Cara Menanam Rumput Odot Di Lahan Kering

Halooo kawan kawan bertemu lagi dengan saya, nah di artikel ini saya akan membagikan sebuah informasi tentang cara menanam rumput odot di tanah kering, nah makanya agar tau lebih dalam yuk simak sampai artikel ini selesai.

Rumput Odot

cara menanam rumput odot di lahan kering

Rumput Odot (Odot Elephant Grass) merupakan jenis rumput yang tergolong baru di Indonesia. Rumput yang satu ini digunakan sebagai pakan ternak dikarenakan nutrisi yang ada didalamnya sangat baik bagi hewan ternak, oleh karena itu rumput ini disukai pakan ternak di ruminansia. Menurut beberapa sumber, rumput odot berasal dari Amerika yang memiliki nama latin Pennisetum purpureum cv. Odot merupakan sebuah spesies rumput yang masih satu jenis dengan rumput gajah namun dengan panjang yang lebih pendek, batang yang lunak, dan tidak memiliki bulu.

Sifat-sifat rumput odot:

  • Pertumbuhan yang cepat
  • Tumbuh dalam rumpun dan kecambah atau rimpang
  • Akar yang kuat dan dalam
  • Daun dan batang halus, tidak berbulu
  • Batangnya yang lunak mudah dimakan oleh ternak

Kandungan Gizi Rumput Odot :

  1. Protein kasar 14%
  2. Protein kasar daun 14,35%
  3. Protein kasar menempel 8,1%
  4. Kandungan lemak mentah daun 2,72%
  5. Kandungan lemak mentah dari batangan 0,91
  6. Kecernaan daun 72,68%
  7. Kecernaan sumpit 62,56%

Cara menanam rumput odot

Karena beberapa manfaat yang dimiliki rumput burung unta, maka banyak pengguna internet yang mencari cara untuk menumbuhkan rumput bulu pendek. Lebih bagus lagi rumput pendek ini bisa beradaptasi dengan tanah, sehingga budidaya jenis rumput pendek juga bisa dilakukan di lahan kering.

1. Bagaimana cara memilih bibit Rumput Odot yang tepat?

Untuk mendapatkan bibit odotgrass yang baik, carilah bibit yang sehat dan bebas dari bekas luka fisik. Karena bibit rumput herba ini dibuat dari proses stek, bibit harus dipotong sepanjang 15 cm sampai 25 cm saat tanam.

Biasanya, bibit yang sehat memiliki batang yang besar dan padat serta jumlah ruas yang sedikit. Pilih benih yang sudah tua dan berwarna hijau kekuningan.

2. Membuat media tanam rumput becek di lahan gersang

Nah kalau sudah mendapatkan bibit rumput odot yang bagus, maka kalian harus menyiapkan media tanam. Keuntungan memilih metode budidaya ini adalah Anda tidak harus memilih jenis tanah yang tepat karena rumput tanah dapat menyesuaikan diri dengan mengadaptasi lahan sebagai tempat bercocok tanam.

Untuk menghemat waktu dan tenaga, sebaiknya menggunakan traktor agar lahan yang luas dapat diolah dengan baik dalam waktu singkat. Dengan demikian, rumput garapan dapat ditanam di lahan yang sudah tersedia dan dapat dimanfaatkan secara optimal.

3. Jarak ideal dari Rumput Odot

Saat menanam rumput tebing, jarak yang baik dan ideal dari rumput cakar juga harus dipastikan. Lebih baik menabur setidaknya 2 hingga 3 segmen di setiap bukit. Jarak antara barisan rumput di setiap bukit sekitar 50 cm sampai 75 cm. Jarak tiap baris berkisar antara 75 cm hingga 150 cm.

Penanaman rumput pantai ini menggunakan pola monokultur dimana hanya rumput lumpur yang dapat ditanam di suatu area. Namun, karena ukurannya yang relatif lebih pendek, ia juga dapat diganggu oleh tanaman hijau lainnya.

4. Cara menanam rumput odot

Menumbuhkan shorthair di lahan kering juga bisa dilakukan dengan perawatan khusus untuk mempercepat pertumbuhan rumput shorthair. Perhatikan hal-hal berikut:

Buat abu menggunakan pupuk organik dengan memilih bahan terbaik. Untuk mendapatkan pupuk organik terbaik, Anda bisa membuatnya sendiri dari kotoran hewan. Jika tanaman berumur lebih dari 15 hari, pemupukan dengan pupuk urea NPK hingga 60 kg per hektar.

Pemupukan kembali dengan pupuk cair organik dari produk hewani yang difermentasi. Gunakan hingga 500 ml, lalu campurkan ke dalam 14 liter larutan air bersih di atas lahan seluas satu hektar. Biasanya, pemupukan kembali ini dilakukan setelah rumput dipotong atau waktu panen sekitar 7 hari atau 21 hari setelahnya.

Bersihkan gulma dan tanaman pengganggu lainnya secara alami dari tanaman dan hindari penggunaan bahan kimia untuk melestarikan odotgrass alami. Karena rumput babat ini digunakan sebagai pakan ternak, maka penggunaan bahan kimia akan berdampak buruk bagi kesehatan hewan yang memakan tanaman rumput babat tersebut.

5. Kesalahan Cara Menanam Rumput Odot

Salah satu faktor yang menghambat oxgrass mendapatkan hasil yang maksimal adalah letak tanaman yang tidak terlalu terkena sinar matahari. Dengan intensitas matahari yang tidak mencukupi, ini berdampak negatif pada perkembangan rumput Vistula itu sendiri.

Selain itu, keberadaan tanaman pengganggu atau gulma juga dapat menyebabkan faktor lain yang menghambat pertumbuhan rumput Swabia. Oleh karena itu, perlu juga memperhatikan kondisi kesehatan lingkungan, ada atau tidaknya tanaman lain yang mengganggu rumput garapan, agar kondisi rumput garapan dapat terjaga dengan baik. Pastikan juga kondisi lingkungan tidak terlalu banyak kotoran dan sisa-sisa akar rumput dari tanaman sebelumnya.

6. Harga Bibit Odot

Cara menanam odotgrass cukup mudah dan sulit. Namun, jika Anda memiliki niat dan dedikasi, Anda akan mendapatkan panen yang lebih baik. Dengan panen yang baik, hal ini mempengaruhi harga benih rumput itu sendiri. Dengan panjang tanaman 20-30 cm, harga tanaman Odotgrass ini berkisar Rp 2.000 per batang.

Nah mungking sekian dulu bagi artikel kali ini, bagi kalian yang ingin menanam rumput odot di lahan yang kering, jangan lupa cara diatas yaa. Nah dan kalau kalian mencari mesin pencacah rumput multifungsi pastikan kalian tidak asal pilih ya, agar terhindar dari mesin abal abal, maka pilihlah produsen mesin terbaik dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *