Kreasi dari Sabut Kelapa yang Bermanfaat

Sabut kelapa merupakan bagian dari buah kelapa yang sering dianggap sebagai limbah dan jarang dimanfaatkan dengan baik. Biasanya sabut kelapa hanya berakhir sebagai kayu bakar. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, sabut kelapa bisa diubah menjadi berbagai produk kreasi yang memiliki nilai jual.

Ada begitu banyak kreasi kerajinan dari sabut kelapa dan memiliki manfaatnya masing-masing. Penasaran kerajinan apa saja yang terbuat dari sabut kelapa? yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Kreasi dari Sabut Kelapa

1. Ring Dekorasi Sabut Kelapa

Ring dekorasi merupakan salah satu properti hiasan yang banyak digunakan dalam acara pernikahan, ulang tahun atau sekedar untuk mempercantik bagian rumah. Siapa sangka, sabut kelapa dapat dijadikan sebagai hiasan. Warnanya yang coklat alami memberikan kesan natural da vintage.

Ring sabut kelapa bisanya ditambah dengan bunga, tulisan maupun lampu yang dapat memperindah tampilannya. Jika dibandingkan dengan ring dekorasi yang terbuat dari bahan akar rotan, ring dekorasi dari sabut kelapa ini terbilang cukup murah.

2. Cocopot dari Sabut Kelapa

Cocopot adalah nama lain dari pot tanaman yang terbuat dari sabut kelapa. Keunggulan cocopot dibandingkan dengan jenis pot dengan bahan lainnya yaitu dapat menjadi sumber sumber bahan organik serta dapat mempertahankan suhu dan kelembaban tanah pada media tanam.

Selain itu, cocopot juga dapat mengikat air sehingga tidak perlu terlalu sering melakukan penyiraman. Bahannya yang alami juga membuatnya lebih ramah lingkungan dan mudah didaur ulang.

Baca Juga :  Hidroponik Cocopeat-Kekurangan dan Kelebihan

3. Keset Sabut Kelapa

Keset merupakan salah satu kreasi dari sabut kelapa yang masih populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun telah banyak keset yang dibuat dari bahan modern seperti kain dan karet, namun popularitas keset sabut kelapa belum juga surut.

Hal ini disebabkan karena keset sabut kelapa lebih kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan jenis keset lainnya. Keset sabut kelapa memiliki tekstur yang agak kasar sehingga dapat membersihkan kaki dengan lebih maksimal. Ditambah dengan harganya yang cukup terjangkau. Tak heran, keset sabut kelapa masih banyak menjadi alternatif masyarakat Indonesia.

4. Sapu Sabut Kelapa

Sabut kelapa juga dapat dijadikan sebagai sapu ijuk. Sapu ijuk juga menjadi salah satu kreasi dari sabut kelapa yang masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Seiring dengan semakin banyaknya jenis sapu dengan bahan plastik tak menyurutkan minat masyarakat terhadap sapu ijuk dari sabut kelapa ini.

Sapu ijuk sabut kelap diyakini dapat membersihkan debu dan kotoran dengan lebih bersih dibanding jenis sapu lainnya. Hal ini karena seratnya yang sangat banyak, tipis dan halus sehingga debu tidak ada yang tertinggal. Selain itu, sapu ijuk dari sabut kelapa juga tergolong cukup murah. Tak heran, sapu ijuk sabut kelapa masih menjadi favorit masyarakat Indonesia hingga saat ini.

5. Tali Sabut Kelapa

Kreasi dari sabut kelapa yang selanjutnya yaitu tali. Tali dari sabut kelapa ada memiliki banyak ukuran disesuaikan dengan kebutuhannya, mulai dari yang kecil hingga besar. Tali sabut kelapa kecil biasanya digunakan sebagai tali kado ataupun gantungan dinding.

Sementara tali yang besar bisa digunakan sebagai tambang atau pun jaring-jaring sabut kelapa atau biasa dikenal sebagai cocomesh. Cocomesh merupakan suatu produk sabut kelapa yang digunakan untuk mencegah longsor pada tebing, mencegah erosi, serta menghijaukan kembali lahan bekas tambang. Dapatkan produk cocomesh berkualitas hanya di Rumah Sabut.

Demikian tadi beberapa kreasi dari sabut kelapa yang bisa kamu jadikan ide untuk memulai usaha.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *