4 Manfaat Mendongeng Saat Menemani Anak Tidur

“Anak sudah mau tidur kok malah diberi dongeng? Biarkan saja anak-anak tidur sendiri … tidak usah repot-repot!”

Wah, anggapan seperti ini sangat keliru lho Ayah Bunda. Karena sesungguhnya waktu sebelum tidur sangat baik untuk orangtua menanamkan nilai-nilai attitude pada sang buah hati.

Mengabaikan momen penting ini hilang begitu saja karena kita malas mendongengkan anak, akan berdampak besar perbedaannya dengan anak-anak yang diceritakan dongeng sebelum tidur malam oleh orangtuanya.

Mendongeng Saat Menemani Anak Tidur

Kak Seto, pemerhati anak menegaskan bahwa mendongeng merupakan media komunikasi antara orangtua dan anak, dan juga dapat menjadi stimulus pola pikir anak.

Yang terpenting, dalam mendongeng … pilihlah cerita yang memiliki pesan moral yang baik dan sesuai dengan usia anak kita.

Misalnya untuk anak bayi, batita dan balita, kita bisa mencarikan dongeng-dongeng yang menyampaikan pesan moral mengenai akhlak yang baik, seperti kejujuran, kedermawanan, kepatuhan pada orangtua, dan lainnya.

Sedangkan untuk anak-anak usia sekolah yang sudah lebih besar, bisa disampaikan dongeng mengenai persahabatan, kesetiakawanan, juga kisah-kisah Nabi dan Rasul yang bisa diambil dari kitab suci.

Jika kita sudah dapat memilih dongeng yang tepat untuk usia anak, selanjutnya menjadikan aktivitas dongeng sebelum tidur menjadi agenda rutin setiap malam.

Tidak perlu memakai jasa dongeng atau jasa pendongeng untuk melakukan hal ini, setiap Ayah Bunda sesungguhnya bisa menjadi pendongeng terbaik bagi anak.

Berikut ini akan kita sajikan fakta menarik 4 manfaat mendongeng saat menemani anak tidur disadur dari www.dongengceria.org seperti ini:

1. Pemecah kekakuan hubungan orangtua dan anak

Dongeng sebelum tidur dapat mencairkan hubungan yang beku, terutama antara orangtua dan anak yang jarang berinteraksi dalam kesehariannya.

Meskipun dongeng yang dilakukan hanya dengan cara membacakan buku, tidak masalah, hal ini akan menjadi salah satu pemantik agar orangtua dan anak memiliki ikatan emosi setidaknya setiap akan tidur malam.

Anak yang memiliki ikatan emosi dengan orangtuanya akan merasa nyaman dan tumbuh menjadi anak yang percaya diri di kemudian hari.

Sebaliknya, anak yang tidak akrab dengan orangtuanya akan tumbuh menjadi anak yang kurang percaya diri bahkan cenderung minder.

Manfaatkan momen mendongeng dengan anak sebagai waktu ‘me time’ yang berharga bagi Ayah Bunda maupun si buah hati.

2. Melatih kemampuan bicara anak

Dongengkanlah anak-anak sebelum tidur, sekalipun usianya masih bayi yang belum mengerti. Otak anak-anak didesain begitu luar biasa dan memiliki kecerdasan tinggi sehingga ia bisa meniru apapun yang kita contohkan, termasuk mendongeng.

Dengan mendongeng, anak-anak belajar kosakata baru, menambah pengetahuan baru, menambah banyak informasi baru meskipun di usia bayi, anak-anak belum dapat mengungkapkan dengan baik, namun di memorinya telah tertanam segala yang kita dongengkan padanya.

Tiba masanya nanti anak-anak bisa berbicara, sudah akan banyak kosakata yang dipahaminya karena terbiasa mendengar kisah dongeng dari Ayah Bundanya.

3. Membantu anak mengelola emosi

Mendongeng sebelum tidur juga dapat membantu anak-anak kita mengolah emosi yang dirasakannya. Misalnya ketika mendongengkan kisah itik buruk rupa yang dibuli oleh itik yang lain, kita bisa bertanya pada anak pernahkah ia mengalami hal yang sama di sekolah atau ketika sedang bersama teman-teman sepermainannya.

Dari dongeng tersebut kita bisa menggali pengalaman anak-anak dan membantu mereka mengelola emosinya.

Apalagi kebanyakan akhir cerita dongeng anak biasanya merupakan happy ending. Bahwasanya tokoh yang baik akan menang, akan dapat keadilan, dan lain sebagainya. Maka anak juga akan memahami bahwa orang jahat akan menuai kejahatannya, orang baik akan menuai kebaikannya.

4. Menyampaikan pesan moral dan penanaman akhlak mulia

Dongeng merupakan sarana ajaib untuk menanamkan nilai-nilai moral pada anak dengan cara menyenangkan.

Jika dinasihati secara langsung, anak bisa jadi merasa digurui, namun jika diberi nasihat lewat cerita dongeng yang memiliki tokoh-tokoh dan alur cerita tersendiri, maka anak akan lebih bisa menerima, serta merenungkan jalan cerita tersebut dan menjadikannya cermin bagi kisha hidupnya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *