagi dengan kecepatan rendah, tunggu sampai kecampur rata ya
  5. Kalau sudah sisihkan dulu atau pinggirkan. Lalu mix putih telurnya sampai kalua dibalik tidak tumpah
  6. Kalau sudah silahkan campurkan hasil mix putih telurnya ke adonan sebelumnya, campur dan aduk dengan pelan pelan sampai tercampur rata ( Jangan over kalau mengaduk )
  7. Lalu masukkan Loyang ukuran 30 x 28 cm. Sebelum dimasukkan silahkan olesi dahulu loyangnya dengan mentega atau dikasih kertas roti. Kalau masukkan ke Loyang jangan sampai penuh, setengah Loyang aja. Hentak hentakkan loyangnya agar tidak ada gelembung
  8. Panggang menggunakan oven gas dengan suhu 160” kurang lebih sekitar 30 menit. Pokoknya sampai matang, kalian bisa tes ditusuk untuk mengecek nya
  9. Lalu susun di kotak dessert boxnya, lapisannya yaitu, bolu tadi lalu whipped cream biasa trus kasih kelapa gula merah diatasnya kemudian whipped cream pandan lalu kasih bolu lagi diatasnya kemudian di hias deh.
  10. Klepon dessert box siap dihidangkan dan disantap bareng keluarga

Resep Klepon Dessert Box Yang Viral Auto Ketagihan

Nah itu dia guys resep klepon dessert box yang viral auto ketagihan. Gimana.. gampang bukan? Oh iya kalian bisa banget request untuk dibuatin artikel resep apapun, tulis di kolom komentar ya. Sekian tutorial dari saya, selamat mencoba guys.