Cara Buat VCO Tanpa Pemanasan

Cara Buat VCO Tanpa Pemanasan Sederhana

Saat ini, minyak VCO semakin mudah didapat. Namun, tidak ada salahnya untuk membuatnya sendiri dengan cara buat VCO tanpa pemanasan berikut ini.

Cara Buat VCO Tanpa Pemanasan

VCO (Virgin Coconut Oil) merupakan minyak kelapa murni yang diekstraksi dari kelapa matang menggunakan berbagai metode. Kandungan VCO didominasi oleh asam lemak jenuh berupa MCT (Medium Chain Triglyceride) dan juga asam laurat.

Menggunakan VCO setiap hari, sejauh ini tidak ada yang berdampak negatif bagi kesehatan, tidak seperti minyak kelapa biasa yang penggunaannya harus kita batasi. Mengonsumsi VCO dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Jika kamu bisa membuat VCO sendiri, kemampuan ini sangat menjanjikan. Selain untuk penggunaan pribadi, mencoba cara buat VCO tanpa pemanasan ini bisa menjadi ide bisnis dengan potensi pasar yang cukup besar. Yuk, simak caranya berikut ini!

Cara Bikin VCO

Untuk membuat VCO sebenarnya ada berbagai cara, mulai dari pemanasan, fermentasi, menggunakan pengadukan atau dengan pemutaran berkecepatan tertentu (sentrifuge).

Cara Bikin VCO

Cara yang akan dipelajari kali ini adalah membuat VCO tanpa pemanasan, yaitu menggunakan mesin pengaduk. Kamu juga dapat mencoba cara buat minyak kelapa untuk rambut.

Beriku adalah cara buat VCO tanpa pemanasan. Selamat mencoba1

1. Peralatan yang Dibutuhkan

  • Sendok lengkung
  • Tissu berwarna putih yang tidak mengandung pewangi
  • Saringan
  • Corong
  • 0,5 meter selang kecil
  • Kain putih yang biasanya dipakai untuk menyaring tahu
  • Wadah transparan berukuran 4,5 liter lebih
  • Mesin pengaduk atau mixer

2. Bahan

Bahan pembuatan minyak kelapa murni tentu saja kelapa. Gunakan kelapa tua karena tinggi lemak, sehingga baik untuk membuat minyak ini.

Kamu membutuhkan 5 butir kelapa, parut semua. Kelapa kering tidak boleh bertahan lebih dari satu jam. Jadi setelah tahap pemarutan selesai, segera peras untuk mengeluarkan santannya. Hal ini untuk menghindari munculnya bau tengik pada minyak yang dihasilkan nanti.

Setelah kelapa kering, peras hingga keluar santan kental atau biasa disebut kanil. Perasan bisa dilakukan dengan saringan halus atau bisa juga menggunakan kain saring agar prosesnya lebih cepat dan santan yang didapat lebih bersih.

Setelah proses pengepresan selesai, diamkan santan selama 30 menit agar kanil dan endapan lebih mudah lepas. Saat kanil dan endapan terpisah, masukkan kanil ke dalam mixer dan aduk selama 8 jam. Nantinya akan diterima endapan dari calon VCO. Pisahkan endapan ini dari kanil dengan selang kecil.

3. Pemisahan Air Dan Minyak

Setelah memisahkan kanil dan endapan, diamkan kanil selama kurang lebih 8 jam hingga memisahkan antara VCO, endapan tengah dan endapan dasar. Wadah transparan yang digunakan sebelumnya berfungsi untuk melihat terjadinya separasi ini.

Kamu dapat memisahkan endapan tengah dan VCO dengan saringan teh berlapis kain. Untuk menghilangkan lapisan atas minyak, gunakan sendok lengkung. Kamu harus bersabar dengan proses pengambilan ini untuk mendapatkan VCO yang bagus.

4. Menggunakan Mesin

Jika kamu membuat minyak kelapa murni ini untuk keperluan bisnis, kamu dapat membuat VCO berkapasitas besar dengan mesin VCO modern. Selain minyak yang mudah didapatkan, hasilnya tentunya juga berkualitas tinggi.

Mesin yang digunakan adalah centrifuge, minyak yang dihasilkan dengan centrifuge memiliki kadar air yang lebih rendah. Oleh karena itu, kualitas VCO yang dibuat dari proses sentrifugasi tentu akan lebih baik dan lebih diminati.

Jadi tunggu apa lagi? Dengan alam Indonesia yang subur, pohon kelapa di mana-mana adalah salah satu kelebihan yang perlu dimanfaatkan.

Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis VCO ini, peluang bisnisnya cukup bagus lho. Selain permintaan pasar yang sangat besar, minyak kelapa murni ini mengandung banyak manfaat sehingga konsumen dapat menikmati dan menyadari bahwa VCO sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selamat mencoba cara membuat vco dengan mesin vco dari rumah mesin dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *