Cara Pemupukan Padi

Hallo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai cara pemupukan padi berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

Ada banyak sekali jenis padi yang dibudidayakan di indonesia, dan tentunya mempunyai cara perawatan yang berbeda-beda nah pada artikel kali ini akan kita bahas bagaimana cara memupuk padi ciherang, padi jenis ini sudah banyak di kenal oleh para petani di seluruh indonesia, karena hasil yang benar-benar bagus, dan tentunya pulen, menyebabkan padi ini banyak dibudidayakan.

Cara memupuk padi ciherang

Proses pemupukan padi Ciherang sedikit berbeda dengan jenis padi lainnya yaitu pada saat berumur 115-125 hari. Jadi fase pendederan selama 20 hari, fase vegetatif selama 35 hari, fase reproduksi seksual selama 36-65 hari dan fase pematangan generatif selama 66-100 hari.

Padi ciherang merupakan jenis padi hasil persilangan antar varietas unggul lokal yang bertujuan untuk menghasilkan varietas padi unggul. Dengan adanya beras ciherang ini dapat menjawab keraguan petani akan mahalnya beras jenis hibrida.

Tentunya pemilihan benih yang unggul dan berkualitas sangat penting untuk pemupukan padi ciherang. Selain itu, perawatan atau perawatan yang optimal sejak awal tanam hingga masa panen menjadi kunci sukses menanam padi.

  1. Pupuk Dasar Beras Ciherang

Saat bibit padi dikeluarkan dari persemaian, bibit padi membutuhkan waktu sekitar 8-12 hari untuk memperkuat akarnya. Pada saat inilah pemupukan pertama padi Ciherang paling baik dilakukan, karena pada saat itu daun dan akar tanaman padi sudah mulai tumbuh.

Dengan begitu, akarnya bisa maksimal dalam menyerap kandungan hara di dalam tanah. Sekadar mengingatkan, jangan berikan pupuk anorganik, seperti urea, saat tanaman padi masih berumur 0-5 hari. Karena akar belum siap menerima pupuk yang diberikan, dan pupuk ini mudah menguap, menyerap dan melepaskan kelembapan (hygrokopis).

2. Tindak Lanjut Pemberian Pupuk Pertama Beras Ciherang

Berikan pupuk susulan pertama sekitar minggu ke-3 (sekitar 21-25 jam) yang ditandai setelah petani padi melakukan pembusukan, saat ini pemupukan padi ciherang dilakukan. Saat dilakukan penumbukan akan menyebabkan akar tanaman padi putus.

Dengan putusnya akar padi maka tanaman padi akan membentuk anakan baru. Pada saat ini unsur hara dapat diserap secara optimal oleh tanaman dan menghasilkan jumlah anakan yang maksimal.

3. Pupuk Sekunder Beras Ciherang

Pupuk susulan kedua dapat diberikan saat tanaman mencapai minggu ke-5 (sekitar 30-40 hari). Masa ini merupakan masa peralihan dari fase vegetatif ke fase generatif. Tanaman padi membutuhkan nutrisi yang tinggi pada kondisi ini. Hal ini disebabkan keluarnya daun bendera atau yang biasa dikenal dengan nasi bunting, artinya malai akan segera keluar dari daun bendera tersebut.

Nah, saat ini adalah waktu pemupukan yang paling tepat.

Jadi jika kita ingin melakukan pemupukan padi ciherang yang benar, perhatikan 3 syarat berikut ini. Saat itu kondisi tanaman padi akan menyerap unsur hara secara optimal yang kita berikan dan hasilnya bisa memuaskan. Pemupukan padi ciherang harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca / iklim, struktur tanah, massa, lokasi, varietas dan faktor lainnya.

Teknik pemupukan tanaman padi sangat relatif, tidak ada pasti ukuran atau dosis dan waktu yang dapat ditentukan, karena banyak faktor yang harus diperhatikan. Struktur tanah dan kondisi unsur hara yang berbeda-beda dari satu lokasi ke lokasi lainnya, tentunya memerlukan teknik. Pemupukan padi Ciherang juga berbeda saat pemupukan.

Dalam teknik pemupukan padi Ciherang diperlukan ketelitian dan kehati-hatian, karena takaran yang tepat hanya bisa diketahui dengan terus melakukan uji coba. Jika kurang optimal perlu dicoba lagi seperti jenis pupuk yang digunakan

Nah itu dia sob kurang lebih informasi yang dapat saya berikan semoga bermanfaat bagi kalian sekian terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *