Turunkan Gula Darah, Ternyata Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Obat Diabetes

Kunci diabetes terletak pada cara menstabilkan kadar gula darah. Dengan begitu, penderita diabetes bisa tetap sehat dan beraktivitas secara normal.

Dari sekian banyak cara untuk mengontrol gula darah, penggunaan bahan dapur masih sering digunakan oleh banyak orang. Pasalnya, bahan-bahan alami di dapur diyakini memiliki efek samping yang lebih sedikit, aman, dan murah.

Lalu, apa saja bahan alami yang bisa diolah sebagai obat diabetes? Dilansir dari berbagai sumber, berikut bahan dapur yang bisa Anda gunakan:

Ginseng

Ginseng dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan, akar tanaman ini konon bisa meningkatkan stamina seseorang. Sebuah penelitian dalam Journal of Medicinal Plants Research menemukan bahwa ginseng memiliki bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat diabetes.

Pare

Selain bisa diolah sebagai makanan, pare juga bisa diolah menjadi obat diabetes. Tanaman yang satu ini dipercaya mampu meredakan gejala yang timbul akibat penyakit diabetes.

Bawang merah

Kadar gula darah bisa stabil dengan menggunakan bawang merah. Hal ini berdasarkan penelitian yang melibatkan penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 100 gram bawang merah mentah per hari.

Kunyit

Tidak hanya dapat digunakan sebagai penyedap makanan, kunyit juga dapat digunakan sebagai obat diabetes alami untuk mengontrol gula darah. Manfaat kunyit sebagai obat diabetes didapat dari kandungan antioksidannya.

Dengan mengkonsumsi bahan dapur ini, kadar gula darah penderita diabetes bisa turun hampir 18% setelah mengkonsumsi 300 mg kunyit.

Sebuah studi dalam jurnal Diabetes Care menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 gram kunyit setiap hari selama 9 bulan mencegah perkembangan diabetes tipe 2. Selain itu, kunyit juga telah terbukti dapat mencegah komplikasi diabetes.

Kayu manis

Bahan dapur yang satu ini juga bisa digunakan sebagai obat diabetes alami. Bumbu ini dipercaya dapat menurunkan resistensi insulin dan kadar gula darah setelah makan.

Metabolisme glukosa juga akan meningkat karena kayu manis bisa melawan peradangan yang terjadi dalam tubuh. Penelitian dari Journal of Diabetes Science and Technology merekomendasikan agar penderita diabetes tipe 2 mengonsumsi satu hingga enam gram kayu manis per hari.

Ini akan berguna untuk menurunkan kadar gula darah dan risiko komplikasi diabetes terkait tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Okra

Beberapa penelitian tentang okra menunjukkan bahwa sayuran yang satu ini dapat digunakan sebagai obat diabetes.

Ada sebuah penelitian yang di lakukan pada hewan bahwa okra ini bisa mengurangi gula darah. Sedangkan untuk melihat manfaat ini secara klinis masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Jinten hitam

Jintan hitam juga dipercaya sebagai obat alami untuk berbagai penyakit, termasuk diabetes. Rempah-rempah ini dikenal untuk melawan peradangan, menurunkan kadar lemak darah, dan menjaga kesehatan jantung dan hati.

Salah satu obat diabetes ini diambil dari kandungan antioksidan thymoquinone. Antioksidan ini dapat mengontrol gula darah sekaligus membantu meningkatkan produksi sekresi insulin.

Jahe

Jahe merupakan jenis rempah-rempah yang populer karena manfaatnya yang melimpah, termasuk sebagai obat diabetes.

Penelitian dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine menyebutkan jahe baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Hal ini karena jahe dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan kadar HbA1c.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 88 penderita diabetes yang mengonsumsi tiga gram jahe setiap hari selama delapan minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *