Cara Membuat Sayur Lodeh Sederhana

Sayur Lodeh

cara membuat sayur lodeh sederhana

Sayur lodeh merupakan sayuran asal Jawa Tengah yang kini tersebar luas di berbagai daerah dan memiliki banyak variasi. Dengan memiliki rasa yang enak ini, sudah menjadi makanan sehari-hari bagi orang-orang.

Sayuran yang mengandung berbagai macam sayuran memiliki kandungan gizi yang tinggi. Sehingga tak sedikit orang yang mengira sayur lodeh bisa jadi penangkal virus yang kini sedang mewabah, ya virus corona.

Seorang warga Yogyakarta mendapat pesan bahwa Sayur Lodeh bisa mencegah virus corona yang dikirim oleh Sultan Kraton. Meski sudah dinyatakan hoaks, sebagian warga masih mengonsumsi sayur lodeh.

Karena itu, banyak warga yang berbondong-bondong memasak sayur lodeh. Berkat hoaks ini, banyak orang di Yogyakarta yang mulai makan sayur lodeh lagi.

Cara memasak sayur lodeh

Bagi anda yang ingin memasak sayur lodeh tapi tidak punya resep yang pas. Mungkin Anda bisa mencoba membuat sayur lodeh yang enak. Berikut resep dan cara membuatnya.

Bahan :

100 gr Tempe (potong – potong kotak kecil / blok – kecil)
3 paprika hijau (iris di samping)
100 gr tahu (potong kotak kecil/blok kecil)
3 buah cabai merah (iris serong)
1 buah terong ungu (potong setengah lingkaran
100 gr kacang panjang (potong kira-kira 3 cm)
6 bawang merah (iris tipis)
100 gram labu siam (potong kotak)
5 siung bawang putih (iris tipis)
4 sendok makan minyak goreng (nanti digunakan untuk menggoreng)
1 sendok makan ketumbar tanah
250 santan kental
1/4 sendok teh kunyit bubuk
2 lembar daun salam
1 sendok teh garam
3 cm lengkuas (pipih)
1 sendok makan gula
750 ml santan kental
1 sendok teh bubuk Ebi

Cara memasak sayur lodeh:

  1. Ambil wajan dan masukkan bawang putih ke dalam wajan, lalu tuangkan minyak goreng dan tumis bawang putih sampai berwarna cokelat keemasan.
  2. Tambahkan bawang bombay dan tumis hingga harum.
  3. Setelah harum, masukkan santan encer, bubuk ketumbar, bubuk kunyit, gula dan garam ke dalam panci dan aduk hingga semuanya merata.
  4. Jika sudah halus, masukkan ebi, lengkuas dan 2 lembar daun salam, masak hingga matang dan harum.
  5. Tambahkan labu siam dan kacang panjang ke dalam wajan dan masak hingga matang.
  6. Masukkan tempe, tahu, cabai hijau dan cabai merah, masak hingga aroma cabai tidak lagi terasa.
  7. Masukkan terong ke dalam wajan dan aduk sebentar.
  8. Setelah beberapa menit, tambahkan santan kental dan didihkan.
  9. Jika sudah mendidih, matikan api dan angkat.
  10. Sajikan panas.

Hilangkan Ulat Pada Buah dan Sayur Dengan Mudah

Sudah sewajarnya kita menemukan ulat pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Tapi jika dalam makanan yang akan kita makan, itu membuat kita kehilangan nafsu makan, bukan? Untuk itu, sayuran umumnya harus dicuci sebelum dimasak atau dimakan agar tidak ada ulat yang menempel.

Agar tidak ada ulat yang menempel pada makanan yang akan kita makan, ada beberapa cara menghilangkan ulat pada sayur yang bisa kita lakukan dengan mudah dan cerdas.

Pilih sayuran yang tepat

Sebelum membeli sesuatu, wajib untuk memilah dan memilih yang berkualitas baik. Termasuk pembelian sayuran. Hindari membeli sayuran yang terlihat layu dan tidak segar lagi. Sehingga ia bisa meminimalisir kemungkinan adanya banyak ulat.

Potong atau pilih satu per satu

Sebelum dimasak, sayuran harus dipotong-potong atau dipetik satu per satu terlebih dahulu. Hal ini untuk memudahkan proses pemilahan sayuran dari kotoran dan ulat. Sehingga kemungkinan ulat yang belum terbuang setelah proses pemasakan dapat diminimalisir. Ingatlah untuk memperhatikan bagian belakang daun sayuran berdaun.

Cuci di bawah air mengalir

Jika sayur atau buah telah dipotong atau diambil cucilah dengan air mengalir. Dengan demikian, ulat atau kotoran yang terdapat pada sayuran dapat tersapu oleh air yang mengalir. Terutama di bagian yang tersembunyi dari sayuran juga harus dibersihkan.

Rendam dengan garam atau bahan makanan lainnya

Sejak lama, diyakini bahwa garam efektif membersihkan ulat dan kotoran dari sayuran. Selain itu, garam juga mudah didapat dan ada di hampir semua dapur rumah. Inilah sebabnya mengapa banyak yang menggunakan air dan garam untuk membunuh ulat pada sayuran dengan merendamnya selama beberapa menit. Namun jangan lupa untuk membilas kembali sayuran dengan air bersih. Selain garam, soda kue dan cuka juga bisa digunakan dengan cara yang sama.

 

Artikel tentang sayur lodeh ini saya selesaikan agar tidak terlalu panjang, namun jika kalian masih ingin membaca artikel serupa dapat membaca artikel ini. Atau baca artikel menarik lainnya di website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *