Contoh Plastik Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah

Apakah kalian mengetahui contoh plastik yang tidak dapat didaur ulang ? Tahukah kalian bahwa setiap kemasan makanan dan minuman, atau semua produk yang terbuat dari plastik mempunyai macam-macam simbol khusus.

Penggunaan sampah plastik setiap hari memang tidak dapat dikendalikan. Dimanapun kita berada pasti kita akan menemui sampah plastik. Jika hal ini dibiarkan terus menerus akan berbahaya bagi lingkungan kita. Maka dari itu diciptakan simbol khusus untuk mengetahui plastik dapat didaur ulang kembali atau tidak.

Tujuan dari simbol tersebut adalah untuk menandai bahwa bahan kemasan plastik tersebut mudah untuk didaur ulang atau bahkan tidak dapat didaur ulang.

Pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan artikel mengenai contoh plastik yang tidak dapat didaur ulang adalah?, dengan mengetahui 7 tanda yang perlu kita kenali untuk lebih menentukan plastik yang akan kita gunakan nanti.. Yuk simak dibawah ini yaa…

Baca Juga : Sampah Daun Dapat Didaur Ulang Menjadi Pupuk Kompos

7 Contoh Plastik Yang Tidak Dapat Didaur Ulang 

Contoh Plastik Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah

Dalam laman resmi Chemical safety facts berikut ini ada 7 tanda atau simbol yang digunakan daur ulang produk plastik. Yuk simak satu per satu berikut ini :

  • Polyethylene terephthalate (PETE atau PET)Contoh Plastik Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah

Simbol ini merupakan plastik ringan yang dapat diolah menjadi bahan semi kaku, sehingga bahan tersebut memiliki ketahanan benturan dan dapat melindungi makanan atau cairan dalam kemasan. Biasanya bahan kemasan ini digunakan untuk air mineral, saos tomat, saus salad, vitamin, botol minyak sayur dan wadah selai kacang atau wadah lainnya.

  • High-desity Polyethylene (HDPE)

Contoh Plastik Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah

Ini adalah plastik yang terbuat dari bahan keras dan agak buram yang ringan dan kuat. Plastik ini biasa digunakan untuk kemasan minuman, seperti jus, susu, botol mentega instan, botol cuka, sirup dan tas belanjaan.

  • Polyvinyl Chloride (PVC)

Ini adalah jenis plastik, dengan klorin sebagai komponen utamanya, digunakan untuk membuat polivinil klorida (PVC). Selain itu, jenis plastik ini adalah jenis yang umum dan tahan lama secara biologis dan kimiawi.

Jenis plastik ini sering digunakan untuk kemasan obat bebas yang anti rusak, seperti mengecilkan kemasan produk tertentu. Material vinyl biasanya digunakan dalam kemasan blister (kemasan dengan rongga atau kantong plastik), seperti kemasan permen berlubang atau kemasan permen karet.

  • Low-density Polyethylene (LDPE)Contoh Plastik Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah

Simbol ini berupa plastik yang lebih tipis dari jenis resin tertentu lainnya dan memiliki ketahanan panas yang tinggi. Oleh karena itu, karena kekuatan dan fleksibilitasnya, jenis plastik ini sering digunakan dalam aplikasi film untuk penyegelan panas yang diperlukan dalam aplikasi yang kaku.

Meski jenis plastik ini juga biasa digunakan untuk membuat kemasan kaleng kopi, kantong roti, enam kaleng soda kaleng, serta kantong buah dan sayuran, namun tas ini biasa digunakan di toko grosir.

  • Polypropylene (PP) PP

Merupakan simbol dari plastik, plastik ini cukup keras, namun dibandingkan dengan jenis plastik lainnya sangat kuat. Plastik ini dapat dibuat tembus cahaya, buram atau memiliki warna yang berbeda selama proses produksi. Plastik PP biasanya memiliki titik leleh yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk pemanasan atau pembersihan microwave di mesin pencuci piring.

Produk plastik ini biasa digunakan pada kemasan minuman yogurt, botol sirup maple, botol krim keju bahkan botol obat. Produk tersebut hampir sama dengan jenis plastik lainnya dan telah lolos proses pengujian Food and Drug Administration AS.

  • Polystyrene (PS)

Simbol ini digunakan pada jenis plastik keras yang tidak berwarna dan keras, kaku, tidak flesibel. Namun pada jenis plastik ini dapat diolah  menjadi busa maupun dapat dicetak menggunakan cetakan kemudian diberikan detail halus ketika diproduksi.

Misalnya seperti produk bahan sendok plastik atau garpu plastik. Penggunaan jenis plastik ini digunakan untuk membuat gelas plastik, gelas panas, nampan roti,karton telur dan masih banyak lagi.

  • Polikarbonat atau Bioplastik Polylaktida (PLA)

Simbol ini adalah jenis plastik yang dibuat dengan dengan cara mencampur  lebih dari satu bahan resin plastik. Pada Jenis plastik ini biasa digunakan untuk kemasan makanan, misalnya untuk membuat tempat pendingin air, botol jus jeruk dan kecap beserta gelas.

Baca Juga :  Ide Kreatif Mendaur Ulang Sampah Plastik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *