Cara Menanam Padi Dengan Benar

Hallo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai cara menanam padi berikut adalah artikelnya selamat membaca!

Cara Menanam Padi

Budidaya tanah

Cara menanam padi diawali dengan budidaya tanah, pada persawahan jadikan lahan sebagai media terbaik untuk benih padi. Tekstur tanah gembur dan bahan organik tinggi serta tanah bebas dari koloni jamur dan bakteri patogen.

Agar tanah dulur-dulur bisa gembur dan bahan organiknya tinggi, dulur dapat melakukan proses pengolahan tanah dengan cara membajak / mengontrak. Dan sebelum menanam padi oleskan gdm black bos pada tanah yang masih basah.

Karena gdm black bos mengandung bakteri micrococcus roseus yang berperan aktif dalam membuat tanah keras gembur dan subur serta tiga bakteri lainnya yaitu bacillus subtilis, pseudomonas stutzeri dan pseudomonas alcaligenes yang berperan dalam pelepasan enzim dan antibiotik untuk menghilangkan koloni jamur dan bakteri patogen di dalam tanah. Sehingga tanah menjadi sehat dan tanaman padi dapat tumbuh dengan optimal.

Pemilihan benih padi unggul

Rendam benih padi agar tumbuh optimal. Tahap selanjutnya adalah memilih benih padi unggul. Pilih benih padi yang unggul, karena benih padi yang unggul sangat menentukan hasil produksi yang maksimal. Oleh karena itu kita harus cermat dan cermat dalam memilih benih padi agar mendapatkan hasil yang tinggi.

Di bawah ini beberapa hal yang harus dilakukan dalam memilih benih padi unggul:

  • Memilih benih padi unggul yang bersertifikat resmi dari instansi pemerintah atau perusahaan.
  • Hal ini menunjukkan bahwa benih padi dapat dipertanggungjawabkan untuk masa tanamnya yang benar, seperti masa dormansi dan daya tumbuhnya.
  • Pastikan bibit tidak kadaluwarsa dan memiliki daya tumbuh di atas 90%.
  • Biji padi utuh / bernas, bersih dan bebas dari hama (kutu / kumbang biji).
  • Tingkat kemurnian benih mencapai 98%.
  • Memiliki potensi hasil yang tinggi.
  • Benih padi tahan penyakit.

Setelah memilih benih padi unggul yang baik, selanjutnya benih harus direndam dengan pupuk organik cair minimal 12 jam. Tujuan perendaman benih padi unggul adalah untuk memutus masa dormansi benih dan memilih benih yang baik agar benih dapat tumbuh dengan cepat, seragam dan sehat serta dapat melindungi tanaman sejak awal dari serangan penyakit, terutama pada tahap pembibitan. Karena pupuk organik cair gdm mengandung bakteri yang dapat menghasilkan beberapa antibiotik untuk menekan infeksi penyakit pada benih.

Pembibitan padi

Setelah proses perendaman padi selesai, selanjutnya dilakukan proses penyemaian benih padi unggul. Agar bibit padi bisa tumbuh sehat, taburkan pupuk kandang pada persemaian lalu semprot dengan gdm black boss. Penggunaan gdm black bos di darat dimaksudkan agar residu kimiawi dan penyakit logam berat yang mengendap di dalam tanah dapat terdegradasi dan dihilangkan.

Kemudian taburkan benih padi unggul tersebut di persemaian. Selanjutnya lahan diairi terus menerus dengan ketinggian sekitar 1 cm. Setelah benih padi tumbuh, dulur-dulur dapat menambahkan pupuk susulan kimiawi dan menyemprotkan pupuk organik cair gdm spesialis pangan setiap 7 hari dengan dosis 2 gelas (500 ml) pupuk organik cair gdm per tangki untuk memaksimalkan pertumbuhan padi.

Jenis dan dosis pupuk kimia dapat disesuaikan dengan kondisi lahan karena hanya sebagai acuan (acuan) dan bersifat fleksibel. Artinya jenis, dosis pemupukan dan hasil panen berbeda dari satu tempat ke tempat lain (tidak sama) karena dipengaruhi oleh kondisi tanah, irigasi dan iklim setempat (cuaca).

Tahapan cara menanam padi

Jangan terlalu dalam saat menanam benih padi, cukup sedalam 1 sampai 2cm saja. Hal ini penting dilakukan karena bertujuan untuk meningkatkan jumlah anakan produktif tanaman padi. Penanaman bibit padi terlalu dalam akan mempersulit upaya pembentukan anakan padi.

Bakteri pseudomonas alcaligenes yang terkandung dalam black bos akan bekerja untuk memaksimalkan pertumbuhan akar, dan akan meningkatkan penyerapan unsur hara makro dan mikro bagi tanaman. Jadi walaupun bibit padi tidak ditanam cukup dalam namun akar tanaman padi bisa masuk ke dalam tanah sehingga pertumbuhan padi akan maksimal.

Penyiangan sawah

Agar daya serap hara dapat terserap seluruhnya oleh tanaman padi, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengurangi tingkat persaingan gulma. Oleh karena itu, tanaman dull harus melakukan proses penyiangan minimal 2 kali dalam satu musim yaitu pada umur 21 dan 42 hari.

Cara memupuk padi

Tanaman padi membutuhkan nutrisi yang cukup sesuai dengan tahapan fase pertumbuhannya. Oleh karena itu Anda harus menyediakan pupuk makro sesuai dengan kebutuhan beras Anda. Pada fase vegetatif, berikan pupuk yang mengandung unsur nitrogen tinggi selain unsur fosfor dan kalium. Kemudian pada fase generatif, berikan pupuk yang mengandung unsur fosfor dan kalium yang tinggi.

Selain pupuk makro, gunakan juga pupuk mikro, karena meskipun kebutuhan unsur mikro sedikit, namun jika padi kekurangan unsur tersebut maka hasil panen juga tidak akan maksimal. Oleh karena itu, setiap 10 hari sekali, aplikasikan pupuk organik cair untuk gdm, spesialis tanaman pangan yang juga mengandung unsur mikro lengkap.

Perlindungan tanaman padi dari serangan hama dan penyakit

Slogan lebih baik mencegah daripada mengobati juga berlaku untuk proses budidaya padi. Dengan menggunakan GDM Black Bos saat pengolahan tanah dan penyemprotan pupuk organik cair GDM secara teratur akan mencegah hama dan penyakit dari awal. Sehingga dapat menekan biaya pestisida dan mencegah padi gagal panen.

Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai cara menanam padi semoga artikel yang saya buat bermanfaat buat kalian sekian terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *