Pada artikel ini akan menjelaskan cara mengolah porang, dan juga tips menanam porang dengan berbagai triknya, mari kita simak artikel dibawah ini.

Cara Menanam Porang

Sebelum menanam ada 3 hal yang harus diperhatikan agar sukses dalam penanam porang.

  • Kriteria tanah untuk menanam porang haruslah gembur, Struktur tanah merupakan pencampuran dengan tanah liat berpasir serta terbebas dari gulma. tidak terlalu basah dengan kadar pH tanah berkisar 6 hingga 7.
  • Iklim yang cocok untuk menanam porang adalah dataran tinggi dengan ketinggian 100 hingga 600 mdpl, dengan kebutuhan cahaya matahari yang cukup.
  • Jenis tanaman yang baik menaungi tanaman porang adalah pisang, jahe, pinang, mahoni, jati, dan sonokeling. Tanaman porang membutuhkan tanaman lain untuk tumbuh yakni inang atau tempat tanaman porang bernaung.

Baca Juga artikel mengenai cara membuat plastik kemasan ramah lingkungan

Tahapan Mengolah Porang

Setelah mengetahui syarat budidaya porang, banyak juga olahan – olahan yang dapat didapatekan dari porang, karena porang sebagai bahan utamanya bahan bahan yang lain juga ikut menemani porang dalam prosesnya.

sehingga menghasilkan makanan yang enak seperti kue putu, tepung porang, dan mie yang terbuat dari poorang, berikut salah satu tahapan cara mengolah porang:

Cara Pembuatan Tepung Porang :

  1. Chip porang yang telah kering dimasukkan dalam disc mill (mesin penepung).
  2. Setelah keluar dari disc mill, tepung porang dihaluskan menggunakan ball mill (mesin penepung).
  3. Tepung porangdifraksinasi (pemisahan senyawa berdasarkan berat jenis). Pada tahap ini, kalsium oksalat dan zat pengotor yang lain akan dibuang dengan cara dihembuskan.
  4. Kemudian dilakukan pencucian dengan etanol. Proses ini bertujuan meminimalisir kandungan kalsium oksalat (zat yang dapat menyebabkan gatal pada kulit dan mengendap di ginjal serta merusak hati) dan zat-zat pengotor pada tepung porang sehingga yang tersisa sebagian besar adalah glukomanan.
  5. Didapatkan tepung porang murni.

Jika sudah didapatkan hasil akhir berupa tepung porang, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk diolah menjadi mie atau beras shirataki, tahu jepang (konyaku), pembungkus kapsul, dan masih banyak lagi.

Manfaat Mengolah Porang

Dengan melakukan pengolahan terhadap umbi porang maka Anda akan mendapat manfaat sebagai berikut :

1. Meningkatkan Nilai Ekonomi

Porang terbukti menjadi bahan pangan yang berkhasiat dan sangat menguntungkan. Dengan pengelolaan yang baik maka akan meningkatkan nilai ekonomi jangka panjang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peluang usaha yang muncul dengan maraknya budidaya umbi porang yang telah banyak diekspor.

2. Meningkatkan Kesehatan dan Menekan Kadar Gula dalam Darah

Kadar gula yang rendah akan membuat Anda tetap nikmat mengkonsumsi hasil olahan tanpa khawatir kadar gula dalam darah meningkat. Kandungan umbi porang pun mampu diserap dengan baik oleh tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

3. Memaksimalkan Hasil Bumi

Manfaat lainnya adalah sebagai langkah memaksimalkan hasil bumi untuk diolah dan dinikmati serta terus dibudidayakan agar komoditi porang dapat senantiasa menyumbangkan hasil yang menguntungkan bagi semua pihak.

Itu dia cara menanam porang yang bisa kalian coba buat dirumah. Bahan – bahan yang sederhana dan juga langkah – langkah yang mudah, pasti kalian juga bisa mencobanya sendiri dirumah tanpa repot.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua terutama bagi kalian yang sedang mencari cara menanam porang, dan kalian sudah tahu sekarang silahkan mencobanya.

Jangan lupa share artikel ini ke teman – teman, sahabat atau saudara ya, agar semakin banyak orang – orang yang mahir menanam porang diatas. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya dan cara yang menarik lainnya…!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *